#NgobrolinPekanbaru Eps. 3 : Sarapan Apa di Pekanbaru?

Hai hai, kembali lagi bersama saya dan Mutia di #NgobrolinPekanbaru! Hari ini udah masuk ke episode ketiga. Yang belum baca #NgobrolinPekanbaru episode sebelumnya silahkan mampir dulu yaaa..

Eps. 1 : Tentang Pekanbaru
Eps. 2 : Beragam Cara untuk Datang ke Pekanbaru

Nah, di episode ketiga ini saya dan Mutia akan membahas tentang kuliner Pekanbaru. Yeay! Siap-siap lapar yaaaa.. πŸ˜€

Tema hari ini adalah tentang rekomendasi tempat sarapan yang enak di Pekanbaru. Hmm, sebenarnya saya sudah pernah lho share menu-menu sarapan pagi yang ada di Pekanbaru. Tapi yuklah saya akan bahas lagi yaaa di postingan ini. πŸ™‚

Sejak saya pindah ke Jakarta beberapa bulan lalu, salah satu yang saya rindukan dari Pekanbaru adalahΒ kulinernya. Terutama kebiasaan sarapan pagi yang sering dilakukan oleh saya dan keluarga di Pekanbaru.

Karena itu, di postingan ini, selain share rekomendasi tempat sarapan yang enak di Pekanbaru, saya juga mau sekalian nostalgia ah dan membayangkan sedang di Pekanbaru sambil keliling sarapan di tempat-tempat ini.

Baca tulisan Mutia di sini:
Jangan Lupa Sarapan di Pekanbaru

Baiklah, ini dia tempat-tempat sarapan yang sering saya kunjungi saat masih tinggal di Pekanbaru dan juga wajib kamu kunjungi jika sedang berada di kota bertuah ini.

1. Kedai Kopi Kimteng

Kedai kopi yang satu ini adalah kedai kopi legendaris di Pekanbaru. Konon katanya, kurang afdol kalo ke Pekanbaru gak mampir ke Kimteng.

Kimteng ini sendiri sudah ada sejak tahun 1960-an. Dulunya kedai kopi ini terkenal sebagai tempat bertemunya pengusaha yang ada di Pekanbaru. Biasa deh, ngomongin bisnis sambil ngopi-ngopi. πŸ™‚

Sampai sekarang kedai kopi ini pun masih ramai dikunjungi oleh banyak orang. Jika datang ke sini di akhir pekan, siap-siap aja rebutan tempat duduk bareng customer lainnya.

Di Kimteng sudah jelas menu andalannya adalah kopi. Ada kopi hitam, kopi susu dan juga es kopi. Suami saya nih suka banget sama es kopi. Setiap kali sarapan di sana, pasti pesannya es kopi. Kalo saya karena bukanΒ coffee person, jadi mesannya kalo gak teh manis hangat ya es lemon tea.

Tidak hanya kopi, roti bakar sarikaya juga menjadi andalan di sini.Β Too bad, saya gak nemu foto-foto menunya. Nanti saya update deh ya kalo udah punya fotonya. πŸ™‚

Oh ya, Kedai Kopi Kimteng yang sekarang sudah jadi sepertiΒ foodcourt. Beragam makanan dijual di sana. Mulai dari bubur ayam, mie medan, pangsit, sampai dimsum. Saya dan suami udah punya menu favorite di sana. Suami saya pasti selalu mesan mie medan. Sedangkan saya memesan roti bakar sarikaya dan dimsum. Semua menunya enak-enak lho, cobain aja sendiri kalo lagi sarapan di sana. πŸ˜‰

Satu hal yang menarik dari Kimteng adalah banyaknya papan iklan yang dipajang di dindingnya. Bahkan ada LCD TV berukuran besar yang menayangkan iklan dari berbagai brand. Konon biaya pemasangan iklan di kedai kopi ini bisa sampai berjuta-juta lho.

IMG_9769

Ngopi di Kimteng. Di belakang saya itu contoh iklannya

2. Mie Keling

Selain Kimteng, Mie Keling ini juga menjadi menu sarapan favorite saya di Pekanbaru. Tempat ini adalah tempat langganannya kakek saya (ayah dari Mama). Karena itu kami cukup sering sarapan di sana.

Mie Keling ini terdiri dari mie kuning, telur rebus, tahu, kentang, timun, dan cakue yang disiram kuah kacang. Rasanya enak banget!

DSC01829

Duh, jadi pengen Mie Keling deh kan…

3. Bubur Ayam King

Kalo lagi pengen sarapan bubur ayam, saya dan suami pasti pergi ke bubur ayam King ini. Yang bikin bubur ayam di sini jadi beda dengan yang di tempat lain adalah makan bubur ayam dengan sajian cakuenya.

Cara makan versi saya sih bukan dengan cara menyendokkan bubur ayam seperti makan bubur pada umumnya. Tapi dengan makan cakue menggunakan sumpit sambil dicelupkan satu per satu ke dalam bubur. Jadi udah jelas kalo saya makan di sana, cakuenya gak cukup cuma satu porsi. πŸ˜€

DSC02175

Buburnya sendiri gak pernah saya campurin kecap dan saus sambel. Cukup dikasih merica aja udah. Saya sih tim bubur polos. πŸ˜€

Oh ya, yang saya suka dari bubur ayam King ini adalah cara masak telur yang dicemplungkan langsung ke dalam mangkok bubur. Jadi telurnya akan masak bersama bubur yang super panas. Makannya harus ekstra hati-hati kalo gak mau telurnya pecah. πŸ˜‰

4. Prata Mendut

Nah, tempat sarapan yang satu ini akan menjadi tujuan saya jika ingin makan roti prata. Roti prata atau yang juga dikenal dengan roti canai ini adalah salah satu makanan khas Melayu. Dulu waktu tinggal di Batam, saya punya tuh langganan prata yang enak banget. Sekalinya pindah ke Pekanbaru sempat mencari-cari hingga akhirnya saya sampai ke tempat ini.

So far menurut saya roti prata di Jalan Mendut ini adalah yang paling enak di Pekanbaru. Kuah karinya nikmat banget. Bumbu karinya terasaaaa sekali. Trus ada potongan ayamnya juga yang lumayan gede. Tempat ini sendiri buka dari pagi sampai jam 5 sore. Jadi, selain untuk sarapan, tempat ini juga bisa jadi pilihan kalo lagi ingin ngemil-ngemil sore. πŸ˜€

5. Soto Bude Kirman

Pernah gak sih kepikiran mau sarapan yang hangat-hangat? Nah saya kalo lagi kepikiran gitu biasanya melipir ke Soto Bude Kirman yang ada di Simpang Tiga ini.

Saya gak hanya tim bubur polos, tetapi juga tim soto polos. Jadi kalo makan soto bisa dipastikan saya gak akan pake kecap atau saus sambal. Cukup cabe ijo cair yang ada di atas meja. Jadi rasa asli bumbu sotonya lebih berasa. πŸ™‚

Soto bude kirman ini enak banget deh. Kuahnya segar. Dagingnya banyak. Bisa dimakan dengan nasi atau tanpa nasi. Kadang kalo lagi laper banget ya saya pesen pake nasi hihihi. Trus ada tempe gorengnya juga yang jadi rebutan kalo lagi di sana. Enak banget kan tuh makan soto dengan tempe goreng yang kriuk-kriuk. Duh, jadi laper…. :’)

***

Hmm, kalo ditanyain apa lagi tempat sarapan favorite saya di Pekanbaru sih pastinya masih banyak banget. Tapi ya kalo ditulis semua bisa panjang banget ini postingannya hihihi. Nanti deh kapan-kapan deh ditulis lagi yaaa..

Beberapa dari menu sarapanΒ yang saya tulis di sini juga sudah pernah saya tulis di postingan ini. Ntar saya tambahin list menu sarapannyaΒ di Kuliner Enak Pekanbaru edisi sarapan pagi berikutnya yaaa.. πŸ™‚

Yawes, semoga bisa jadi referensi tempat sarapan kalo lagi jalan-jalan di Pekanbaru.. Percayalah, Pekanbaru itu punya beragam kuliner yang enak-enak. Tinggal rajin-rajin explore aja.. πŸ™‚

Yuk, jalan-jalan ke Pekanbaru yuuuuk.. Kulineran sambil keliling kota. Bakalan seru banget deh pasti. πŸ˜‰

Advertisements

33 thoughts on “#NgobrolinPekanbaru Eps. 3 : Sarapan Apa di Pekanbaru?

    1. liandamarta.com Post author

      Di dekat jalan Riau, Ky. Kalo dari arah Mal Ciputra, sebelum RM Ayam Goreng Suharti, belok kiri. Gak jauh dari situ, sebelah kiri posisinya. Bangunannya warna kuning.

      Emang enak banget lhoooo.. πŸ˜€

      Like

      Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Hahahaha.. Aku yang nulisnya juga lapar mbaaa.. Trus sekarang kalo mau makan menu-menu itu kan susaaaah, karena udah jauh. Ya udah deh cuma bisa lihatin fotonya sambil ngebayangin rasanya :)))

      Like

      Reply
  1. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 4 : Komunitas Seru di Pekanbaru | liandamarta.com

  2. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 5 : Transportasi Publik di Pekanbaru | liandamarta.com

  3. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 6 : Oleh-Oleh Khas Pekanbaru | liandamarta.com

  4. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 7 : Tempat Nongkrong Hits di Pekanbaru | liandamarta.com

  5. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 8 : Suka Duka Jadi Warga Pekanbaru | liandamarta.com

  6. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 9 : Public Area untuk Keluarga di Pekanbaru | liandamarta.com

  7. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 10 : Tentang Blogger di Pekanbaru | liandamarta.com

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s