Tentang Hobi Berdagang

Asli ini ide postingannya random abis sih. Gara-gara saya lagi asik ngurusin lapak baru, trus tiba-tiba kepikiran untuk nulis tentang hobi saya yang satu ini.

Jadi, saya itu orangnya memang senang sekali jualan. Tapi dulu sering kebawa gak pede. Dan semacam bingung gitu mau jualan apa. Kalo sekarang yang masih rutin ya jualan konten di blog dan media sosial. :)))

Pertama kali saya memberanikan diri untuk jualan itu waktu kuliah di Bandung. Awalnya jualan pulsa ke teman-teman kampus dan pacar sendiri. Ah, keuntungan dari jualan pulsa mah gak seberapa. Paling gede 500an perak untuk satu kali transaksi. :)))

Tapi karena senang ya udah dijalanin deh itu dagang pulsa sampai bertahun-tahun. Meski pada akhirnya, keuntungannya jadi gak berasa gara-gara saya suka gak bayar kalo beli pulsa ke diri sendiri hahahaha.

Di tahun ketiga masa perkuliahan, saya mulai iseng bikin online shop di Facebook. Waktu itu Facebook lagi rame banget sama lapak-lapak dagangan. Dan saya pun jadi salah satu yang ikut meramaikan.

Yang dijual apaan?

Beraneka barang dari Pasar Baru dan Kings hahahaha. Mulai dari baju, dompet, tas, sepatu, sendal, sampai mukena.

Itu saya beneran pergi sendiri ke Pasar Baru dan Kings, pilih-pilihin baju-baju yang keliatan oke untuk dijual lagi. Trus beli banyak biar dapat harga grosir. Beberapa ada juga yang cuma saya foto-fotoin aja. Jadi baru beli barangnya kalo ada orderan.

Waktu itu saya jualannya niat banget deh. Niat level saya sampai punya mannequin setengah badan di kosan untuk jadi model foto barang-barang dagangan saya. :)))

Ngejalanin online shop ini menyenangkan sekali sih. Saya cuma modal internet di kosan doang. Upload-upload foto ke Facebook, lalu promo ke sana sini, balesin comment, rekap orderan, packing dan kirim melalui ekspedisi pengiriman. Bagian favorite saya sih rekap-rekap dan pembukuan hahaha. Kata Abang, ini sih saya banget bagian yang rapi-rapi kayak begini hehehe.

Puncak kejayaan online shop saya itu waktu lebaran tahun 2010. Saat itu, saya kepikiran untuk nyetokin barang dan dibawa ke Pekanbaru. Jadilah saya dan Abang pergi barengan ke Pasar Baru, beli ini itu, trus pulang bawa gembolan barang dagangan dengan si Tiger Merah Legendaris.

Sampai di Pekanbaru, saya bikin lapak kecil-kecilan di teras rumah. Kebetulan di depan rumah ada 2 sekolah, SMA dan SMK negeri. Jadi customer saya ya kebanyakan siswi dan guru-guru sekolah tersebut. Itu asli omzetnya lumayan banget lho untuk ukuran mahasiswi kayak saya. :)))

open house tripleseven shop

Lapak di teras rumah :)))

Long story short, karena saya mulai sibuk jadi aslab di kampus dan juga sibuk skripsi, akhirnya online shop saya itu pun terbengkalai. Setelah dipikir-pikir sekarang sayang banget sih, kayanya kalo dilanjutin bisa lumayan banget tuh. Apalagi saya udah punya pelanggan tetap hehehe.

Ketika saya pindah ke Jakarta di akhir tahun 2012 lalu, sisa stok barang dagangan saya kasihin ke ibu cuci di kosan. Saya inget deh si ibu senang banget dikasih baju, dompet, dan mukena.

Jiwa dagang saya muncul kembali saat saya pindah kerja ke Pekanbaru tahun 2013 lalu. Ceritanya saat itu mulai bosan dengan rutinitas di kantor. Akhirnya iseng-iseng sama seorang teman buka bisnis online shop bareng. Kebetulan tadinya temen saya ini punya online shop juga. Jadilah kita semacam merger gitu hehehe.

Lagi-lagi gak bertahan lama. Karena ternyata berbisnis sama teman sendiri itu ada plus minusnya. Saya pernah sih nulis tentang ini di sini.

Setelah itu saya masih belum kapok untuk dagang. Saya sempat ngambil franchise cheese stick dari salah seorang entrepreneur muda Indonesia yang mayan heits. Berdus-dus cheese stick sampai di rumah. Tapi lagi-lagi berujung pada kegagalan. Modal gak balik. Akhirnya stok cheese stick tersebut dihabiskan sendiri dan dibagi-bagiin. πŸ˜€

Perjalanan saya menjalani hobi dagang ini memang pasang surut banget. Karena saya pun orangnya moodyan banget. Sekalinya lagi seneng sama satu hal ya benar-benar bisa fokus ngerjain hal tersebut. Sekalinya bosan, ya udah gak akan deh diurusin lagi.

Tapi deep inside my heart, dari dulu saya pengen banget punya clothing line dengan brand sendiri. Belum kesampaian tapinya hahaha.

Waktu pindah ke Jakarta sama Abang, saya kan gak diizinin kerja ya, trus udah kepikiran tuh mau diseriusin lah dagangnya. Udah sempat bolak balik ke Tanah Abang untuk survey harga kain, tapi yah udah bisa ditebak sendiri kan kalo pada akhirnya rencana itu pun gak terealisasi. Karena saya sekarang pindah ke Batam.

Nah, di Batam saya malah jadi ketemu ‘lahan’ baru nih. Berhubung letak geografis Batam dekat sekali dengan Singapore, saya pun jadi kepikiran untuk buka orderan dan jasa titip belanja barang-barang di Singapore. :)))

Ini semua berawal ketika saya ke Bangkok bulan April lalu. Waktu liat snack unik di Bangkok dan saat jalan-jalan ke Chatuchak kok ya otak saya mikirnya dagang melulu hahaha. Akhirnya saya memutuskan untuk open order beberapa item. Responnya rame banget ternyata. Alhamdulillah ya, keuntungannya bisa nutup untuk beli tiket pesawat Bangkok-Singapore PP. πŸ˜€

Sejak saat itu, saya pun jadi kepikiran untuk seriusin bisnis ini. Fokus di open order dan jastip. Yang akan rutin tiap 1-2 minggu sekali sih open order dan jastip Singapore. Tapi gak menutup kemungkinan kalo saya ada rezeki traveling ke negara lain, saya akan open order dan buka jastip juga di negara-negara yang saya kunjungi tersebut. πŸ™‚

Saya termasuk jarang sih promosiin lapak dagangan di akun social media pribadi. Ya kadang-kadang doang saya post di instastory atau di Path. Seringnya malah ngiklan lewat Instagram Ads. Tapi berhubung lagi cerita soal hobi dagang ini di blog, jadi boleh kali ya saya sekalian promosi. πŸ˜€

Jadi silahkan yang mau intip lapaknya, bisa cek aja di instagram. Saya masih pake nama online shop yang sama dengan online shop saya semasa kuliah.Β Tripleseven Shop.Β Akun Instagramnya ada di @tripleseven_shop ya. Silahkan difollow. Kebetulan banget hari Sabtu besok saya mau ke Singapore nih. Kali aja ada yang mau dititip atau diorder. πŸ™‚

Eh btw, ada yang tau gak kenapa namanya Tripleseven Shop? Ini kalo orang yang kenal saya banget pasti tau nih jawabannya. Kalo yang belum tau jawabannya, simpan dulu rasa penasarannya ya, karena saya baru akan ceritain soal ini di #CeritaTanggal7 bulan depan. πŸ˜‰

Anyway, ada yang lagi ngejalanin bisnis atau punya online shop juga kah? Kalo mau promosi boleh lho share di kolom komentar. πŸ™‚

Advertisements

45 thoughts on “Tentang Hobi Berdagang

  1. Nadia Khaerunnisa

    Waaah sama mbak, saya juga seneng dagang tapinya malu-malu. Makanya sekarang zaman online shop gini merasa terbantu banget karena promosinya ga mesti face to face wkwkw. Saya jg sempet nyoba reselling beberapa item, pernah tas/backpack lokal, trus sepatu cewe, sampe tupperware! Tapi ya itu, karena bosenan jadi ujung-ujungnya discontinued hahaha. Sekarang ini yg rada difokusin sih buku anak-anak, saya jualan di IG (@perpusibun) dan online marketplace, alhamdulillah cukup berkembang. Moga bisnisnya lancar ya mbak! Sebenernya saya pengen ikut titip niii tapi bingung gimana ya, ada satu toko buku di Singapore yg jadi muse saya menjalankan bisnis ini. Nah pengen titip tapi belum survey harga dan kira-kira memungkinkan ga ya?

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Ih sama bangeetttt. Aku juga paling gak bisa nawar-nawarin ke orang yang face to face begitu. Makanya lebih suka jualan online karena tinggal berkicau aja di media sosial yak hehehe.

      Btw aku telat baca commentnya huhuhu. Nanti insya Allah kalo ke SG lagi aku sempetin liat ke toko buku itu ya mba. Btw nama toko bukunya apa mba?

      Like

      Reply
  2. Messa

    Seneng aku baca testimoni kamu Lia. Kalo dagangan enggak laku ya emang paling banter kita sendiri yg abisin 😁😁 tetap semangat sis 😁

    Like

    Reply
      1. liandamarta.com Post author

        JENG JENG! Aku baru baca commentnya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ maaf mbaaa. Barusan cek ongkirnya jne reg 31rb. Kalo beli sepatu Rubi di sana memang gak pake kotak sih mba hehehe

        Like

        Reply
        1. ndu.t.yke

          Oiya seh. Diplastikin doank ya klo Rubi. Gpp Lia. Aku jg kmrn akhirnya cek sendiri kok ongkirnya brp. Tp emg mo nitip jg telat krn kelamaan mikirnya, hahaha. Ntr klo ada Open PO lg, kabar2i di blog ya. Krn aku ga mainan IG lagi skrg.

          Like

          Reply
          1. liandamarta.com Post author

            Siap mbaaa. Insya Allah paling cepat 2 minggu setelah lebaran baru ke SG lagi. Nunggu antrian imigrasi normal kembali. Karena pengalaman dulu pas libur lebaran ke SG, ngantri imigrasi di Harbour Front bisa sampai 2 jaman πŸ˜…

            Like

            Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Hahahaha aku pun suka malu dit kalo nawar-nawarin ke orang. Makanya jarang banget dagang ke temen sendiri πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ dari dulu kalo dagang aku selalu diem2 aja hahaha

      Like

      Reply
  3. Kinan Manis

    Aku suka dagang juga mbak di kampus. Tapi udah setaun dagang jualannya cuma itu-itu aja dan nggak berani nambah jumlanya. Padahal sering larisnya. Saya masih takut takut. Takut nggak laku soalnya πŸ˜€

    Like

    Reply
  4. Nadia Indriani Karina

    Teteeeeeehhhhhh.. Asik bgt yah bisnis Jastip nya.. Sekalian travelling juga itu mah.. Aaaah aku tergiur, tapi syg nya aku di Bdg.. Fufufufu.. Aku juga jatuh bangun bgt jualan, dan bener sih ujung2 nya kalau ga laku dan terlanjur mager pst dipake sndr atau jd sedekah dikaasih ke org.. Hahaha.. Sukses terus Teteeh..

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Hahaha iyaaa sambil jalan-jalan, Nadia. So far seru sih meski cukup melelahkan hehehe.

      Meski jatuh bangun kalo udah suka mah pasti tetap semangat mulai lagi yang baru ya kan? Hahaha. Btw terima kasih yaa. Sukses juga untuk kamu 😊

      Like

      Reply
  5. Pingback: Ketika Berhasil Melawan Diri Sendiri | liandamarta.com

  6. Pingback: Memasuki ‘Dunia Halusinasi’ Yayoi Kusama di National Gallery Singapura | liandamarta.com

  7. Pingback: (That-so-called) Solo Trip : Dari Batam ke Kuala Lumpur | liandamarta.com

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s