Tag Archives: Bukittinggi

Destinasi Wisata di Bukittinggi

Desember 2021 lalu adalah kali kesekian bagi saya dan keluarga mengunjungi Bukittinggi. Saat masih tinggal di Pekanbaru dulu, bisa dibilang hampir setiap tahun saat lebaran, kami pasti jalan-jalan ke Sumatera Barat, termasuk ke Bukittinggi. Karena itu, sejujurnya sempat bingung kemarin tuh mau jalan ke mana lagi, saking kayanya udah pernah dikunjungi semua. 😆

Di tulisan ini saya akan coba tuliskan destinasi wisata di kota Bukittinggi yang pernah saya kunjungi baik dulu maupun di akhir tahun 2021 lalu ya. Ada 3 destinasi yang menurut saya bisa dikunjungi dalam sehari, jadi pagi, siang, dan malam. Dengan catatan, bukan di peak season dan jalanan Bukittinggi lancar jaya. Selamat membaca!

Continue reading

Wisata Kuliner di Bukittinggi – Rekomendasi Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Sumatera Barat tanpa berwisata kuliner. Itu juga yang saya dan keluarga lakukan saat liburan dadakan ke Bukittinggi di akhir tahun lalu. Kami bahkan sengaja tidak menikmati sarapan yang disediakan oleh pihak hotel, karena mau mencari sarapan enak rekomendasi dari tetangga sebelah rumah yang asli orang Bukittinggi.

Di tulisan ini saya akan berbagi cerita tentang menu sarapan, makan siang, dan makan malam yang saya icip selama di Bukittinggi kemarin ya. Semoga bermanfaat untuk yang sedang merencanakan liburan ke sana. 😉

Continue reading

Perjalanan Dadakan ke Bukittinggi

“Kita ke Sumbar (Sumatera Barat), yuk!”

Kamis siang, 23 Desember lalu, tante saya tiba-tiba bilang gini. Awalnya sih bilang ke adik-adik saya, karena ketika ditelfon, saya lagi UAS dan dalam keadaan on cam di Zoom. Sebuah ajakan yang tentu saja langsung di-iya-kan oleh kami semua. Setelah 5 tahun tidak menginjakkan kaki di tanah Minang, tentu saja saya rindu sekali ingin kembali ke sana lagi.

Continue reading

Bunda Hotel, Rekomendasi Hotel di Bukittinggi

Salah satu tantangan berlibur ke Bukittinggi di saat peak season adalah mencari penginapan. Sebagai salah satu keluarga yang kalo liburan selalu hobi go show, keluarga saya udah entah berapa kali terpaksa mencari ‘penginapan dadakan’ karena gak melakukan reservasi jauh-jauh hari. Bahkan, kami sampai pernah menginap di masjid lho karena semua penginapan di Bukittinggi sudah full dan kami sudah terlalu lelah untuk melanjutkan perjalanan ke Padang.

Continue reading

Tips Liburan di Sumatera Barat Saat Peak Season

Sumatera Barat (Sumbar) menjadi salah satu ‘tempat pelarian’ bagi warga Riau terutama di musim liburan. Keluarga saya sendiri cukup sering pergi berlibur ke Sumbar. Berhubung waktu yang cocok untuk pergi berlibur di antara semua anggota keluarga adalah di libur lebaran, libur akhir tahun, atau liburan sekolah, sudah tentu kami termasuk salah satu yang turut meramaikan jalanan Sumbar di kala peak season.

Tahun 2010, saya dan keluarga pernah terjebak macet yang sangat parah saat melakukan perjalanan dari Pekanbaru menuju Padang. Sampai-sampai kami harus berhenti beberapa kali dan tengah malam baru sampai di Bukittinggi. Mesin mobil udah panas banget sehingga kami memutuskan bermalam di Bukittinggi sebelum keesokan harinya melanjutkan perjalanan ke Padang. Tapi namanya juga Bukittinggi di saat peak season ya, udah jelas gak dapat penginapan.

Trus jadinya nginap di mana dong? Continue reading

Jalan-Jalan (Tanpa Rencana) ke Sumatera Barat

Sepertinya, agenda jalan-jalan ke Sumatera Barat di saat libur lebaran, sudah menjadi agenda wajib bagi keluarga saya terutama jika kami merayakan lebaran di Pekanbaru. Momen jalan-jalan ini pun jadi kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh kami semua. Soalnya walaupun provinsi yang dikunjungi itu lagi itu lagi, tapi tempat wisata yang kami datangi selalu berbeda dan selalu ada cerita seru di setiap perjalanan kami tersebut.

Berbeda dengan tahun lalu di mana saat itu kami sudah punya tujuan yang jelas ingin mengunjungi Istana Baso Pagaruyung di Batusangkar, nah di tahun ini tujuannya masih gak jelas. Bisa dibilang acara jalan-jalan kali ini ya tanpa rencana sama sekali. Kalo tahun lalu kan jelas tuh ya, tujuan pertama kami ya ke Batusangkar itu. Kali ini? Sampai H-1 kami masih bingung mau ke mana. Continue reading