#NgobrolinPekanbaru Eps. 4 : Komunitas Seru di Pekanbaru

#NgobrolinPekanbaru sudah masuk episode keempat. Untuk yang belum tau, ini adalah serial yang akan publish setiap hari Jum’at di blog saya dan Mutia. Kami menceritakan tentang Pekanbaru dari sudut pandang kami masing-masing.

Setiap minggu temanya berbeda-beda. Minggu ini, yang akan dibahas adalah tentang komunitas-komunitas seru yang ada di Pekanbaru. Kalo ingin tau di minggu-minggu sebelumnya kami bahas tentang apa saja, silahkan cek di sini ya:

Eps. 1 : Tentang Pekanbaru
Eps. 2 : Beragam Cara untuk Datang ke Pekanbaru
Eps. 3 : Sarapan Apa di Pekanbaru?

Oke, jadi buat yang penasaran di Pekanbaru ada komunitas seru apa aja, silahkan baca tulisan ini sampai selesai ya. πŸ™‚

Sejak pindah ke Pekanbaru tahun 2013 lalu, saya yang sempat merasa jenuh dengan rutinitas rumah-kantor yang itu-itu aja pun mulai mencari kesibukan baru. Dari situ saya baru tau kalo ternyata di Pekanbaru ini komunitas dan perkumpulan anak-anak mudanya mulai rame. Dan banyak yang seru-seru lho!

Baca tulisan Mutia di sini:
Ini Dia 5 Komunitas Keren di Pekanbaru

Akhirnya mulailah sayaΒ datangi acaranya satu per satu. Saya juga bergabung sebagai pengurus aktif di beberapa komunitas yang kegiatannya saya rasa sesuai dengan value dan minat saya. Yang ngikutin blog saya ini dan juga semua akun media sosial saya pasti udah tau dong saya aktif di komunitas apa saja? πŸ˜€

1. Akber Pekanbaru

Yes, ini komunitas pertama yang saya ikuti sejak pindah ke Pekanbaru. Akber atau Akademi Berbagi ini sebenarnya merupakanΒ social movement. Berawal di bulan Juli tahun 2010 di Jakarta, foundernya mba Ainun Chomsun mendirikan Akademi Berbagi sebagai wadah bagi banyak orang untuk belajar berbagai hal.

Dari kelas perdana di bulan September 2013 lalu, saya langsung mendaftar sebagai relawan dan tetap aktif sampai saat ini sebagai relawan Akademi Berbagi. Meskipun sudah pindah ke Jakarta, tapi Akber Pekanbaru selaluΒ di hati. Mereka udah jadiΒ keluarga kedua saya di Pekanbaru.

DSC07226

Beberapa relawan Akber Pekanbaru yang mengikuti LLD 2016 di Jogjakarta

Keputusan untuk bergabung sebagai relawan di Akber Pekanbaru sangat berpengaruh bagiΒ hidup saya. Saya yang awalnya sempatΒ stress berat dengan rutinitas di Pekanbaru, akhirnya mendapat kegiatan baru yang kemudian membawa saya bertemu dengan teman-teman baru dan juga orang-orang hebat yang ada di Pekanbaru.

Dari Akber Pekanbaru juga saya akhirnya bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang hebat yang ada di Indonesia. Membangun jejaring dan bertukar pikiran satu sama lain.

Senang rasanya bisa menjadi bagian dari gerakan hebat ini. Semacam punya semangat baru bahwa ada banyak orang-orang hebat di Indonesia yang punya jiwaΒ volunteering. Yang mau berbagi tanpa pamrih. Dan saya ingin menjadi satu dari sekian banyak orang-orang hebat tersebut. πŸ™‚

Anyway, yang penasaran sama Akber Pekanbaru bisa colek-colek kakak adminnya di twitter/IG @akberpekanbaru ya. Kalo mau baca-baca tulisan saya tentang Akber Pekanbaru dan Akademi Berbagi, silahkan cek di sini.

2. Kelas Inspirasi Pekanbaru

Selain Akber Pekanbaru, komunitas yang satu ini juga banyak merubah sudut pandang saya tentang Pekanbaru. Saya bergabung di Kelas Inspirasi Pekanbaru pada tahun 2014 sebagai relawan pengajar. Saat itu saya langsung ditempatkan di sebuah sekolah yang berada di dalam area perkebunan kelapa sawit. Nama perkampungannya adalahΒ Kampung Melebung.

Untuk sampai ke sana, dibutuhkan waktu kurang lebih 1-1,5 jam dari tempat tinggal saya. Jalanannya berkelok-kelok dan setelah memasuki area perkebunan jalan tidak lagi beraspal, melainkan jalan berpasir yang dipenuhi dengan kerikil. Mengajar di SD tersebut jadi pengalaman baru bagi saya dan pastinya punya banyak cerita seru yang tidak terlupakan.

DSC06629

Kelas Inspirasi Pekanbaru 2014 di SDN 135 Melebung

Sejak bergabung sebagai relawan pengajar Kelas Inspirasi Pekanbaru di tahun 2014 itu, saya pun jadi aktif di kegiatan ini. Di tahun berikutnya, saya bergabung sebagai relawan panitia yang mengurusi segala persiapan penyelenggaraan Kelas Inspirasi Pekanbaru tahun 2015. Karena saya cinta mengajar, jadi selain sebagai relawan panitia, saya juga ikutan ngajar.

Di tahun 2015 saya mengajar di daerah Geringging. Masih di lokasi area perkebunan sawit, tapi dengan kondisi yang jauh berbeda dengan yang ada di Melebung.

Bedanya, anak-anak yang saya ajar di Melebung adalah anak-anak dari buruh sawit yang bekerja untuk perusahaan. Sedangkan di Geringging adalah anak-anak dari para pemilik kebun sawit. Bisa dibayangkan kan bedanya? Tapi mereka punya satu persamaan: memandang bahwa profesi itu hanya ada seperti yang dijalani oleh orang tua mereka, yaitu sebagai buruh/pekerja sawit.

Karena itulah Kelas Inspirasi mengirimkan relawan dari berbagai profesi ke daerah-daerah tersebut. Agar bisa menginspirasi anak-anak dan memberikan pengetahuan kepada mereka bahwa profesi itu ada berbagai macam. Mereka harus punya mimpi untuk bisa jadi lebih baik lagi dan harus belajar dengan rajin agar bisa mewujudkanΒ mimpi tersebut. πŸ™‚

Anyway, silahkan diintip ya twitternya @KI_Pekanbaru, siapa tau ada yang mau ikutan berkontribusi sebagai relawan di sana. πŸ™‚

3. Kumpulan Emak Blogger (KEB) Pekanbaru

Salah satu komunitas blogging yang saya ikuti adalah Kumpulan Emak Blogger (KEB) ini. Sebuah komunitas untuk blogger-blogger perempuan yang ada di Indonesia.

Apakah untuk bergabung Β harus jadi emak-emak dulu? Oh, tentu tidak. Saya bahkan bergabung sebagai member saat belum menikah.Β πŸ˜€

Bedanya dengan Akber dan Kelas Inspirasi Pekanbaru, saya tau tentang komunitas ini dan memutuskan bergabung sebagai member (sekarang juga gabung sebagai admin/pengurus) justru dari informasi yang seliweran di media sosial saya. Waktu itu saya belum pernah ikut acara KEB di Pekanbaru, saya cuma tau saat itu ada salah satu pengurus yang tinggal di Pekanbaru, yaitu Mba Lusi.

Member KEB di Pekanbaru dan sekitarnya cukup banyak lho. Saya pernah ketemu beberapa di antaranya saat farewell Mba Lusi dan saat buka puasa bersama KEB tahun 2014 lalu. Berhubung di Pekanbaru masih minim event blogger, jadilah ketemu membernya cuma sesekali aja. Justru sekarang saat udah pindah ke Jakarta baru deh saya lebih aktif ikut di acara-acaranya KEB dan ketemu dengan member-member lain yang ada di sini. πŸ˜€

DSC06431

Kopdar perdana dengan member KEB Pekanbaru

Bergabung di sebuah komunitas pasti banyak manfaatnya. Selain bisa mendapat banyak teman-teman baru, di KEB saya juga jadi banyak belajar tentang dunia blogging dan socmed. Gimana bikin tulisan yang bagus, desain yang keren, foto yang cakep, dsb, semua sering dishare oleh pengurus dan member di group KEB di facebook.

Nah jadi untuk blogger-blogger perempuan yang ingin upgrade ilmu tentang blogging dan ketemu teman-teman blogger baru, cobain aja gabung di KEB. Cek infonya di twitter @emak2blogger atau di website emak2blogger.com ya πŸ™‚

***

Anyway, kalo komunitas yang benar-benar aktif saya ikutin bahkan sampai jadi pengurusnya yang di atas itu sih. Tapi sebenarnya ada banyak lagi komunitas seru lainnya di Pekanbaru. Saya beberapa kali sempat ikutan acara yang mereka adakan. Pernah juga mengundang komunitas-komunitas ini saat event Ada Apa Di PekanbaruΒ tahun 2014 lalu.

Ini beberapa komunitas yang bisa dipilih kalo ingin aktif berkomunitas di Pekanbaru:

  1. Nongkrong Bareng Arsitek (NBA+). Nah, ini komunitas untuk arsitek dan para pekerja seni yang ada di Pekanbaru. Mereka cukup rutin bikinΒ sharing session setiap bulannya. Gak harus jadi arsitek atau desainer kok kalo mau gabung di NBA+ ini. Coba aja colekin adminnya di IG @nongkrongbareng.arsitek kalo ingin ikutan acaranya mereka.
  2. Kongkow Nulis. Ini komunitas untuk yang suka nulis dan ingin ketemu teman-teman baru yang juga suka nulis. Mereka juga beberapa kali bikin event tentang kepenulisan lho. Silahkan intip info dan kegiatannya di twitter/IG @kongkownulis ya.
  3. Backpacker Pekanbaru. Ini komunitas jalan-jalan di Pekanbaru. Yang senang jalan-jalan dan ingin cari teman jalan bisa coba join ke komunitas ini. Selain Backpacker Pekanbaru, ada juga Backpacker Dunia Pekanbaru yang lebih spesifik ke jalan-jalan ke luar negeri. Saya gabung di group WhatsApp-nya dan cukup sering dapat info & tips seputar jalan-jalan, terutama info promo tiket murah ehehehe. Kalo ingin tau lebih lanjut tentang komunitas ini bisa cek infonya di IG/twitter @backpackerpku.
  4. Stand Up Comedy Pekanbaru. Yang ingin belajar jadi komika atau ketemu teman-teman sesama komika, bisa gabung di sini. Mereka juga cukup sering bikin event dan open mic lho. Silahkan cek infonya di twitter @standupindoPKU.
  5. Kaskuser Regional Riau Raya. Buat agan dan aganwati yang mau ketemu teman-teman sesama kaskuser, di Pekanbaru juga ada nih Kaskuser Regional Riau Raya. Siapa tau bisa saling bertukar cendol hihihi. Saya dulu ngaskus juga sih, tapi cuma buat baca lounge doang dan gak pernah diseriusin. Silahkan coba intip mereka di twitter @KaskusRiauRaya.
  6. LibuRun. Ini komunitas bagi pecinta lari di Pekanbaru. Mereka rutin lari bareng setiap hari minggunya. Kadang ada juga bikin event lari di akhir pekan. Waktu Bali Marathon minggu lalu, beberapa membernya juga ikut serta lho. Silahkan intip di IG @liburun ya kalo ingin bergabung bersama mereka.
  7. Blogger Bertuah.Β Ini komunitas blogger di Pekanbaru. Saya kurang tau sih apakah mereka masih sering bikinΒ sharing sessionΒ apa ngga. Kalo mau bergabung atau cari infonya bisa cek aja di twitter/IG mereka ya di @bloggerbertuah.

Anyway, selain itu masih banyak lagi sih komunitas seru lainnya di Pekanbaru. Mulai dari komunitas pecinta cosplay, pecinta hewan seperti kucing, kelinci, reptil, pecinta mobil dan motor, bahkan pecinta dunia heritage juga ada di Pekanbaru. Ini bukti bahwa anak-anak muda Pekanbaru sangat aktif dan banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif.

Kamu tinggal pilih aja mau gabung di komunitas mana yang pastinya sesuai dengan minat kamu. Kalo ada yang mau nambahain komunitas lainnya di Pekanbaru, silahkan tulis di kolom comment ya.

Semoga bermanfaat untuk kamu semua yang mau aktif berkomunitas dan berjejaring di kota bertuah ini. πŸ™‚

Advertisements

29 thoughts on “#NgobrolinPekanbaru Eps. 4 : Komunitas Seru di Pekanbaru

  1. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 5 : Transportasi Publik di Pekanbaru | liandamarta.com

  2. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 6 : Oleh-Oleh Khas Pekanbaru | liandamarta.com

  3. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 7 : Tempat Nongkrong Hits di Pekanbaru | liandamarta.com

  4. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 8 : Suka Duka Jadi Warga Pekanbaru | liandamarta.com

  5. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 9 : Public Area untuk Keluarga di Pekanbaru | liandamarta.com

  6. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 10 : Tentang Blogger di Pekanbaru | liandamarta.com

  7. Pingback: Meninggalkan Pekanbaru | liandamarta.com

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s