Belajar Digital Marketing Lewat Buku

Saya udah lama banget ingin belajar Digital Marketing. Tapi belum kesampaian untuk ikutan training atau belajar langsung dengan para ahlinya. Baru ngulik-ngulik sendiri aja dan belajar dari artikel-artikel yang tersebar di laman pencarian.

Di Pekanbaru, saya kenal dengan salah seorang mastah di bidang Digital Marketing. Namanya bang Marah Adil. Beliau sudah sering sekali mengadakan training Digital Marketing untuk para pelaku UKM. Baik di Pekanbaru, maupun di kota-kota lainnya.

Saya sempat tertarik untuk ikutan salah satu trainingnya yang diadakan di Jakarta pada bulan Agustus lalu. Tapi karena satu dan lain hal, akhirnya batal ikutan.

Bicara soal bisnis, pengalaman saya masih cetek banget sih. Dulu waktu jaman kuliah cuma pernah jualan ala sista-sista online shop aja. Saat itu saya memanfaatkan Facebook untuk jualan, karena Instagram belum ada. Dan di jaman itu, Facebook memang lagi booming banget. Hasilnya? Dagangan saya laris manis. Keuntungannya lumayan banget buat nambah uang jajan.

Trus karena kesibukan saya sebagai mahasiswa tingkat akhir yang juga nyambi jadi teteh aslab, akhirnya online shop tersebut pun terabaikan begitu saja. Sempat beberapa kali mencoba ‘menghidupkannya’ kembali, tapi cuma bertahan beberapa bulan doang, setelah itu diabaikan lagi. Gitu aja terus.

Waktu pindah ke Jakarta bulan Juni lalu, berhubung saya gak dibolehin kerja sama almarhum Abang, akhirnya saya memutuskan untuk jadi sista online shop lagi. Belum sempat diseriusin, kejadian tersebut terjadi dalam hidup saya.

Meskipun begitu, saya tetap ingin mendalami dunia Digital Marketing. Sebagai anak dihital, pastinya apa pun yang akan saya kerjakan nanti, akan banyak bermain di ranah ini. Terlebih saat ini saya sedang menyiapkan beberapa project sebagai langkah awal untuk mewujudkan mimpi besar saya.

Alhamdulillah kesempatan mempelajari Digital Marketing datang di akhir tahun 2016. Bang Adil yang saat ini telah meluncurkan buku berjudul Panduan Praktis Digital Marketing untuk Pebisnis, menghubungi saya seminggu yang lalu. Beliau mau ngirim buku ini ke saya, katanya. Wah dengan senang hati saya terima.

Saat kiriman bukunya sampai beberapa hari lalu, saya langsung baca isinya sampai tuntas. Dan siap untuk dipraktekkan di project yang sedang saya persiapkan ini. 😉

dsc02137

Buku Panduan Praktis Digital Marketing (PPDM) ini menurut saya wajib banget dimiliki untuk para pebisnis, khususnya pelaku UKM, yang ingin merambah dunia digital untuk meningkatkan omzet bisnisnya.

Di era pengguna internet yang semakin banyak ini, sayang sekali kalo para pebisnis atau pelaku UKM gak memanfaatkan internet untuk area marketingnya. Secara biaya, sudah pasti jauh lebih terjangkau. Yang paling penting, potensi pasar di internet dan social media itu besar sekali, dan akan terus bertambah seiring perkembangan zaman.

Materi-materi di buku ini merupakan materi yang selalu dishare oleh Bang Adil di setiap sesi trainingnya. Jadi bagi yang belum berkesempatan untuk ikutan training Digital Marketing dari Bang Adil, bisa banget mulai belajar step by step-nya dari buku ini dulu.

Emangnya apa aja sih yang dibahas di buku PPDM ini?

Secara garis besar, materi yang ada di buku PPDM ini dibagi ke dalam 7 bagian/sesi, yaitu:

  1. Niche Market
  2. SEO Basic (Optimasi Mesin Pencari)
  3. Konten
  4. Social Media
  5. Facebook & Instagram Ads
  6. Marketplace
  7. Database Pelanggan

Materi-materi tersebut disusun sedemikian rupa, seperti layaknya sebuah training. Jadi sebelum masuk ke sesi pertama, ada sedikit penjelasan mengenai apa itu digital marketing dan hal-hal lain yang perlu dipahami sebelumnya.

Penjelasan dari setiap materi yang ada di buku ini dikemas dengan sederhana dan mudah dipahami. Di setiap materi disertai pula dengan contoh kasus yang dapat membantu kita untuk lebih memahami materi tersebut.

Yang paling penting dari buku ini adalah bukan sekedar membaca dan memahami materinya saja. Tetapi juga praktek langsung dari setiap penjelasan yang diberikan. Untuk itu, di setiap akhir penjelasan materi, disediakan pula work sheet dan check list form yang bisa langsung kita isi. Di akhir bab penutup, juga tersedia final check list agar kita bisa mengukur sejauh apa kita sudah memahami keseluruhan materi dari buku ini.

Kuncinya belajar Digital Marketing adalah praktek. Karena kan teknis banget ya. Jadi kalo baru baca bukunya sekali dan masih belum paham, gak usah khawatir. Baca lagi dan praktek lagi. Sampai benar-benar paham. Kalo masih bingung, mungkin bisa colek-colek bang Adil untuk cari tau kapan jadwal training berikutnya. 😉

Materi favorite saya di buku ini adalah tentang SEO Basic. Saya belum pernah belajar SEO secara khusus sebelumnya. Jadi kalo ada yang nanya gimana beberapa postingan blog saya bisa nangkring di page one Google, saya bingung juga ngejelasinnya. Karena memang gak ada pake teknik-teknik SEO di dalamnya. Setelah baca buku ini, baru deh saya mulai paham poin-poin penting dari SEO ini. Sambil baca materinya, saya langsung cek dan ricek ke beberapa postingan blog saya. Berusaha mempelajari polanya sesuai dengan penjelasan yang ada di buku ini.

Materi kedua yang saya suka adalah tentang Facebook & Instagram Ads. Saya juga belum pernah belajar tentang Ads ini sebelumnya. Tapi udah pernah ngulik-ngulik dan naikin beberapa postingan blog saya di Facebook Ads. Yang paling sering pasang iklan di fanpage saya sih almarhum Abang. Saya gak begitu ngerti teknisnya. Seringnya juga kalo ngiklan di Facebook Ads ya trial and error aja. Nah, setelah baca penjelasan tentang Facebook & Instagram Ads di buku ini, baru deh saya mulai ngerti tentang teknisnya, terutama tentang bagaimana mengerucutkan target audiens.

Selain kedua materi tersebut, materi-materi lainnya juga bagus banget. Recommended banget deh buat yang ingin belajar Digital Marketing, terutama para pebisnis dan pelaku UKM. Jangan sampai bisnis kita jadi ketinggalan sama yang lain hanya karena belum melebarkan sayap ke dunia digital. 🙂

Anyway, gimana cara dapatin buku PPDM ini?

Buku ini dijual secara indie. Jadi kalo mau beli, silahkan order langsung melalui WhatsApp ke nomor 081378760490. Harganya Rp297.000 per buku. Gunakan kode promo LIAMARTA saat pemesanan untuk mendapatkan potongan harga sebesar Rp100.000. 😉

Mau bukunya gratis?

Saya lagi bikin giveawaynya nih di Instagram. Ada 1 buku yang akan saya bagikan gratis kepada yang beruntung. Silahkan cus melipir ke account Instagram saya @liamarta.

Bagi pebisnis, khususnya para pelaku UKM, penting sekali untuk melebarkan sayap ke dunia digital. Pasar digital ini sangat luas dan potensial. Sayang jika dilewatkan begitu saja. . Buku ini recommended banget untuk dipelajari kalo ingin menguasai teknik Digital Marketing sederhana. Materinya diambil dari materi training Digital Marketing yang telah diadakan oleh penulisnya, bang @marahadil, di berbagai kota dan melahirkan banyak alumni dengan kenaikan omzet yang luar biasa. . Penjelasan singkat mengenai buku ini dan bagaimana cara memesannya, sudah saya publish di blog. Silahkan mampir ke liandamarta.com ya 🙂 . Anyway, saya punya 1 buku ini untuk dibagikan gratis. Ayooo siapa yang mauuuu? 😉 . Caranya gampang banget! 🎀 Follow account instagram @liamarta 🎀 Ceritakan di comment: kamu punya bisnis apa (boleh mention akun IG bisnisnya jika ada) dan kenapa kamu ingin punya buku ini. 🎀 Jawaban ditunggu sampai hari Kamis, 5 Januari 2017 jam 23.59 wib 🎀 Pemenang akan diumumkan tanggal 7 Januari 2017 di Insta Story @liamarta dan update di blog liandamarta.com . Saya tunggu partisipasinya ya. 😊 #liamartagiveaway

A post shared by Lianda Marta | liandamarta.com (@liamarta) on

Saya jamin gak akan rugi kalo memutuskan memiliki buku ini. Sudah banyak alumni training Digital Marketing yang diadakan oleh bang Marah Adil di bawah bendera Satunama Digital yang terbukti menunjukkan peningkatan omzet yang cukup signifikan. Salah satunya, bisnis toko kue milik mertua saya, L’Cheese Factory. 🙂

Semoga postingan ini bermanfaat ya. Dan semoga bagi yang sudah memutuskan memiliki bukunya, bisa langsung merasakan dampaknya. The power of Digital Marketing.

Ada yang sudah punya pengalaman dengan Digital Marketing? Boleh lho share ceritanya di kolom komentar. 🙂


Update 7 Januari 2016 22.06 wib

Terima kasih untuk yang sudah berpartisipasi di #liamartagiveaway di akun Instagram @liamarta. Selamat untuk @fairyteeth yang berhasil mendapatkan 1 buah buku Panduan Praktis Digital Marketing dari Marah Adil. Semoga bermanfaat untuk pengembangan bisnisnya. 🙂

Advertisements

21 thoughts on “Belajar Digital Marketing Lewat Buku

  1. shiq4

    Saya nggak ngerti sama sekali sama digital marketing. Belum pernah bisnis online sih. Adik saya yg biasanya jualan lewat FB. Klo pun ada yg saya tahu, itu pasti SEO saja agar blog saya dikunjungi lebih banyak orang.

    Like

    Reply
  2. alrisblog

    Masa depan kayaknya, -menurut saya- akan dikuasai oleh digital marketing. Ini penyebabnya orang malas offline, pengen yang praktis. Lagian digital marketing hemat diongkos.

    Buku Panduan Praktis Digital Marketing untuk Pebisnis sudah dijual bebaskah? Saya mau beli.

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Iya benar banget, Mas. Secara praktiknya juga digital marketing lebih praktis dan hemat diongkos dibandingkan marketing jalur offline. Dan gak kebayang ntar ke depannya dunia digital akan serame apa, pastinya lebih rame lagi daripada sekarang ya. 😊

      Buku ini dijual secara indie. Bisa order via WhatsApp ke nomor 081378760490. Ada potongan 100rb rupiah per buku kalo pake kode LIAMARTA saat pemesanan 😊

      Liked by 1 person

      Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Untuk iklan di Instagram, kita harus punya Fan Page di Facebook dulu, Win. Jadi nanti Ads Manager nya ada di Facebook. Aku pun masih belajar nih, baru tes-tes doang cara pasang iklan di Instagram. Step by step nya cukup mudah dipahami sih, tapi gimana mengerucutkan targetting audiensnya itu yang agak tricky. Biar iklannya kena ke sasaran yang dituju. 😀

      Like

      Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s