Author Archives: liandamarta.com

About liandamarta.com

Personal blog of Lianda Marta. Mostly write about travel journal, culinary, and love-life story. Contact: hello@liandamarta.com

Wot Batu: Sebuah Pengalaman Sensory Melalui Karya Seni

Hari Minggu kemarin, saya bersama dua orang teman pergi mengunjungi Wot Batu. Tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 2015 lalu dan menjadi semakin terdengar namanya beberapa tahun belakangan, khususnya sejak Tara Basro dan suaminya memilih Wot Batu sebagai tempat mereka melangsungkan pernikahan.

Continue reading

2022 in words

Jika hanya boleh pilih satu kata, hmm mungkin roller coaster kali ya. Saya merasa di tahun ini tuh seperti naik roller coaster, terkadang jalurnya flat, sesekali berada di atas, dan tidak jarang juga dibawa menukik ke bawah secara drastis.

Di tulisan ini, saya ingin bercerita tentang hal-hal yang saya lalui di tahun 2022 ini.

Continue reading

Berkenalan dengan Nuvasa Bay, Proyek Kota Mandiri dari Sinar Mas Land di Kota Batam

“Redefining Luxury Living… Nuvasa Bay, New Face of Batam..”

Beberapa tahun lalu, setiap kali saya menonton di bioskop, ada satu iklan yang selalu membuat saya merasa bangga. Iklan tersebut diputar sesaat sebelum film dimulai. Menampilkan sebuah project pembangunan di kota Batam, kota tempat saya dibesarkan. Iklan yang terlalu membekas bagi saya pribadi, dan bahkan penggalan lirik, melodi, serta tagline-nya pun masih terngiang-ngiang hingga kini.

“… Nuuu.. vasaaa…. Kamera kameka maya.. Ramera savela vaya.. Ramera Delamagera Mala.. Nuvasaaa…”

P.S. sebenarnya saya gak tahu persis liriknya apa, tapi ini comot dari salah satu comment di YouTube :”)
Continue reading

Pengalaman Membuat Paspor via Aplikasi M-Paspor

Setelah setahun lebih paspor saya mati dan saya abaikan, akhirnya bulan Juli lalu saya urus perpanjangan paspor baru YEAY! Dari sebulan sebelum mulai pengurusan paspor baru, saya baca-baca dan cari tahu dulu prosedur sekarang gimana. Karena terakhir kali tuh bikin paspor tahun 2016 lalu dan masih harus antri pagi-pagi di depan kantor imigrasi Pekanbaru. Sekarang ternyata udah gak perlu capek-capek antri kayak gitu lagi, karena pendaftaran awal bisa dilakukan via aplikasi M-Paspor. ❤️

Continue reading

Dua Minggu (Terakhir) Bersama Ayah

Mendapat telfon dari rumah di tengah malam bisa jadi suatu pertanda yang tidak menyenangkan. Seperti yang saya alami pada Jum’at malam di akhir Mei lalu misalnya.

Malam itu, sekitar pukul 11, saya baru saja selesai menutup laptop dan bersiap untuk tidur. Seperti biasa sebelum tidur yang dilakukan adalah scroll-scroll linimasa dulu. Selang 30 menit kemudian, ponsel saya berdering. Adik perempuan saya yang tinggal di Batam menelfon. Jantung saya pun seketika berdebar tidak karuan. Ada apa ini? 🥺

Continue reading

Jalan-Jalan Lebaran (2019) : Singapore dan Johor Bahru

Salah satu hal yang selalu saya ingat dari momen lebaran adalah agenda jalan-jalan keluarga. Entah ini dimulai sejak kapan, tapi hampir di setiap libur lebaran, saya dan keluarga besar dari pihak Mama akan pergi liburan bersama ke suatu tempat. Saat masih tinggal di Pekanbaru, destinasi utamanya tentu adalah Sumatera Barat, mulai dari Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar, hingga Solok. Setelah pindah ke Batam, destinasi jalan-jalan ini pun berubah menjadi Bintan, Singapore, hingga Kuala Lumpur.

Tahun ini adalah tahun ketiga tradisi jalan-jalan ini tidak terlaksana. Yang pertama di tahun 2020 karena pandemi. Tahun 2021 juga masih pandemi jadi kami hanya staycation saja di Batam. Lalu sekarang di tahun 2022 sepupu-sepupu dari Duri tidak ke Batam dan tante saya (adik Mama) beserta keluarganya mudik ke kampung suaminya di Pare. Karena itu bagi saya lebaran tahun ini rasanya sepi sekali 💔 agar gak sepi-sepi banget, saya mau nostalgia aja deh ya ke momen jalan-jalan lebaran di tahun 2019 lalu.

Continue reading