Kuliner Enak di Pekanbaru #3 : RM Upik Banun

Beberapa waktu lalu, saya diajak oleh pimpinan perusahaan untuk makan siang di sebuah rumah makan nun jauh di jalan Sembilang Rumbai. Err.. sebenarnya sih gak jauh-jauh banget ya. Tapi suasana makannya memang berasa jauh dari perkotaan, karena letaknya yang memang rada sedikit mojok atau bahasa kerennya ‘amigos’, agak minggir got sikit. Eh, bukan got deng, kali! 😀

DSC05377

Rumah makan ini diberi nama RM Upik Banun. Yang punya, I guess namanya Uni Upik Banun, adalah saudara kandung dari yang punya RM Cuik di Jalan Yos Sudarso. Dulunya mereka punya sebuah rumah makan keluarga yang tersohor di jamannya. Sejak kedua orang tuanya meninggal, adik dan kakak ini meneruskan usaha rumah makan tersebut secara terpisah. Sang kakak membuka RM Cuik (yang juga terkenal di Pekanbaru) dan sang adik membuka RM Upik Banun ini.

Menu yang disajikan di kedua rumah makan tersebut kurang lebih sama. Hanya saja, suasana makannya yang berbeda. RM Upik Banun yang terletak di sebuah perkampungan menawarkan suasana makan ala ala di kampung. Ada sebuah jembatan kayu yang sudah tua, yang menyambungkan antara jalan masuk dengan rumah makan ini. Usia jembatan tersebut mungkin sudah puluhan tahun. Agak ngeri memang ketika berjalan di atasnya, tapi itu salah satu yang menambah keseruan makan di rumah makan ini. 😀

Layaknya rumah makan yang menyediakan beragam makanan khas melayu, Gulai Ikan Baung Asam Pedas tentunya menjadi salah satu yang paling banyak diminati pengunjung RM Upik Banun. Selain itu, ada pula Ikan Pantau yang digoreng kering, Udang Sungai goreng, Ikan Selais Salai Balado, dan Ayam Goreng Kampung. Jangan lupa semuanya disantap dengan nasi panas, daun ubi, sambal merah dan sambal hijau yang enaaaaak banget.

DSC05361 DSC05359 DSC05360 DSC05372Jangan kaget ya kalo porsi lauk pauknya seabreg-abreg. Karena memang sistem makan di sini adalah semua lauk yang tersedia akan dihidang di atas meja sesuai dengan jumlah pengunjung yang datang. Bisa dipastikan kalap deh pengen icip semua lauk pauknya! 😆

Makanya banyak yang bilang kalo makan di rumah makan ini mahal. Ya abiisss satu orang bisa makan pake ayam goreng, ikan baung, udang, ikan pantau, dan ikan selais sekaligus. Wajar aja mahal! 😆 Belum lagi kalo nambah ini itu. Pokoknya makan disini kayak gak kenyang-kenyang deh, serasa semua pengen dilahap trus pengen nambah melulu hahahaha.

Kalo dilihat-lihat, sajian lauk pauk yang ada di rumah makan ini sebenarnya biasa aja, yes? Tapi cara memasaknya memang masih sangat konvensional sekali. Saya sempat mengintip ke dapurnya, dan masih pake tungku jaman baheula aja gitu! Pantaslah nikmat. Kan katanya masakan yang dimasak dengan aroma bau asap dari tungku kayu, kenikmatannya akan berkali-kali lipat daripada dimasak dengan kompor gas biasa. Katanya yaaaa.. Saya sih setuju. Kalo kamu gak setuju, cobain aja makan di sini. 😆

DSC05367 DSC05369Yang semakin nambah nikmat kalo makan di sini juga suasananya. Angin sepoi-sepoi dan jauh dari keramaian. Serasa gak lagi di kota Pekanbaru deh. Suasana yang sepi ini seolah memang memberikan waktu bagi kita menyantap makanan yang dihidangkan. Ceilah. 😀

DSC05371Hmm.. sudah laparkah kamu ngebayanginnya? Saya sih sudah hahaha. Pas jam makan siang pula kan. Nah kalo memang mau makan siang di RM Upik Banun ini, bisa langsung meluncur ke sana. Patokannya gini, pergi ke arah Jln Sembilang Rumbai, lurus terus sampai mentok ke Pelabuhan. Nah di sebelah kiri ada jalan yang gak beraspal, masuk ke situ, lurus aja terus, nanti akan ketemu RM Upik Banun di sebelah kiri seperti foto yang saya share di atas itu. Gak ada plang namanya sih, cari aja yang paling banyak mobil parkir yah. RM Upik Banun buka dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Yang mau pesan untuk catering bisa kontak Uni Upik Banun di nomor 085265407275 🙂

Semoga Google Maps ini bisa membantu ya, lokasinya gak kedeteksi sih, tapi kurang lebih di ujung Sembilang itu posisinya.

Baca juga : Kuliner Enak di Pekanbaru #1 | Kuliner Enak di Pekanbaru #2
Advertisements

21 thoughts on “Kuliner Enak di Pekanbaru #3 : RM Upik Banun

  1. Lorraine

    Ah Lia, review resto kamu yang descriptive dan foto-foto bagus selalu bikin aku pingin cepet-cepet ke Indonesia 😉 Mantap kali masakan RM Upik Banun ini. Range harga berapa ya?

    Like

    Reply
    1. liamarta Post author

      Semoga bisa segera pulang ke Indonesia ya mbak yoyen.. Dan jangan lupa mampir ke Pekanbaru 😉

      Range harga per orang sekitar 50-100rb mba. Mahalnya ya karena semua dihidang jadi kadang kita juga yang kalap makan ini itu. Ngitungnya seperti di rumah makan padang pada umumnya, berapa yang dimakan dari yang dihidang, itu yang kita bayar 🙂

      Like

      Reply
      1. Lorraine

        Agak mahal juga ya, tapi memang autentik sih ya. Almarhum Oma dan eyang putriku dulu juga masak pake kayu bakar, lebih enak rasanya.

        Sip Pekan Baru ke kamu, Medan ke Noni, Bandung ke Ira & Fitri, tambah tujuan liburan di Indonesia karena kenal temen-temen blogger, seru. Dan artinya harus nabung lebih giat lagi 🙂

        Thanks infonya ya Lia.

        Like

        Reply
        1. liamarta Post author

          Iya mba, memang agak mahal, tapi tetep aja rame yang ke sini. Kebanyakan karena ingin nostalgia juga mba, karena rumah makan ini udah ada sejak lama. 😀

          Iya ayo mba semangat nabung. Doakan aku kesampaian Eurotrip tahun 2016 ya mba, sekalian nonton euro cup hihihi. Kalo ke Belanda kan bisa ngunjungin mbak yoyen juga 😀

          Sip, sama2 mbaa.. 🙂

          Like

          Reply
    1. liamarta Post author

      Dekat jalan sekolah kak Ajooo.. Ada jalan panjang yang menghubungkan antara pelabuhan dan bundaran chevron. Nah rumah makannya ini lebih dekat ke arah pelabuhan. 😉

      Like

      Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s