Wisata Belanja di Pasar Bawah Pekanbaru

Jika ingin berlibur ke Pekanbaru, jangan kaget kalo sampai sini bingung mau jalan-jalan ke mana. Karena sesungguhnya kota ini minim objek wisata, terutama untuk wisata alam seperti pantai atau pegunungan.

Yang ada di kota ini adalah wisata kuliner atau city tour melihat bangunan-bangunan dengan desain yang menawan, mulai dari gedung pemerintahan sampai masjid yang indah dan megahΒ di kota ini.

Selain itu, ada satu wisata lagi yang mesti dicoba jika kamu berkunjung ke Pekanbaru. Wisata apakah itu?

Wisata belanja.Β πŸ˜‰

Jangan bayangkan wisata belanja yang dimaksud ini adalah belanja di shopping mall besar seperti yang ada di ibu kota. No. Mall di Pekanbaru bahkan bisa dihitung dengan jari, cuma ada 3 mall besar yang pastinya kurang banyak pilihan kalo mau belanja di sana.

Wisata belanja yang saya maksud adalah diΒ Pasar BawahΒ yang juga kini dikenal sebagai Pasar Wisata di Pekanbaru. πŸ™‚

Yes! Pasar yang satu ini memang famous banget di kalangan para wisatawan yang datang berkunjung ke kota bertuah. Hampir semua kenalan saya yang datang ke Pekanbaru, pasti ingin dibawa ke Pasar Bawah untuk belanja. Bahkan saat saya mau ke luar kota, salah seorang kolega selalu menghubungi saya untuk minta tolong dibawakan bahan kain untuk baju melayu yang memang banyak tersedia di pasar tersebut.

DSC07845

Bahan kain untuk baju melayu yang dijual di Pasar Bawah

Pasar Bawah terletak di pinggir sungai Siak dan dekat dengan pelabuhan. Dulunya, kawasanΒ tersebut memang menjadi tempat transaksi jual beli karena letaknya yang berada di pinggir sungai. Kawasan di sekitar Pasar Bawah ini memang merupakan ‘kota tua’ yang menjadi awal mula berkembangnya kota bertuah ini. Karena itulah pasar ini menjadi pasar tertua di Pekanbaru.

Apa saja yang dijual di Pasar Bawah?

Ada banyak sekali. Selain bahan kain untuk baju melayu, di sana juga ada aneka macam bros jilbab, karpet, guci, keramik, tas dan dompet, baju kaos Pekanbaru, dsb. Salah satu yang bikin pasar ini jadi terkenal di kalangan wisatawan adalah karena di sana banyak dijual barang-barangΒ dari luar negeri dengan harga yang relatif murah. Seperti aneka guci dan keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah, dan tas-tas branded dari Eropa.

Di pasar ini juga tersedia aneka oleh-oleh makanan dengan harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan yang dijual di toko oleh-oleh, seperti dodol durian, lempuk, kacang pukul, dll. Ada juga aneka cokelat dan snack impor dari Malaysia yang biasanya gak masuk ke supermarket-supermarket lain. Jadi banyak pilihan deh kalo mau belanja di pasar ini. πŸ˜‰

DSC07835

DSC07847

Harga barang di pasar ini sangat bervariasi. Untuk oleh-oleh dan snack Malaysia relatif lebih murah daripada yang dijual di toko oleh-oleh. Harga barang-barang lainnya juga kabarnya lebih murah daripada beli di luar. Tapi jangan lupa untuk nawar harga ya. Soalnya pedagangnya suka iseng kalo tau yang beli itu wisatawan, pasti deh dimahalin harganya.

Kalo ada yang berkunjung ke Pekanbaru, let me know ya. Siapa tau saya bisa menyempatkan diri untuk nemenin belanja ke Pasar Bawah, ya walaupun saya gak jago nawar juga sih hehehe. πŸ˜€

Pokoknya kalo ke Pekanbaru, sempetin deh mampir ke pasar ini. Karena konon katanya “belum sah berkunjung ke Pekanbaru kalo belum mampir ke Pasar Bawah“. πŸ˜›

Advertisements

29 thoughts on “Wisata Belanja di Pasar Bawah Pekanbaru

    1. liandamarta.com Post author

      Salam kenal mba πŸ™‚ Iya bener banget, pasar ini memang sangat terkenal di kalangan wisatawan dan juga masyarakat Pekanbaru, terutama di kalangan ibu-ibu πŸ˜€

      Sekarang udah gak di Pekanbaru lagi ya mba? Tapi masih sering main ke Pekanbaru gak? πŸ™‚

      Like

      Reply
      1. ira i / ira noor

        Saya dulu SMP kelas 3 lulus dari Pekanbaru, lalu melanjutkan SMA di Bandung dan sejak itu belum pernah main lagi ke Pekanbaru, rumah saya di dulu di jl. Gatot Subroto. Semoga suatu saat nanti bisa menginjakkan kaki lagi di Bumi Lancang Kuning….aamiin

        Like

        Reply
        1. liandamarta.com Post author

          Wah asli Pekanbaru atau merantau mba waktu itu? Aamiin semoga suatu saat bisa berkunjung lagi ke Pekanbaru yaaa. Kalo nanti ke sini lagi pasti kaget ngelihat perubahan kota Pekanbaru hehehe.

          Like

          Reply
          1. ira i / ira noor

            saya ke Pekanbaru merantau πŸ™‚ singkat aja sih cuma satu tahun pas kelas tiga SMP sampai lulus di sana, setelah itu pindah lagi ke lain kota….Pekanbaru yang sekarang pasti jauh sekali berbeda dengan tahun 1993-an ya….dulu belum ada mall, baru ada satu namanya kalau tidak salah Senapelan, karena mall pertama yg ada di sana, setiap weekend selalu penuh sesak oleh pengunjung πŸ™‚ sekarang masih ada tidak ya?

            Like

            Reply
            1. liandamarta.com Post author

              Iya ya, zaman itu mah mall cuma Senapelan aja. Sekarang udah ada 3 mall lainnya. Senapelan masih ada tapi udah gak serame dulu. Sekarang di sana jadi pusat service handphone. πŸ˜€

              Like

              Reply
  1. Novriana

    Waa, jadi inget dulu pernah nyari songket di Pasar Bawah ini! Tapi saya biasanya ke sini kalau mau ke pasar ikannya, buat beli udang, teri, ikan asin, dkk πŸ˜€
    Ternyata snack2 juga murah ya di sini? Mudik berikutnya boleh dicoba ni kayaknya!

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Iya, saya juga suka belanja di sini. Lengkap walau harga agak mahal kalo dibanding dengan pasar rakyat lain. Sering beli lemon juga di sana, harga lemon lebih murah daripada pasar buah dan lemonnya segar-segar πŸ˜€

      Iya mba, snacknya murah-murah. Saya udah bandingin dengan yang di Pasar Buah dan toko oleh-oleh lain. Lumayan selisihnya 20-30 ribuan πŸ˜€

      Liked by 1 person

      Reply
      1. Novriana

        Waah, lumayan banget ya! Selama ini selalu cuman mampir ke Mega Rasa dan semacamnya klo mau beli oleh-oleh >_<

        Like

        Reply
  2. Ira

    aku jadi inget komen orang-orang waktu pertama kali bilang mau main ke Pekanbaru “mau ngapain Ra di sana? ga ada apa apa loh” :)))))
    pasar bawah ini kyknya surga banget ya yang mau nyari oleh-oleh πŸ˜€

    Like

    Reply
  3. Meidiar Sumadi

    Mbak sy lg di Pekanbatu nih..
    Kl mau cari bahan untuk merangkai bunga,lengkap ga dsna?
    Terima kasih sebelumnya…

    Like

    Reply
  4. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 1 : Tentang Pekanbaru | liandamarta.com

  5. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 6 : Oleh-Oleh Khas Pekanbaru | liandamarta.com

  6. Pingback: Jelajah Sejarah Pekanbaru Bersama Pekanbaru Heritage Walking Tour | liandamarta.com

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s