Yang Baru di Batam

Sewaktu mudik ke Batam lebaran kemarin dan juga kunjungan ke Batam beberapa bulan sebelumnya, saya banyak menemukan tempat-tempat baru di Batam yang layak untuk dikunjungi. Berikut review singkatnya :

1. Masjid Jabal Arafah

Masjid Jabal Arafah berlokasi di kawasan Nagoya, Batam. Tepatnya di sebelah pintu timur pusat perbelanjaan Nagoya Hill. Masjid ini letaknya memang di atas bukit. Posisinya di sebelah kiri dan sederetan dengan Hotel Nagoya Plaza, Martabak Sari Eco, dan Bank Mandiri. Masjid ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 2012 lalu, tapi sampai saat ini proses pembangunannya masih dalam tahap penyelesaian. Bulan Ramadhan tahun lalu, alhamdulillah saya berkesempatan untuk sholat tarawih di masjid yang memiliki desain interior yang cakep ini.

Karena posisinya berada di atas perbukitan, suasana di masjid ini jadi terasa adem sekali. Anginnya sepoi-sepoi bikin ibadah juga terasa semakin nyaman. Interiornya didominasi dengan gaya minimalis modern. Saya paling suka dengan lafadz Allah yang ada di plafon area sholatnya. Cakep! Tempat wudhu dan kamar mandi juga didominasi dengan interior yang cantik, terkesan mewah tapi gak ‘heboh’. Di bagian bawah masjid yang berdekatan dengan tempat wudhu, ada cafetaria buat tempat duduk-duduk sambil ngobrol selepas sholat. Area taman yang berada di dekat cafetaria juga menambah kesan cantik dan asrinya Masjid Jabal Arafah ini.

image_zps9d0e64ceIMG_3163Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi cons nya, menurut saya. Salah satunya adalah tempat parkir masjid yang masih sangat terbatas. Sepertinya lahan parkir juga masih dalam tahap pengerjaan. Selain itu, posisi tangga dari tempat wudhu wanita menuju area sholat berada tepat di sebelah area sholat pria, tanpa pembatas apapun. Jadinya, kalo kita (perempuan) baru selesai wudhu di saat yang lain udah mulai sholat, pas jalan dari arah tempat wudhu ke area sholat wanita, kita akan bersisian dengan bapak-bapak atau mas-mas yang lagi sholat di shaf pertama. Agak aneh aja sih kalo menurut saya. πŸ˜€

2. Kultur Resto, Nagoya Citiwalk

Seperti yang sudah saya ceritakan disini, saya dan teman-teman Kejora memilih Nagoya Citiwalk sebagai tempat untuk berbuka puasa. Nagoya Citiwalk ini adalah salah satu tempat hang out baru di Batam. Konsepnya mirip-mirip Ciwalk-nya Bandung atau Citos-nya Jakarta. Lebih mirip Citos sih kayanya. Soalnya areanya area tertutup gitu, kalo Ciwalk kan lebih ‘menjual’ area terbukanya. Di Nagoya Citiwalk ini banyak outlet-outlet menarik yang akan buka. Yang sudah beroperasi beberapa di antaranya adalah Takigawa Resto, Mr. Pancake, Kultur Resto, dsb. Sedangkan outlet lain yang akan menyusul ‘nangkring’ di sini antara lain : Starbucks, Excellso, The Little Things She Need, Rice Bowl, and many more.

Nah, ketika berbuka puasa kemarin, kami memutuskan untuk makan di Kultur Resto. Tampilan resto ini menurut saya sih biasa aja ya. Tapi makanannya endeus maksimal bok. Kemarin atas rekomendasi salah seorang teman, kami pun memesan Ayam Petai Cabe Ijo-nya. Enak! Pedesnya pas, asin-asin gurihnya pas. Enaklah pokoknya. Hehehe. Selain Ayam Petai Cabe Ijo ini, beberapa menu lain yang juga enak adalah baby octopus (saya lupa nama menunya apaan) dan capcaynya. Minuman yang saya pesan juga seger deh. Namanya kalo gak salah Iced Lychee Mint gitu deh. Harga juga masih worth it banget kok. Harganya hampir merata untuk menu yang kami pilih itu masing-masing berkisar 25-30 ribu. Dan satu menu itu bisa dimakan 2-3 orang lah. Lumayan murah kan yah.

Untitled-1Minusnya adalah pelayanannya yang rada kurang memuaskan. Jadi kemarin waktu kita buka puasa di sana, si pelayannya itu leleeeeeet banget deh ngelayaninnya. Minta dianterin piring kosong aja lama banget deh, sampai akhirnya kita jalan sendiri ke bagian dapurnya dan minta langsung piring beserta sendok-garpu yang gak dianter-anter itu. Trus katanya kan ada free ta’jil gitu kan ya, tapi gak dikasihin ke kita. Yah saya maklumin deh ya mungkin karena masih baru jadi ‘kaget’ gitu karena banyak pelanggan pas buka puasa kemarin. Semoga ke depannya lebih baik lagi deh pelayanan si Kultur Resto ini.

3. Mr. Pancake, Nagoya Citiwalk

Kunjungan pertama saya ke Nagoya Citiwalk ini justru waktu bulan Juni lalu, saat saya mendatangi acara pernikahan salah seorang sahabat saya. Nah waktu itu, saya dan personil Kejora lain sempat malam mingguan bareng. Kami mengunjungi Mr. Pancake di Nagoya Citiwalk. Sebelumnya saya sering ngelirik si Mr. Pancake ini di Penvil Jakarta. Tapi belum pernah melipir untuk nyobain. Baru nyobain ya pas di Batam ini hehehe.

Pada dasarnya saya memang pencinta pancake, apalagi kalo ada es krim dan pasta coklatnya. Bagi saya kategori rasa pancake itu cuma ada dua : enak dan sangat enak. Nah kalo si Mr. Pancake ini masuk ke kategori pertama. Enak tapi bukan tipikal foodgasm yang bikin nagih dan kebayang-bayang sepanjang hari hihihi. Tempatnya lumayan kece lah ya, cucok untuk nongki-nongki sama temen/pacar. Kalo harga sih standar harga-harga pancake ala cafe pada umumnya, sekitar 20-30 ribu. Oh ya, selain pancake, di Mr. Pancake ini juga ada menu lainnya seperti berbagai macam olahan nasi, steak, sandwich, pasta, soup, dan salad. πŸ™‚

IMG_2394

4. La Bamba Restaurant, Nagoya Mansion

Ada gedung baru lagi nih di Batam yang berlokasi di Jln Imam Bonjol. Namanya Nagoya Mansion Hotel & Residence. Nah, panitia acara berbuka puasa bersama alumni SMA Negeri 1 Batam memilih La Bamba Restaurant yang berada di lantai 3 Nagoya Mansion ini sebagai tempat berbuka puasa tahun ini. Per orang dikenakan biaya 65rb rupiah saja. All you can eat! Uwoowww.

Menurut pendapat saya pribadi, tidak semua makanan hotel itu enak. Setuju, saudara-saudara? Tapi pendapat tersebut tidak berlaku untuk La Bamba Restaurant. Ini bukan postingan berbayar loh ya, ini murni review dari lubuk hati saya yang paling dalam. :mrgreen: Rasa makanan di La Bamba Restaurant ini menurut saya endeus cin. Baik itu ta’jil, kue kecil ataupun makanan beratnya. Semuanya enak. Worth it lah bayar 65rb untuk bisa icip-icip semua makanannya.

Favorite saya waktu itu adalah salah satu menu lauk yang berupa tahu yang dilumuri tepung (kayanya sih tepung kanji), soalnya jadi krenyes-krenyes kenyal gitu deh, kayak-kayak makan cireng gitu. Trus ditumis dengan kuah kecap yang agak-agak kental gitu. Ah susah ngejelasinnya. Enak lah pokoknya. Ada juga es buah yang isinya ada buah naga, lychee, dan peach gitu. Walau kurang seger karena gak disajikan dingin, tapi menurut saya rasanya oke juga lah. Gak terlalu manis, dominan rasa buah naganya itu. Warnanya pun cakep ya kan. Trus ada juga kue-kue lain seperti lapis legit, lemper, dan teman-temannya. Menurut pengakuan teman saya yang lain juga rasanya pada enak-enak. Puas deh!

IMG_3206Tempat berbuka puasa akan terasa lebih oke di mata saya kalo mereka menyajikan tempat sholat yang proper. And, they did it! Ada satu ruangan khusus yang besar, yang dijadikan tempat sholat, lengkap dengan mukena dan sajadahnya. Secara keseluruhan oke juga nih tempatnya, walau lahan parkir rada susye. View kota Batam pun kelihatan jelas dari La Bamba Restaurant ini, meskipun restaurant cuma berada di lantai 3 tapi posisi bangunannya memang ada di atas bukit gitu.

Daaan, acara makan malam pun terasa lebih seru karena diiringi dengan live music yang dibawakan oleh mas-mas ini :

IMG_3214

5. Bubur Ayam Teteh, Mega Legenda

Nah kalo ini adalah tempat sarapan bubur ayam yang direkomendasikan oleh tante saya. Sudah 2x saya datang sarapan kesini. Dan yes, rasanya enak! Standar rasa bubur ayam Mang Oyo yang di Bandung itu sih. Tapi kalo di Batam atau Pekanbaru gitu kan emang rada susah ya cari bubur ayam dengan cita rasa yang pas di lidah. IMHO sih hihihi.

Bubur Ayam Teteh ini berlokasi di kawasan pasar di Mega Legenda. Tempatnya selalu ramai pengunjung. Terakhir kali ke sana aja, saya datang di hari Minggu which is itu adalah hari keempat lebaran. Agak deg-degan juga takut si buryam ini gak buka. Soalnya saya udah promosi kenceng ke Ayah dan adik-adik saya hahaha. Eh, ternyata buka dong. Dan ramai pula. Untung aja waktu itu masih kebagian tempat buat makan di sana.

Seperti buryam-buryam pada umumnya, buryam ini disajikan pake suwiran ayam, cakue, dan kacang (kalo saya lebih suka gak pake kacang hehe). Lalu ada pula pelengkap lainnya, yaitu sate paru, sate ati, sate empela, dan sate telur puyuh. Trus ada sawi asin juga. Rasanya gimana? IH ENAK BANGET. Susah dideskripsikan deh, mending cobain langsung. πŸ˜† Harga seporsi buryam ini 10rb rupiah aja. Sedangkan si sate-sateannya itu harganya 3rb/tusuk. Pelayannya ramah-ramah, orang sunda asli sih kayanya, soalnya logatnya sunda pisan lah. πŸ˜€

Untitled-2

Advertisements

42 thoughts on “Yang Baru di Batam

  1. RY

    Aiiih kweren banget masjidnya ya Li, di bagian atasnya ada tulisan Allah yang cantik.
    Jadi mupeng main ke Batam. Insyaallah bisa sampe sana ya πŸ™‚

    Like

    Reply
    1. liamarta Post author

      iya mbak ry, cantik banget ya lafadz Allah itu. kalo malem terutama, soalnya lampunya nyala πŸ™‚ iya Amiiinn aku doain bisa mampir ke Batam ya mbak πŸ˜‰

      Like

      Reply
      1. liamarta Post author

        haha itu fotonya asal jepret aja, trus taunya pada merem semua. pas mba nella komen gitu aku pun inget2 lagi emang iya ya pada tuna netra, tapi seingetku mereka gotong2 alat musik ke kolam renang kok, bisa ngeliat berarti πŸ˜†

        Like

        Reply
  2. ndutyke

    waw masjidnya keren bgt πŸ™‚ moga2 kedepannya sudah ada pembatas antara tempat jalan keluar wudhu dgn shaf sholat pria. krn iya, rada aneh emang, qeqeqe. btw KEJORA itu apa? Kelompok Jomblo Sejahtera?

    Like

    Reply
    1. liamarta Post author

      iya mbak, emang agak aneh nih. kesian juga kan bapak2 sama mas2nya jadi ndak khusyu’ solat gara2 liat ciwek2 abis wudhu kayak aku ini *eh πŸ˜†

      hampir tepat, kelompok jomblo cerita, maklum aja ya mbak nama itu dibuat saat kita masih labil hahahaha

      Like

      Reply
    1. liamarta Post author

      emang cucok sih untuk merit mba, akad dan resepsi di situ, udah oke banget lah ya tempatnya πŸ™„
      iya mesjid agung bandung kacau banget, udah berubah fungsi kayanya ya, dari tempat sholat jadi tempat nongkrong2 😦

      Like

      Reply
  3. sondangrp

    dan malam=malam begini, buray itu mengiurkan sekali, Liaaa.
    Mesjidnya kayak di film-film ya, kayak bukan di Indonesia deh macam di Turki-Turki gitu *liat film juga siih*

    Like

    Reply
  4. mama-nya Kinan

    mohon maaf lahir dan batin yah mbak..:)
    wah mbak mudik kebatam yah..ini masih dibatam kah?? saya balik batam 13 agustus langsung nyeberang ke bintan…wah aku tahu masjid itu…disebelah nagoya hill konon katanya pak supir taxi beberapa bulan lalu itu dibangun sama pak asman nur atau siapa yah anggota dpr RI yang skg nyalon lagi…beliau sukses berawal dari toko emas katanya…nggak tahu benar atau salah cerita soal masjid baru ini…:)
    wah nagoya tempat belanja saya tuh…atau kalo tak ke BCS mall yang ada gramedianya..:)

    Like

    Reply
    1. liamarta Post author

      hehe iya mama Kinan, saya kemarin mudiknya ke Batam πŸ˜€ sekarang sih udah balik lagi ke Pekanbaru.
      yup betul, setau saya masjid itu juga dibanung oleh salah seorang anggota DPR RI. masjidnya bagus yaaa.. ^^

      hihihi, BCS itu deket sama rumah saya di Batam loh mbakkk πŸ˜‰ nanti kalo saya ada main ke Batam atau mungkin berkunjung ke Bintan, kita kopdaran yuks ^^

      Like

      Reply
    1. liamarta Post author

      emang beneran bagusss.. apalagi kalo malem lampu2nya cakep. itu yang tulisan Allah cuma saya edit contrastnya aja kok πŸ˜€ kalo yang foto selanjutnya ada efek filter instagram juga πŸ˜›

      Like

      Reply
  5. tinsyam

    suka deh ada mesjid yang plafonnya tulisan allah.. keren.. kalu tiduran sambil diinget dan ngobrol sama allah..

    minuman buah leci, buah naganya mantap tuh..

    Like

    Reply
  6. Pingback: Jalan-Jalan di Batam | liandamarta.com

  7. Pingback: Menikmati Batam dari Menara Masjid Jabal Arafah | liandamarta.com

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s