Sehari di Singapura, Ke Mana Saja?

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Bagi yang tinggal di Batam, menyeberang ke negeri tetangga seperti Singapura dan menghabiskan waktu seharian di sana bisa menjadi pilihan.

Hmm, kalo hanya punya waktu satu hari di Singapura, enaknya jalan-jalan ke mana ya?

Di tulisan ini, saya akan berikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi jika kamu memutuskan berlibur ke Singapore. Terutama yang pergi ke Singapore lewat Batam, rute ini bisa banget dijadikan pilihan.

Tapi kalo ada yang masuk Singapore via Changi Airport, beberapa destinasi ini juga bisa dikunjungi hanya bermodalkan MRT dan bus lho. πŸ™‚

Okay, ini dia beberapa rekomendasi dari saya.

1. Sentosa Island – Universal Studio

Meski tidak masuk dan bermain di Universal Studio, kamu tetap bisa berfoto di depan bola dunia yang heits ini lho. Gak perlu khawatir akan membayar mahal, karena bola dunia ini terletak di bagian luar Universal Studio, yang artinya kamu bisa berfoto sepuasnya secara GRATIS! πŸ™‚

DSC07281

Untuk sampai ke Universal Studio yang terletak di Sentosa Island ini, bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik Skytrain. Keduanya sama-sama dari Vivo City.

Jika ingin berhemat, opsi jalan kaki bisa dipilih. Di Vivo City, cari aja akses menuju Sentosa Broadwalk. Lalu dari sana, kamu bisa jalan kaki selama kurang lebih 20 menit atau sejauh 1,4 km untuk sampai ke Universal Studio. To be honest, saya belum pernah mencoba opsi ini sih. Karena selama ini setiap kali ke Universal Studio selalu mengandalkan…

…Skytrain Sentosa Express.

Yes, moda transportasi ini paling banyak dipilih oleh wisatawan yang ingin berlibur ke Universal Studio. Harga tiketnya 4 SGD yang bisa digunakan sepuasnya dalam satu hari.

Dari Vivo City, akses menuju Sentosa Express ada di Lobby L Level 3. Jika sudah punya Ez Link, kita tidak perlu beli tiket lagi, tinggal tap kartu Ez Link di gate menuju skytrain. Tapi jika tidak punya Ez Link, harus beli dulu tiket di counter yang tersedia. Tiket berlaku untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

Untuk sampai ke bola dunia Universal Studio, turun di station pertama, yaitu Waterfront Station. Lalu lanjutkan perjalanan menuju main gate Universal Studio.

Selain Universal Studio, ada banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi di Sentosa. Seperti Madame Tussaud, Skyline Luge, Song of The Sea, dll. Tapi ya semuanya berbayar. Salah satu yang gratis adalah Merlion Sentosa yang terletak di dekat Imbiah Station.

Jika sudah puas mengeksplor Sentosa, bisa lanjutkan perjalanan kembali ke Vivo City, dengan menggunakan Skytrain Sentosa Express dari Imbiah Station menuju Sentosa Station di Vivo City.

2. Merlion

DSC07103

Gak sah ke Singapore kalo gak foto di depan icon negara ini. Karena itu Merlion adalah destinasi berikutnya. πŸ™‚

Untuk sampai ke Merlion, dari Vivo City bisa menggunakan MRT. Caranya, cari akses ke MRT Harbour Front. Pilih jalur ungu menuju Punggol, turun di Outram Park, lalu pindah ke jalur hijau dan turun di Raffles Place.

Di Raffless Place station, cari exit yang mengarah ke Fullerton. Di sana sambil berjalan menuju Merlion, kita bisa sambil menyusuri Singapore River dan menikmati view landmark Singapore di kanan dan kiri.

Awal tahun 2015 lalu saya dan Abang pernah mencoba Singapore River Cruise dan menyusuri sungai Singapore di malam hari. Viewnya kece banget! Ceritanya bisa dibaca di blogpost yang berjudulΒ Pacaran di Singapura.

3. Helix Bridge

DSC07129

Dari Merlion, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Helix Bridge dengan berjalan kaki. Jarak tempuhnya sekitar 1 kilometer. Lumayan jauh memang, tapi sepanjang jalan kita bisa melihat berbagai landmark Singapore lainnya. Salah satunya Esplanade Theatre.

Helix Bridge ini asli keren banget sih. Apalagi di belakangnya terlihat Marina Bay Sands yang berdiri dengan megahnya. ❀

Di sisi kiri dari Helix Bridge ini tampak Singapore Flyer. Dan jika kita melihat ke sisi kanan, terlihat Merlion dari kejauhan.

4. Gardens by The Bay

DSC01028

Dari Helix Bridge, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Gardens by The Bay melewati Marina Bay Sands Mall yang berada tepat di ujung Helix Bridge. Sekalian numpang ngadem! πŸ˜€

Di dalam Marina Bay Sands Mall ini ada jalan penghubung menuju ke Gardens by The Bay. Ikuti saja petunjuknya yaitu eskalator yang berada di samping outlet Chanel. Eskalator itu mengarah ke sebuah taman yang berada di roof top Marina Bay Sands.

Gak sulit kok mencari petunjuk jalannya. Dari sana kita bisa langsung sampai di Gardens by The Bay.

Kalo mau masuk ke 2 dome yang ada di Gardens by The Bay, yaitu Flower Dome dan Cloud Forest, ya tentu aja harus bayar. Tapi kalo hanya menikmati pemandangan Supertree Grove seperti foto di bawah ini, gratis kok. πŸ™‚

DSC07418

Kalo mau lihat dalamnya Flower Dome dan Cloud Forest, silakan lihat tulisan saya yang berjudulΒ Gardens by The Bay.

Bagi yang menginap di Singapore, kalian wajib melihat keindahan Gardens by The Bay di malam hari. Setiap jam 19.45 dan 20.45 waktu Singapore, ada light show di Supertree Grove nya ini. Asli cantik sekali lho! ❀

Finally tadi malam kesampaian juga lihat Supertree Grove Gardens by The Bay di malam hari. Dan asli cantik sekaliiiii β€οΈπŸ§‘πŸ’›πŸ’šπŸ’™πŸ’œ β€’ Tiap jam 19.45 dan 20.45 waktu Singapore ada light shownya. Sungguh sangat magical. ✨ β€’ Kalian yang punya kesempatan bermalam di Singapore, wajib banget datang ke sini untuk lihat light shownya. Dijamin gak akan menyesal. Saya kayaknya gak akan pernah bosan nih datang ke sini. β€’ Yang mau lihat video light show Supertree Grove Gardens by The Bay silakan swipe ya. Warna warni lampunya kurang terekam sempurna nih oleh camera handphone. Aslinya ini jauuuuuh lebih cantik. πŸ’–πŸ’–πŸ’– β€’ Btw, ada yang bisa nebak backsoundnya ini lagu apa? β€’ β€’ β€’ β€’ #exploresingapore #wonderfulsingapore #gardensbythebay #supertreegrove #lightshow #discoversingapore #singapore

A post shared by Lianda Marta | liandamarta.com (@liamarta) on

5. Bugis Street

Dari Gardens by The Bay, lanjutkan perjalann menuju Bugis Street untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh. Rutenya dengan menggunakan MRT dari Bayfront Station, pilih jalur biru dan turun di Bugis Station. Lalu ambil exit menuju Bugis Junction.

Untuk membeli oleh-oleh, dari Bugis Junction, kita tinggal menyeberang ke Bugis Street. Di sana bisa puas belanja aneka cokelat dan souvenir khas Singapore lainnya dengan harga yang murah meriah. πŸ™‚

DSC07386

Dari Bugis Street, kita bisa berjalan kaki menuju Masjid Sultan, salah satu masjid tertua di Singapore. Di sana kita bisa sholat zuhur dan ashar sambil beristirahat sejenak.

Di sekitar Masjid Sultan juga ada beberapa spot menarik untuk dikunjungi, seperti Haji Lane, Arab Lane, dsb. Lalu juga ada berbagai kios souvenir.

6. Orchard Road

Dari Bugis Street, lanjutkan perjalanan menuju Orchard Road dengan menggunakan bus nomor 7 atau 175. Detailnya untuk bus ini bisa dilihat di Google Maps. Tapi in case gak ada koneksi internet, bisa coba cari halte bus terdekat lalu cari rute yang dituju di halte tersebut untuk tau bus nomor berapa yang sebaiknya dinaiki.

Kalo mau lebih amannya sih jalan balik ke Bugis Junction, lalu naik MRT dari jalur hijau menuju City Hall. Di City Hall pindah jalur merah dan turun di Orchard.

Di Orchard station, keluar ke arah ION Orchard. Di Orchard, bisa belanja-belanja atau sekedar window shopping. Dan tentu saja, jajan ice cream one dollar yang harganya sekarang 1.20 SGD :)))

Es krim one dollar yang harganya sudah tidak lagi one dollar. 🍦🍦🍦 β€’ Makan es krim ini semacam diajak masuk mesin waktu ke Januari 2015. Terakhir kali makan es krim uncle saat jalan-jalan ke Singapore bareng Abang. Setelah lelah mengeksplor Singapore, kami berdua terduduk manis di pelataran ION dengan es krim di tangan masing-masing. Persis seperti yang saya lakukan kemarin. Bedanya saya keliling Singapore siang hari sambil geret koper, sedangkan ketika sama Abang dilakukan di malam hari dan ranselan doang. πŸ˜€ β€’ Btw, kalian yang pernah ke Singapore pasti pernah dong makan es krim uncle seharga 1.20 sgd ini? Apa momen yang paling diingat saat menikmati es krim ini, gaes? 😊 β€’ β€’ β€’ #singapore #exploresingapore #orchard #wanderlust #foodgram

A post shared by Lianda Marta | liandamarta.com (@liamarta) on

7. Clarke Quay

Ferry terakhir menuju Batam itu ada di jam 21.45 waktu Singapore. Jadi ada sedikit kesempatan jika ingin menikmati Singapore di malam hari, meski hanya sebentar. πŸ™‚

Salah satu destinasi yang bisa dituju jika ingin ke Singapore di malam hari adalah Clarke Quay.

DSC07548

Dari Orchard menuju Clarke Quay bisa naik bus. Nomor busnya saya lupa. Tapi ambil busnya dari halte di depan Tangs Plaza. Silakan dicek aja bus nomor berapa yang menuju ke Clarke Quay.

Di Clarke Quay, kita bisa menikmati pemandangan salah satu sudut Singapore di malam hari. Kalo mau makan, di sini juga tersedia beragam restaurant yang bisa dipilih. Tapi ya siap-siap merogoh kocek lebih dalam kalo mau makan di sana ya. Harganya a lil bit pricey. πŸ˜€

Jika mau pulang ke Batam dengan menggunakan last ferry, bisa kembali ke Harbour Front dengan menggunakan MRT dari Clarke Quay station.

***

Okay, itu beberapa opsi destinasi yang bisa dipilih jika hanya berlibur sehari di Singapore. Selain destinasi yang saya share di atas, tentu saja ada pilihan destinasi lain yang gak kalah menarik di Singapore.

Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa jadi referensi ya buat yang mau liburan ke Singapore. πŸ™‚

Oh ya, kalo mau mengunjungi destinasi wisata ini juga bisa sambil main sepeda lho. Ada beberapa opsi sepeda yang bisa dipilih. Yang pernah saya coba adalah Mobike. Ceritanya bisa dibaca di tulisan yang berjudulΒ Pengalaman Bersepeda di Singapura dengan Mobike.

Anyway, yang punya rekomendasi tempat asik lainnya di Singapore, boleh lho share di kolom comment. Dan kalo ada yang butuh teman jalan untuk keliling Singapore ala backpacker, bisa kontak saya melalui email hello@liandamarta.com ya πŸ™‚

Selamat berlibur, gengs! ❀

 

 

 

Advertisements

21 thoughts on “Sehari di Singapura, Ke Mana Saja?

  1. Annisa rizki sakih

    Baca ini, Kakak jadi inget zaman ‘masih muda’, jadi sanggup jalan kaki (!!) dari Orchad Road nyampe Bugis Street demi foto-foto hoahahahaaaa… Norak abis, tapi emang jalanannya asri dan ramah untuk pejalan kaki sih ya,.. Jadi bisa nemuin banyak spot foto unyu.

    Keutungan utama tinggal di Kepri, Terutama Batam dan Tanjung Balai Karimun tuh ya bisa pergi ke S’pore dengan kapal paling pagi, terus balik naik kapal paling akhir. Cuma balik2 dah gempor dan sebenernya masih ga rela karena masih pengen main.

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Wowww jalan kaki dari Orchard ke Bugis, Kak? Juaraaaaaaa.. Aku belum pernah hahaha. Paling jauh jalan cuma ngiderin dari Merlion ke MBS. :))))

      Tapi bener banget, Singapore ramah pedestrian, jadi mau jalan kaki sejauh apa pun tetap asik karena banyak yang bisa dilihat dan nyaman. Yang paling penting, gak polusi! πŸ˜€

      Like

      Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Kalo mau one day trip sama krucil bisa kok, Kak. Kemarin aku bawa teman kantorku dari Pekanbaru, suami istri sama anaknya 4 orang. Alhamdulillah pada puas. Apalagi bisa merasakan naik MRT dan bus tingkat di Singapore. πŸ˜€

      Like

      Reply
  2. bubusilpi

    naksir berat ama si Helix Bridge nih lia ….. itu kita bisa jalan kaki disitu? kalo Clarke Q aku gak gitu suka. Dan bener apa yang dibilang sopir uber nya … kalo kamu gak ‘minum’ … ngapain kamu ke clarke Q …

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Bisa mba jalan kaki di Helix Bridge. Itu ujungnya langsung MBS Mall. Iya sih kalo Clarke Q di malam hari memang cocoknya untuk yang mau minum-minum dan senang party. Tapi kalo aku dulu sempat merasakan naik Singapore River Cruise dari sana, turun di MBS. πŸ˜€

      Like

      Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s