Berkeliling Batam dalam Beberapa Jam

Seandainya cuma punya waktu beberapa jam untuk berkeliling kota Batam, kira-kira enaknya jalan-jalan ke mana ya?

#CeritaAkhirPekan hari ini adalah lanjutan dari cerita akhir pekan minggu lalu saat saya dan sepupu menikmati pemandangan kota Batam dari atas menara Masjid Jabal Arafah. Setelah dari Masjid Jabal Arafah, saya dijemput oleh tante saya.

Kebetulan tante saya lagi kedatangan teman kuliahnya yang belum pernah ke Batam. Sayangnya beliau cuma punya waktu satu malam, atau lebih tepatnya beberapa jam saja untuk berkeliling kota Batam. Nah lho, trus enaknya dibawa jalan-jalan ke mana ya?

Berhubung ini adalah kali pertama bagi teman tante saya ini mengunjungi Batam, jadi malam itu kami memutuskan untuk mengunjungi 2 icon kota Batam. Tujuannya ya apa lagi kalo bukan foto-foto! :))

Tujuan pertama adalah Jembatan Barelang.

Saat itu sudah hampir jam 8 malam ketika kami sampai di jembatan Barelang. Di sepanjang kanan dan kiri jembatan terlihat banyak muda mudi sedang menghabiskan waktu bersama sambil menikmati aneka jajanan.

Niatnya ingin ke Barelang kan ingin foto-foto ya. Tapi ternyata gak ada lampu yang menerangi tiang-tiang jembatannya. Hanya lampu jalan saja yang nyala di sepanjang jalan.

Berhubung udah nyampe di sana ya, jadi ya sudah tetap harus foto-foto. Kami pun pindah ke salah satu spot terbaik untuk mengambil landscape jembatan Barelang secara keseluruhan. Namanya kalo gak salah Bukit Dendang Melayu. Duh itu kalo lampu-lampu jembatannya nyala semua pasti kece banget deh nih fotonya. 🙂

dsc02326

Pemandangan Jembatan Barelang di Malam Hari

Next time saya mau ke Dendang Melayu lagi deh. Pasti kece berat ya pemandangannya kalo siang hari.

Saya terakhir kali ke Barelang itu awal tahun 2015 lalu. Waktu itu salah satu agenda jalan-jalan di Batam saya dan Abang adalah ke Barelang ini. Tapi kami belum tau kalo ada spot kece si Dendang Melayu ini. Jadilah saya cuma bisa ngambil tiang-tiang jembatannya aja. Gak punya foto landscape jembatan utama secara keseluruhan.

DSC01443

Jembatan Barelang

Malam itu di atas bukit Dendang Melayu sepi banget sih. Mungkin karena udah jam 8 malam dan malam Senin pula. Tapi ada beberapa kios yang masih buka. Yang saya perhatikan sih kios-kios itu jualan aneka jajanan dan jagung bakar. Saya gak cobain sih jadi gak bisa ngasih gambaran juga gimana rasanya.

Oh ya, untuk masuk ke bukit Dendang Melayu ini, dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 per mobil.

Setelah puas berfoto dengan background jembatan Barelang yang menjadi salah satu landmark kota Batam ini, kami pun melanjutkan perjalanan. Tujuan berikutnya adalah tulisan Welcome to Batam.

Saya sering banget lihat tulisan ini jadi background foto teman-teman saya. Tapi saya gak tau persis di mana spot terbaik untuk ngambil foto dengan background tulisan tersebut.

Malam itu kami pun mengitari Batam Centre, melewati Masjid Raya Batam, dan sampai ke Asrama Haji. Ternyata di seberang Asrama Haji itu ada sebuah lapangan yang saat musim haji digunakan sebagai lahan parkir. Di sanalah ternyata orang-orang banyak berkumpul demi mendapakan foto yang proper dengan background tulisan Welcome to Batam ini.

dsc02334

Cakep, ya?

Kalo di siang hari, tulisan Welcome to Batam ini ala-ala tulisan Holywood yang terkenal itu lho. Ah, saya juga belum punya nih stok foto si tulisan ini di siang hari. Berarti fix, next time saya harus ke sana lagi saat langit masih terang! 😀

Di sekitar lapangan Asrama Haji ini ada banyak jajanan dan juga permainan-permainan untuk anak-anak. Malam Senin aja pengunjungnya lumayan rame. Apalagi kalo malam minggu ya hehehe.

Masuk ke sana gak mesti bayar apa-apa. Cukup bayar parkir aja.

Yah segitu aja Cerita Akhir Pekan hari ini. Asli saya gak ada persiapan apa-apa untuk nulisnya. Sampai sejam lalu masih bingung mau nulis apa untuk konten Cerita Akhir Pekan minggu ini. Karena di weekend kemarin saya disibukkan dengan beberapa kegiatan jadinya gak sempat explore kota Batam untuk mencari konten.

Tapi semoga tulisan ini bermanfaat deh ya. At least, kalo ada yang seperti temannya tante saya ini, cuma punya waktu beberapa jam saja di Batam, kamu sudah tau mau ke mana. Pokoknya wajib banget deh foto-foto di landmark-nya kota Batam, supaya sah udah pernah mengunjungi Batam! 🙂

Yang mau nambahin ide tempat-tempat yang wajib untuk dikunjungi dalam satu malam di kota Batam, silahkan lho tambahkan di kolom komentar. 🙂

Advertisements

29 thoughts on “Berkeliling Batam dalam Beberapa Jam

  1. Ata

    Aku baru ke Batam sekali doang Kak, cuma transit doang pun. Ga sampe 5 jam. Diajakin temenku makan sup Ikan yang rasa vetsin (tapi enak hihi) dan ke Nagoya apa ya kalo ga salah gara-gara mau beli parfum. Mau lagi ke Batam, belom ke tempat-tempat di atas.

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Kamu ke Batam buat nyeberang ke negeri tetangga yaaa? 😀 Iya nanti kalo ke Batam lagi jalan-jalan ke Barelang yaaa.. Tapi enaknya siang sih kalo ke sana, karena ternyata kalo malem lampu-lampunya kurang kece. 😀

      Like

      Reply
  2. alaniadita

    Dulu aku pernah juga ke Barelang Malem, kirain cantik. Ternyata persis kaya foto kak Lia. Mihik.

    Kalo ke tulisan WTB, orang orang batam menyebutnya, aku belom pernah dong 😂😂

    Like

    Reply
  3. Gara

    Suka deh foto tiang-tiang jembatannya itu, Mbak. Dan meski lampunya nggak nyala semua pun bukannya jadi jelek. Jembatannya malah jadi berwibawa begitu, gelapnya membuat suasana agak dramatis, hehe. Oke, kalau ke Batam fix harus ke dua lokasi sini, baik siang maupun malam, supaya lengkap kenang-kenangan landmark di kota ini, hoho.

    Like

    Reply
  4. Kiky

    Sama dong kak aku ke barelang itu malam -__- terus waktu ke WTB itu siang hari dan lagi panas banget terus ngejar pulang ke pku jadi gak sempet foto -__-

    Kalo ke Batam lagi kayaknya harus bikin itinerary yg jelas hahaha

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Ah, Sop Ikan Yong kee. Wajib banget itu dicobain kalo di Batam. Beberapa teman yang udah pernah coba di Jakarta memang bilang rasanya beda. Yang di Batam lebih enak dan ikannya lebih segar 🙂

      Like

      Reply
  5. z. imama

    Halo. Mbak. Wah foto jembatannya kalau sudutnya dari situ kelihatan keren sekali jadi kayak pesawat alien :”)))

    Saya belum pernah ke Batam. Semoga kapan-kapan tercapai. Amin.

    Like

    Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s