Cerita Lebaran Tahun Ini

Halo! πŸ™‚

Sebelumnya saya mau mengucapkan mohon maaf lahir batin ya. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Semoga kita bisa melanjutkan kebaikan-kebaikan yang kita lakukan selama bulan Ramadhan di bulan-bulan selanjutnya. Dan semoga kita masih terus diberi umur panjang untuk bertemu kembali dengan Ramadhan tahun depan. Aamiin. πŸ™‚

***

Saya baru sempat update blog sekarang nih, setelah minggu lalu mudik ke Batam dan baru balik ke Pekanbaru lagi hari Selasa kemarin.

Jadi untuk tahun ini keluarga saya lebaran di Batam. Berkumpul dengan oma-opa dan keluarga yang ada di Batam. Uncu (adik Mama paling kecil) yang tinggal di Duri juga ikutan ke Batam karena ada rencana mau jalan-jalan sekeluarga di hari lebaran ketiga. Acara jalan-jalan ini jadi rutinitas tiap kali lebaran, mumpung keluarga lagi ngumpul lengkap.

Keluarga saya (ayah, mama dan adik-adik) sudah berangkat duluan ke Batam hari Sabtu tanggal 2 Juli 2016. Sementara saya dan suami menyusul di hari lebaran kedua (hari Kamis, 7 Juli 2016).Β Yes, sayaΒ berlebaran di rumah mertua saya di Pekanbaru dulu baru berangkat ke Batam.

Tahun ini jadi kali pertama bagi sayaΒ menjalani lebaran hari pertama gak bareng sama keluarga saya. Kalo tahun lalu, karena dua keluarga sama-sama berlebaran di Pekanbaru jadi gak terlalu susah bagi waktunya. Tinggal pindah rumah aja. Nah kali ini karena beda kota jadi mesti diatur sebaik mungkin supaya bisa tetap merasakan berlebaran di dua keluarga.

Sedih sih gak ketemu keluarga saya setelah sholat ied seperti yang sebelumnya dilakukan. Tapi ya, setelah dijalani alhamdulillah ternyata semuanya berjalan baik-baik saja. Karena toh keesokan harinya di hari lebaran kedua, saya udah kumpul lagi sama keluarga saya di Batam. πŸ˜€

Rutinitas lebaran hari pertama di keluarga suami saya sih hampir sama setiap tahunnya. Pagi-pagi setelah sholat ied, biasanya langsung ziarah ke makam Opung Godang dan Opung Nenek (kakek dan neneknya suami). Trus melanjutkan perjalanan ke rumah saudara-saudara yang dituakan. Di tiap rumah biasanya ada banyak sajian makanan yang khas. Nanti kapan-kapan saya ceritain deh soal makanan-makanan ini yah. Yang jelas, tiap kali keliling ke rumah-rumah ini, pasti pulang dengan perut kenyang. πŸ˜€

Bicara soal makanan, salah satu yang paling bikin saya galau di momen lebaran kemarin itu karena tiap kali lebaran saya merasa kurang afdol kalo gak makan opor ayam bikinan Mama. Jadilah kemarin nitip pesan ke Mama dan keluarga di Batam untuk nyisain opor ayam dan paru balado buat saya. Dan bener aja dong, begitu sampai di rumah tante saya di Batam, saya bisa langsung menyantap lontong kacau bikinan Mama beserta opor ayam dan paru baladonya.

Duh, nikmatnya….. :’)

2

Foto makanan lebaran Mama 2 tahun lalu.

Di rumah Mama, menu makanan yang selalu ada ya ini: lontong, opor ayam, gulai nangka, paru balado dan rendang. Selain itu biasanya Mama juga bikin kue kering sendiri, kayak nastar, putri salju, semprit, kastengel, kue keju, dll. Trus biasanya juga ada kue-kue basah seperti bolu kemojo, puding, dan amris.

Semuanya itu dibikin sendiri lho sama Mama. Saya belum sempat belajar semua resepnya. Ntar deh kapan-kapan belajar bikin trus sayaΒ shareΒ resepnya di blog yah hehehe.

Singkat cerita, sesuai rencana di lebaran ketiga (hari Jum’at, 8 Juli 2016) saya bersama keluarga besar pergi jalan-jalan. Kalo di beberapa tahun terakhir, jalan-jalannya ke Sumatera Barat melulu (karena lebaran di Pekanbaru dan destinasi terdekat ya ke Sumbar hehehe), kali ini destinasi jalan-jalannya adalah keΒ Bintan. Yeay! Bakalan main-main di pantai nih. πŸ˜‰

Selama di Bintan kami banyak menghabiskan waktu di Lagoi. Ada apa aja di sana? Nanti saya ceritakan di postingan berikutnya, ya! πŸ™‚

Anyway, ini cerita lebaran saya tahun ini. Kalo kamu, bagaimana cerita lebaranmu? Pastinya lebaran akan selalu jadi momen yang menyenangkan karena bisa berkumpul bersama keluarga tercinta. πŸ™‚

Advertisements

13 thoughts on “Cerita Lebaran Tahun Ini

  1. IndahJuli

    Minal aidin wal faizin, Lia πŸ™‚
    Daku sejak mama bapak meninggal udah seperti anak hilang, nggak tau mau lebaran di mana πŸ˜€
    Sejak tinggal di Yogya 2 tahun lalu, malah adik-adik yang datang berlebaran ke Yogya πŸ™‚

    Like

    Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s