Category Archives: Travel Journal

Pengalaman Membuat Paspor via Aplikasi M-Paspor

Setelah setahun lebih paspor saya mati dan saya abaikan, akhirnya bulan Juli lalu saya urus perpanjangan paspor baru YEAY! Dari sebulan sebelum mulai pengurusan paspor baru, saya baca-baca dan cari tahu dulu prosedur sekarang gimana. Karena terakhir kali tuh bikin paspor tahun 2016 lalu dan masih harus antri pagi-pagi di depan kantor imigrasi Pekanbaru. Sekarang ternyata udah gak perlu capek-capek antri kayak gitu lagi, karena pendaftaran awal bisa dilakukan via aplikasi M-Paspor. ❀️

Continue reading

Jalan-Jalan Lebaran (2019) : Singapore dan Johor Bahru

Salah satu hal yang selalu saya ingat dari momen lebaran adalah agenda jalan-jalan keluarga. Entah ini dimulai sejak kapan, tapi hampir di setiap libur lebaran, saya dan keluarga besar dari pihak Mama akan pergi liburan bersama ke suatu tempat. Saat masih tinggal di Pekanbaru, destinasi utamanya tentu adalah Sumatera Barat, mulai dari Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar, hingga Solok. Setelah pindah ke Batam, destinasi jalan-jalan ini pun berubah menjadi Bintan, Singapore, hingga Kuala Lumpur.

Tahun ini adalah tahun ketiga tradisi jalan-jalan ini tidak terlaksana. Yang pertama di tahun 2020 karena pandemi. Tahun 2021 juga masih pandemi jadi kami hanya staycation saja di Batam. Lalu sekarang di tahun 2022 sepupu-sepupu dari Duri tidak ke Batam dan tante saya (adik Mama) beserta keluarganya mudik ke kampung suaminya di Pare. Karena itu bagi saya lebaran tahun ini rasanya sepi sekali πŸ’” agar gak sepi-sepi banget, saya mau nostalgia aja deh ya ke momen jalan-jalan lebaran di tahun 2019 lalu.

Continue reading

Destinasi Wisata di Bukittinggi

Desember 2021 lalu adalah kali kesekian bagi saya dan keluarga mengunjungi Bukittinggi. Saat masih tinggal di Pekanbaru dulu, bisa dibilang hampir setiap tahun saat lebaran, kami pasti jalan-jalan ke Sumatera Barat, termasuk ke Bukittinggi. Karena itu, sejujurnya sempat bingung kemarin tuh mau jalan ke mana lagi, saking kayanya udah pernah dikunjungi semua. πŸ˜†

Di tulisan ini saya akan coba tuliskan destinasi wisata di kota Bukittinggi yang pernah saya kunjungi baik dulu maupun di akhir tahun 2021 lalu ya. Ada 3 destinasi yang menurut saya bisa dikunjungi dalam sehari, jadi pagi, siang, dan malam. Dengan catatan, bukan di peak season dan jalanan Bukittinggi lancar jaya. Selamat membaca!

Continue reading

Wisata Kuliner di Bukittinggi – Rekomendasi Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Sumatera Barat tanpa berwisata kuliner. Itu juga yang saya dan keluarga lakukan saat liburan dadakan ke Bukittinggi di akhir tahun lalu. Kami bahkan sengaja tidak menikmati sarapan yang disediakan oleh pihak hotel, karena mau mencari sarapan enak rekomendasi dari tetangga sebelah rumah yang asli orang Bukittinggi.

Di tulisan ini saya akan berbagi cerita tentang menu sarapan, makan siang, dan makan malam yang saya icip selama di Bukittinggi kemarin ya. Semoga bermanfaat untuk yang sedang merencanakan liburan ke sana. πŸ˜‰

Continue reading

Perjalanan Dadakan ke Bukittinggi

“Kita ke Sumbar (Sumatera Barat), yuk!”

Kamis siang, 23 Desember lalu, tante saya tiba-tiba bilang gini. Awalnya sih bilang ke adik-adik saya, karena ketika ditelfon, saya lagi UAS dan dalam keadaan on cam di Zoom. Sebuah ajakan yang tentu saja langsung di-iya-kan oleh kami semua. Setelah 5 tahun tidak menginjakkan kaki di tanah Minang, tentu saja saya rindu sekali ingin kembali ke sana lagi.

Continue reading