Author Archives: liandamarta.com

About liandamarta.com

Personal blog of Lianda Marta. Mostly write about travel journal, culinary, and love-life story. Contact: hello@liandamarta.com

Dua Minggu (Terakhir) Bersama Ayah

Mendapat telfon dari rumah di tengah malam bisa jadi suatu pertanda yang tidak menyenangkan. Seperti yang saya alami pada Jum’at malam di akhir Mei lalu misalnya.

Malam itu, sekitar pukul 11, saya baru saja selesai menutup laptop dan bersiap untuk tidur. Seperti biasa sebelum tidur yang dilakukan adalah scroll-scroll linimasa dulu. Selang 30 menit kemudian, ponsel saya berdering. Adik perempuan saya yang tinggal di Batam menelfon. Jantung saya pun seketika berdebar tidak karuan. Ada apa ini? 🥺

Continue reading

Jalan-Jalan Lebaran (2019) : Singapore dan Johor Bahru

Salah satu hal yang selalu saya ingat dari momen lebaran adalah agenda jalan-jalan keluarga. Entah ini dimulai sejak kapan, tapi hampir di setiap libur lebaran, saya dan keluarga besar dari pihak Mama akan pergi liburan bersama ke suatu tempat. Saat masih tinggal di Pekanbaru, destinasi utamanya tentu adalah Sumatera Barat, mulai dari Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar, hingga Solok. Setelah pindah ke Batam, destinasi jalan-jalan ini pun berubah menjadi Bintan, Singapore, hingga Kuala Lumpur.

Tahun ini adalah tahun ketiga tradisi jalan-jalan ini tidak terlaksana. Yang pertama di tahun 2020 karena pandemi. Tahun 2021 juga masih pandemi jadi kami hanya staycation saja di Batam. Lalu sekarang di tahun 2022 sepupu-sepupu dari Duri tidak ke Batam dan tante saya (adik Mama) beserta keluarganya mudik ke kampung suaminya di Pare. Karena itu bagi saya lebaran tahun ini rasanya sepi sekali 💔 agar gak sepi-sepi banget, saya mau nostalgia aja deh ya ke momen jalan-jalan lebaran di tahun 2019 lalu.

Continue reading

Destinasi Wisata di Bukittinggi

Desember 2021 lalu adalah kali kesekian bagi saya dan keluarga mengunjungi Bukittinggi. Saat masih tinggal di Pekanbaru dulu, bisa dibilang hampir setiap tahun saat lebaran, kami pasti jalan-jalan ke Sumatera Barat, termasuk ke Bukittinggi. Karena itu, sejujurnya sempat bingung kemarin tuh mau jalan ke mana lagi, saking kayanya udah pernah dikunjungi semua. 😆

Di tulisan ini saya akan coba tuliskan destinasi wisata di kota Bukittinggi yang pernah saya kunjungi baik dulu maupun di akhir tahun 2021 lalu ya. Ada 3 destinasi yang menurut saya bisa dikunjungi dalam sehari, jadi pagi, siang, dan malam. Dengan catatan, bukan di peak season dan jalanan Bukittinggi lancar jaya. Selamat membaca!

Continue reading

Pengalaman Mengikuti Seleksi Masuk Program Magister Psikologi Profesi Universitas Padjadjaran

Halo teman-teman, seperti yang saya tulis di tulisan rencana tahun 2022, di tahun ini insya Allah saya akan banyak berbagi cerita mengenai kegiatan #maprolyfe yang sedang saya jalani. Sebelumnya, saya juga sudah bercerita tentang mengapa sih saya merasa perlu untuk kuliah lagi. Nah, kali ini, saya akan menceritakan tentang pengalaman saya saat mengikuti seleksi masuk di program Magister Psikologi Profesi Universitas Padjadjaran (Unpad).

Disclaimer dulu ya, tulisan ini tidak akan berisi tentang tips agar diterima atau yang semacamnya. Saya benar-benar hanya akan membagikan pengalaman pribadi saya saat mengikuti rangkaian seleksi ini. Semoga bisa memberikan gambaran bagi teman-teman yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister Psikologi Profesi ya! 🤗

Continue reading

COVID-19 dan Pengalaman Isolasi di Asrama Haji Batam

Setelah hampir 2 tahun COVID-19 hadir di muka bumi, qadarullah saya kena gilirannya juga. 🙂 

Di tulisan ini, saya akan berbagi cerita tentang pengalaman saat positif COVID-19. Apa saja gejala yang saya rasakan, obat dan suplemen apa yang saya konsumsi, serta pengalaman menjalani isolasi selama 9 hari di Asrama Haji Batam. Semoga bermanfaat untuk semua yang baca ya! ❤️

Continue reading

Wisata Kuliner di Bukittinggi – Rekomendasi Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Sumatera Barat tanpa berwisata kuliner. Itu juga yang saya dan keluarga lakukan saat liburan dadakan ke Bukittinggi di akhir tahun lalu. Kami bahkan sengaja tidak menikmati sarapan yang disediakan oleh pihak hotel, karena mau mencari sarapan enak rekomendasi dari tetangga sebelah rumah yang asli orang Bukittinggi.

Di tulisan ini saya akan berbagi cerita tentang menu sarapan, makan siang, dan makan malam yang saya icip selama di Bukittinggi kemarin ya. Semoga bermanfaat untuk yang sedang merencanakan liburan ke sana. 😉

Continue reading