Nostalgia di Taman Ria Putri Kaca Mayang

Taman Ria Putri Kaca Mayang, adalah sebuah taman riaΒ yang terletak di pusat kota Pekanbaru. Tepatnya di jalan Sudirman, di seberang kantor walikota Pekanbaru.

Dulu, taman ria ini ramai sekali dikunjungi orang. Maklum yaaa, Pekanbaru kan minim banget sama objek wisata. Apalagi belasan tahun silam di kota ini juga belum ada mal-mal besar seperti sekarang. Makanya taman ria ini selalu jadi pilihan bagi keluarga atau pasangan muda mudi untuk menghabiskan akhir pekan bersama.

Sekarang, di saat sudah banyak bermunculan shopping mall besar di kota bertuah ini (yah meskipun jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari alias belum begitu banyak), taman ria ini udah gak lagi jadi pilihan. Bahkan kalo dilihat dari luar, kayak yang udah berhenti beroperasi.

Tapi… apa benar taman ria ini sudah berhenti beroperasi?

Ternyata dugaan saya selama ini salah. Dari luar memang kelihatannya taman ria ini sudah ditutup untuk umum. Tapi ternyata masih buka lho!

Saya juga waktu itu taunya gak sengaja. Karena lagi ada acara festival Dimensi Tempo Doeloe yang diadakan oleh teman-teman Sekolah Tinggi Pariwasata Provinsi Riau. Festivalnya kebetulan diadakan di Taman Ria Putri Kaca Mayang ini.

Saat itu saya baru sadar kalo ternyata taman ria ini masih beroperasi dan masih dibuka untuk umum! Bahkan masih ada petugas yang berjaga di counter tiketnya. Sungguh di luar dugaan! πŸ˜€

DSC06580

Ini counter tiketnya. Masih ada petugas yang jaga, walau cuma 1 orang.

Masuk ke dalam taman ria ini jadi semacam nostalgia sendiri bagi saya. Karena saya udah lamaaaa banget gak ke sini. Saking udah lamanya, saya sampai gak ingat itu kapan. Cuma lihat di foto-foto yang ada di rumah nenek aja. Mungkin usia TK atau SD gitu sih.

Jadi dulu kan saya tinggal di Batam dan kalo libur sekolah pasti liburan ke rumah nenek di Pekanbaru. Trus selama liburan saya suka diajak jalan-jalan sama om dan tante. Salah satunya jalan-jalan ke Taman Ria Putri Kaca Mayang ini.

Di taman ria ini ada berbagai macam wahana yang sudah ‘tua bangka’ tapi masih bisa berfungsi dengan baik. Yang kemarin saya lihat masih beroperasi adalah bom-bom car, bianglala, dan komidi putar.

DSC06584

DSC06588

DSC06612

DSC06619

UntukΒ masuk ke Taman Ria Putri Kaca Mayang ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun. Tapi jika ingin mencoba wahana permainannya, pengunjung harus membeli tiket di counter yang sudah disediakan.

Harga tiketnya bervariasi dari Rp3.000-Rp5.000 per tiket. Untuk bianglala dan komidi putar, harganya Rp3.000 per tiket sedangkan untuk bom-bom car harganya Rp5.000 per tiket. Cukup murah dan terjangkau kan harganya? πŸ™‚

Trus gimana sensasi naik wahananya? Honestly saya gak coba semua wahananya. Cuma ikutan naik komidi putar aja tapi itu pun saya berdiri soalnya takut ambruk kalo saya dudukin hehehe. Ponakan dan adik ipar saya yang cobain naik bom-bom car dan bianglala.

Kalo bom-bom car sih so far so good ya. Meskipun cuma ada 3 mobil yang berfungsi, tapi cukup seru juga karena banyak anak kecil yang main dan asik tubruk-tubrukan. πŸ˜€

Nah yang serem itu menurut saya justru bianglalanya. Soalnya kelihatan udah ringkih banget. Trus ada beberapa kereta bianglalanya yang gak ada pagar pelindung. So far sih gak ada berita yang aneh-aneh tentang si bianglala itu, tapi yah tetap hati-hati aja sih kalo mau naik. Kalo saya pribadi sih cari yang aman-aman aja kayak naik komidi putar dan bom-bom carnya. πŸ˜€

Well, meskipun wahananya banyak yang sudah tua dan tampak tidak meyakinkan, tapi saya senang main-main ke Taman Ria Putri Kaca Mayang ini. Semacam nostalgia dengan masa lalu waktu masih kecil dan sering diajakin ke sini sama om dan tante. Tempatnya juga asyik lhoΒ untuk dijadikan lokasi piknik. Tinggal bawa bekal makanan dan tikar dari rumah, udah deh bisa piknik sama keluarga. πŸ˜‰

Oh ya, yang mau nostalgia juga mengunjungi Taman Ria Putri Kaca Mayang ini, masuknya dari pintu belakang ya yang di jalan Sumatera. Taman ria ini buka setiap hari, mulai dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. πŸ™‚

DSC06626

Anyway, ada yang punya kenangan juga dengan taman ria ini? Share ceritanya dong! πŸ™‚

Advertisements

17 thoughts on “Nostalgia di Taman Ria Putri Kaca Mayang

  1. Kiky

    Seumur umur dari kecil sampai sekarang tinggal di pekanbaru aku gak pernah kesini kak-_-
    Bener loh kak aku kira juga udah tutup soalnya kalo lebaran aja kayaknya buka. Tapi kalo naik wahana ini

    Like

    Reply
      1. Kiky

        waktu TK masih ada sih kak sampai SD cuma setelah itu aku gak ingat. menurut aku kalo ditata lagi pasti bagus kak, apalagi letaknya ditengah kota, ya gak?

        Like

        Reply
        1. liandamarta.com Post author

          Iya, kalo ditata lagi pasti jadi bagus banget. Apalagi di Pekanbaru masih kurang ruang terbuka kayak alam mayang gini. Kalo dibenahi trus dipercantik, wah bakal asik deh tiap weekend main-main ke sana. πŸ˜€

          Like

          Reply
  2. Novriana

    Waaa, nostalgia banget ini mah! Jadi inget dulu waktu kecil lumayan sering “piknik” di sini, sama ke Alamayang juga dulu πŸ˜€
    Dipikir-pikir dulu waktu kecil mungkin malah lebih “nekat” ya naik wahana2 di sini πŸ˜€

    Like

    Reply
  3. Rasti

    Nyasar ke blog ini. Salam kenal….
    Lalu yg ditulis ttg Taman Ria Putri Kaca Mayang. Saya punya foto TK di sini tahun 1975, sehabis karnaval….

    Like

    Reply
  4. budhi heldiyanto

    Seneng juga bacanya ..jd ingat kenangan lama waktu sd (81-83) orang tua sering ajak ke kacang mayang. Naik helikopter mainan dan bomcar lintasan. Sejak pindah ke jakarta belum pernah ke pekanbaru lg, jadi nggak pernah mampir ke taman bermain kacang mayang lagi.

    Like

    Reply
  5. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 1 : Tentang Pekanbaru | liandamarta.com

  6. Pingback: #NgobrolinPekanbaru Eps. 9 : Public Area untuk Keluarga di Pekanbaru | liandamarta.com

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s