5 Hal Seru Yang Dinanti di Momen Lebaran

[SPONSORED POST]

Ada yang mulai merhatiin gak kalo sekarang ini di TV mulai bermunculan iklan-iklan salah satu brand sirup yang terkenal di Indonesia?

Artinya apa hayoooo kalo iklan tersebut udah mulai sering tayang di TV? Hihihihi.

Banyak yang menganalogikan kalo iklan brand sirup tersebut frekuensi tayangnya udah mulai sering, itu artinya sebentar lagi masuk bulan Ramadhan. Dan memang benar lho. Tanpa sadar, bentar lagi kita masuk bulan Ramadhan. Kurang lebih sebulan lagi. Oh, how time flies yaaaa..

Zaman kecil dulu, bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang saya tunggu-tunggu. Bukan hanya karena biasanya di bulan tersebut saya libur sekolah (well, biasanya ada pesantren kilat sih seminggu, tapi setelah itu kan libur ya hehehe). Tapi juga karena saua tau di penghujung Ramadhan ada satu momen yang paling dinanti-nanti. Yaitu momen hari raya Idul Fitri atau lebaran. Setelah melewati puasa 30 hari full di bulan Ramadhan dan sampai di momen lebaran itu rasanya luarrrr biasa yah. Semacam jadi momen selebrasi dengan berbagai keseruan yang ada di momen tersebut.

Nah, bagi saya dan (mungkin) sebagian orang, ada beberapa keseruan di momen lebaran yang pastinya juga dinanti-nanti.

Apa sajakah keseruan itu? Ini dia. 🙂

1. Mudik

Di 1-2 minggu sebelum lebaran, biasanya berita-berita di TV mulai menayangkan tentang berita arus mudik di sekitaran Pulau Jawa. Waktu saya kecil, saya dulu selalu ngebayangin kayaknya seru ya kalo bisa mudik via darat seperti yang ada di berita-berita itu. Gak jarang kadang yang mudik sampai harus nginap di perjalanan. Tapi bagi saya sih itu seru, soalnya belum pernah ngalamin jadi penasaran pengen ngerasain hehehe.

Trus kalo cerita mudik saya, gimana?

Nah saya ini kan aslinya gak punya kampung. Tapi karena dulu Mama saya pindah dari Pekanbaru ke Batam, dan orang tua dari pihak Mama ada di Pekanbaru, jadi dulu kami sekeluarga mudiknya ya ke Pekanbaru. Kalo sekarang kebalikannya, mudiknya ke Batam. Karena sekarang keluarga saya pindah ke Pekanbaru tapi orang tua dari pihak Ayah ada di Batam. 🙂

Bagi saya, mudik itu ibarat jalan-jalan. Kapan lagi coba bisa berpergian bersama keluarga dengan formasi lengkap kalo gak saat lebaran. Kalo di momen lainnya ada aja pasti yang berhalangan ikut kan. Trus kalo udah mudik, pasti disempetin sekalian jalan-jalan liburan ke mana gitu. Kalo mudiknya ke Pekanbaru, biasanya sambil roadtrip ke Sumatera Barat. Kalo mudiknya ke Batam, beberapa kali jalan-jalan bareng
keluarga ke Singapore atau Tanjung Pinang. Seru banget kan tuh jalan-jalan bareng keluarga besar. 🙂

Lebaran 2014 jalan-jalan ke Istana Baso Pagaruyung di Batusangkar

Lebaran 2014 jalan-jalan ke Istana Baso Pagaruyung di Batusangkar

2. Kumpul Keluarga

Masih berkaitan dengan poin nomor 1. Kalo udah mudik, itu artinya kumpul-kumpul dengan keluarga besar. Ketemu dengan saudara-saudara yang udah lama gak ketemu.

Semakin saya besar, rasanya momen kumpul keluarga jadi hal yang paling males saya datangin. Apalagi kalo bukan karena menghindari pertanyaan-pertanyaan yang gak ada habisnya itu. Saat masih kuliah, ditanya kapan lulus. Setelah lulus, ditanya-tanya soal kerjaan. Abis itu ditanya kapan nikah. Sudah nikah, eh ditanya kapan punya anak. Kayaknya setiap orang pernah merasa kesel karena ditanya-tanya begini ya? Atau saya aja? 😆

Tapi terlepas dari itu semua, yang namanya kumpul sama keluarga besar pastinya jadi hal seru yang gak bisa dirasakan setiap saat. Makanya dimanfaatin banget deh momen kumpul keluarga ini dengan semaksimal mungkin. 🙂

3. Beli Baju Baru

Lebaran selalu identik dengan baju baru. Gak cuma baju doang sih, sepatu juga, tas juga, pokoknya semua kudu baru hahaha.

Waktu saya masih kecil, pasti aja orang tua ngajakin kita seharian jalan-jalan ke mall untuk belanja baju baru dan perlengkapan lebaran lainnya. Anak kicik pasti seneng dong ya, karena itu artinya bisa bebas beli baju apapun yang disuka. 😀

Kalo sekarang, saya udah rada males sih belanja baju di mall. Rame, ceu! Gak puas juga belanja belenjinya. Lagian di jaman dihital gini, apa sih yang gak ada di internet ya kan? Shopping jaman sekarang mah online aja keleus. Ndak perlu desak-desakan di mall. Tinggal duduk manis depan laptop atau gadget, dan bisa pilih-pilih baju sesuka hati. Pas browsing-browsing, eh lagi ada  Koleksi Lebaran dari Zalora Indonesia yang lucu-lucu kaakkk. Bikin saya bingung mau beli yang mana. 😆

4. Banyak Makanan

Bukan lebaran namanya kalo gak banyak makanan enak. Minimal ketupat, gulai nangka, rendang, dan opor ayam pasti ada di rumah-rumah. Setiap kali jalan silaturahmi ke rumah-rumah saudara atau teman, pasti aja makan lontong. Terutama di hari pertama lebaran tuh. Kalo di hari-hari berikutnya biasanya lebih bervariasi ya, ada yang bikin bakso, sate, dll.

2

Jadi gak heran deh kalo saat lebaran perut bisa begah saking banyaknya makan. Makanan bersantan pula kan hehehe.

5. THR

Kalo kita yang udah gede-gede ini kadang males ikut silaturahmi ke rumah keluarga besar karena males ditanya-tanya, nah beda dengan anak kicik. Mereka mah semangat banget diajakin jalan-jalan ke rumah keluarga atau kerabat. Karena apa? Ya karena si THR ini hahaha.

Saya terakhir kali dapat THR ya jaman sebelum lulus kuliah. Tahun 2011 deh kalo gak salah, waktu masih skripsi. Sekarang mah boro-boro dapet THR, giliran saya yang ngasihin THR ke sepupu dan ponakan-ponakan hehehe.

***

Kalo kamu, apa keseruan di momen lebaran yang kamu ingat? 🙂

Advertisements

33 thoughts on “5 Hal Seru Yang Dinanti di Momen Lebaran

  1. denaldd

    Semuaaa yang kamu sebutin pasti bikin kangen suasana Lebaran Lia. Terutama makanannya, karena ada satu makanan keluarga yang unik pasti nongolnya pas Lebaran. Lodeh laos, duuhh jadi ileran sendiri aku sekarang haha.
    Kebayang lebaran kali ini sepinyaa gimana. Sholat dimana juga masih belum cari info akunya dimana masjid terdekat. Ah, pasti mewek ntar lebaran pertama dinegara orang 😊
    Momen nanya2 dikeluarga itu emang rasanya pengen jitakin yang nanya. Ga selesai2 juga pertanyaan hidup.

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Lodeh Laos itu masakan apa mbak? Jadi penasaran 😀

      Waaah iya ya mbak denald tahun ini pengalaman pertama puasa dan lebaran di negara orang ya? Gak mudik tah mbak? Mudah-mudahan dimudahkan ya nanti puasa pertama di sana mbak. Semangatttt.. *peluk*

      Like

      Reply
      1. denaldd

        Bahan utamanya Laos, Lengkuas kalo bahasa Indonesianya. Dimasak pakai santan dan pedas sekali 🙂
        Panggil Deny aja Lia 🙂
        Iya, tahun pertama puasa 19 jam nih, uji nyali haha. Ga mudik Lia, baru juga pindah 4 bulan ini. Amiinnn thanks Lia 🙂 buatmu juga yaa *peluk juga

        Like

        Reply
  2. mysukmana

    Mudik udah gak, krn simbah2 udh g ada..ada nya saudara simbh.mudikny ke ortu..he2 tp dkt n msh 1 kota..kalau yang lain ngabuburit he2..

    Like

    Reply
  3. HM Zwan

    mudik pastinya,tapi tahun ini g bisa lebaran di Jawa dan pulang ke Batam huhuhu…..jadi stay cool di Siak 😦 ,paling2 jalan ke Pekanbaru,secara g punya sodara disini jadi begitulah hehehe…

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      *puk-puk mbak HM*
      Sabar ya mbaaak. Ajak suami jalan-jalan ke Sumbar aja mbak. Tapi jangan ke Bukit Tinggi, pasti macet banget soalnya hehe. Cari destinasi lain di Sumbar yang seru dan gak terlalu rame pas lebaran. 😀 Atau kalo ke Pekanbaru, siapa tau kita bisa bersua 😉

      Like

      Reply
  4. Kiky

    banyak sih kak, sebenarnya yg dikangenin momen puasanya, ngumpul sama keluarga sama teman teman yg diluar kota kan balik kesini juga. Kalo lebaran sih yg aku kangenin lontong sama opor ayam,Sama mudik ke jawa berhubung tahun ini gakbisa mudik yaa ditahan dulu lah wkwk

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Iya bener, puasa dan lebaran juga jadi ajang reuni sama teman-teman lama yaaa.. Seru banget emang hehehe.

      Aku mendadak lapar dan pengen lontong + opor ayam nih, Kiky hahaha.

      Like

      Reply
  5. mawi wijna

    Aduh, gimana ya mbak? Klo menurutku 5 hal seru yang mbak bilang itu:

    1. Mudik = di mana-mana macet, jalan-jalan jadi ga seru
    2. Kumpul keluarga = NO untuk keluarga jauh karena rata-rata “kepo”
    3. Baju baru = cowok sih nggak terlalu tertarik, hehehe
    4. Banyak makanan = 1 – 3 hari OK, setelahnya eneg kebanyakan santan + manis
    5. THR = buat yg sudah kerja tapi hidupny pas-pasan, ngasih THR itu berasa gimana gitu…

    Eh, kok yang aku sebut hal2 negatif semua yak? Hahaha 😀
    Tapi memang buat saya klo pas lebaran itu mending di rumah saja. Aman damai sejahtera. 😀
    Walaupun ya… jadi nggak bersosialisasi…

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Hahahaha wah akhirnya aku dapat pandangan lain soal lebaran. Thanks yaaa.. Ujung-ujungnya memang tergantung masing-masing orang ya ngerasanya gimana hihihi. 😉

      Like

      Reply
  6. alrisblog

    Yang dinanti saat lebaran itu ada makanan yang kadang ketemunya saat lebaran thok. Di kampung saya ada doa bersama yang dilaksanakan setelah sholat ied dilaksanakan di tiap rumah dengan peserta para tetangga dan perantau yang pulang kampung. Setelah doa dilanjutkan makan bersama dilanjutkan bakucindan alias bercerita ngalor ngidul dengan sanak famili dan teman.
    Beli baju baru saya sudah membatasi, kalau baju lebaran lama masih bagus layak pakai gak beli baju baru.

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Ada tradisi yang unik juga ya di kampungnya mas Alris. Dan itu pasti jadi hal yang selalu dirindukan setiap kali mau lebaran ya mas 🙂

      Kalo baju baru, sekarang pun saya juga gak terlalu mikirin. Tapi jaman kecil dulu kayaknya semangat banget kalo udah mau lebaran karena bisa beli baju baru hehehe.

      Like

      Reply
  7. Emaknya Benjamin br. Silaen

    Yg mudik bahagia bertemu keluarga, yg di kota besar jakarta bahagia krn jalanan bebas macet 😀 . Makan2 itu paling seru, lupakan dulu berat badan yg penting menikmati makanan yg mungkin bisa dinikmati setahun sekali 😀 .

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Jalanan Jakarta kosong melompong ya mbak di momen lebaran, banyak temen-temenku yang di Jakarta excited banget dan heboh upload foto jalanna Jakarta yang kosooong hihihi.

      Iya 3 hari pertama lebaran lupain dulu berat badan, abis itu baru diet lagi 😀

      Liked by 1 person

      Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s