Pentingnya Memiliki Asuransi Sejak Dini

Sebulan lagi, saya akan memasuki usia kepala tiga. Fase usia baru yang membuat saya jadi mikir banget tentang banyak hal. Salah satunya tentang jaminan kesehatan.

Saya mau cerita dulu tentang beberapa pengalaman orang-orang terdekat saya terkait jaminan kesehatan ini. Ada 3 kejadian berbeda yang membuat saya semakin mikir pentingnya punya asuransi sejak dini.

Cerita pertama tentang Ayah dan adik laki-laki saya yang sempat dirawat di rumah sakit dalam kurun waktu berbeda. Ketika itu, keduanya sama-sama dibawa ke UGD salah satu rumah sakit swasta di Batam. Setelah diperiksa oleh dokter, akhirnya diputuskan untuk rawat inap. Ayah bekerja di BUMN dan mendapatkan fasilitas layanan kesehatan yang cukup lengkap. Hal ini sangat memudahkan kami dalam proses administrasi dengan pihak rumah sakit. Tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun, semua layanan rumah sakit dapat kami terima dengan baik sampai kondisi kesehatan Ayah dan adik membaik.

Cerita lain datang dari adik sepupu saya yang sempat dirawat di beberapa rumah sakit di Batam hingga akhirnya memutuskan untuk berobat ke Johor Bahru. Cerita lengkapnya pernah saya tulis di tulisan ini. Ketika masih berobat di Batam, tante saya mengandalkan BPJS sebagai asuransi kesehatan. Namun, karena BPJS tidak dapat digunakan untuk berobat di luar negeri, jadi selama proses berobat di Johor (yang masih berlangsung sampai saat ini), semua biaya ditanggung sendiri.

Kejadian lainnya saya alami sendiri ketika mengurus almarhum suami yang mengalami kecelakaan di akhir 2016 lalu. Saat itu, kami hanya punya asuransi BPJS saja. Namun, karena rumah sakit yang dituju saat itu tidak menerima BPJS, akhirnya semua biaya pengobatan ditanggung dari tabungan pribadi dan bantuan dari pihak keluarga. Saat itu, banyak teman-teman yang menyarankan saya untuk mencari rumah sakit yang menerima BPJS. Tapi dengan mempertimbangkan kondisi Abang yang butuh penanganan segera, saya sudah tidak peduli apakah ditangani dengan BPJS atau tidak. Karena bagi saya ketika itu adalah, Abang ditangani dengan tim dokter yang terbaik. πŸ™‚

Tiga kejadian di atas, membuat saya semakin mikir betapa pentingnya memiliki asuransiΒ kesehatan sejak dini. Karena kita gak pernah tau apa yang gak akan terjadi.

Alhamdulillah kalo diberi nikmat sehat terus.

Alhamdulillah kalo diberi rezeki untuk bisa berobat ke dokter atau rumah sakit.

Tapi kalo nggak? πŸ™‚

black mirror what GIF by NETFLIX

Terkait jaminan kesehatan ini, saya melihat sekarang jadi lebih mudah sejak adanya BPJS Kesehatan. Iuran bulanan yang tidak terlalu mahal, dapat dijangkau oleh banyak kalangan.

Tapi memang, setiap asuransi, termasuk BPJS Kesehatan, pasti ada plus minusnya. Dan bagi sebagian orang, melindungi diri dengan asuransi tambahan, menjadi pilihannya.

FYI, saya sendiri saat ini selain menggunakan BPJS Kesehatan juga menggunakan asuransi kesehatan lain yang diberikan oleh kantor. Sejauh ini cukup efektif bagi saya. Ketika mau berobat, saya tinggal memilih mau dicover dengan asuransi yang mana. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat itu.

Bagi teman-teman yang mungkin tidak mendapatkan jatah perlindungan asuransi kesehatan dari kantor, dan di sisi lain merasa kurang puas dengan layanan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan, menurut saya tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan menggunakan asuransi tambahan.

Bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang baik? Dari pengalaman saya selama ini, disesuaikan aja dengan kebutuhan dan kemampuan teman-teman.

Tentukan layanan apa saja yang masih dibutuhkan dan belum dicover dengan asuransi yang sudah dimiliki sebelumnya. Tentukan pula berapa besar premi yang sanggup teman-teman bayarkan per bulannya. Kondisi ini pasti berbeda-beda bagi tiap orang.

Nah, untuk memudahkan teman-teman dalam mencari dan membandingkan layanan asuransi yang dibutuhkan, sekarang ada lifepal, yaitu marketplace khusus asuransi. Di marketplace ini, ada banyak pilihan asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, sampai asuransi kecelakaan. Semuanya bisa teman-teman pilih menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. πŸ™‚

Untuk lebih jelasnya, bisa cek langsung aja ya di websitenya lifepal.co.id atau intip-intip di media sosialnya @yourlifepal.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari perlindungan kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga. Kalo ada yang punya pandangan lain tentang asuransi, silakan tulis di kolom komentar ya! πŸ˜‰

Advertisements

2 thoughts on “Pentingnya Memiliki Asuransi Sejak Dini

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s