Kalender Event Pariwisata Provinsi Riau Tahun 2016

Provinsi Riau ternyata punya banyak event pariwisata menarik yang bisa dikunjungi. Saya yang tinggal di ibukota provinsi ini aja baru tau sekarang dan honestly belum pernah melihat langsung event-event tersebut. Trus jadi penasaran deh pengen bisa keliling kabupaten dan kota yang ada di Riau untuk melihat langsung gelaran event pariwisata tersebut. 😀

Nah, Menteri Pariwisata Republik Indonesia bapak Arief Yahya bersama Gubernur Riau bapak Arsyadjuliandi Rachman secara resmi telah meluncurkan kalender event pariwisata Provinsi Riau untuk tahun 2016. Peluncuran ini dilakukan di Gedung Sapta Pesona Jakarta pada hari Jum’at tanggal 27 Mei 2016 lalu.

Apa saja event-event yang diluncurkan tersebut? Ini dia. 🙂

1. Bakar Tongkang (Bagansiapiapi, 20-21 Juni 2016)

Event ini dilakukan setiap hari ke-15 bulan keenam dalam penanggalan Tionghoa di kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Ritual bakar tongkang ini bertujuan untuk memperingati kedatangan leluhur masyarakat Tionghoa di kota Bagasiapiapi serta untuk memperingati ulang tahun dewa Khi Hu Ong Ya. Setiap ritual ini berlangsung, masyarakat Tionghoa yang ada di kota Bagansiapiapi akan memenuhi kota Bagansiapiapi hingga acara selesai.

Bakar Tongkang, Bagansiapi-Api 4

Ada kepercayaan bagi masyarakat Tionghoa di kota Bagansiapiapi, jika setelah dibakar tiang tongkang jatuh ke arah darat, maka rezeki mereka akan ada di darat. Namun jika setelah dibakar tiang tongkang jatuh mengarah ke laut, maka mereka percaya rezeki mereka akan ada di laut.

Bakar Tongkang, Bagansiapi-Api

Di tahun 2016 ini, ritual Bakar Tongkang ini akan digelar tanggal 20-21 Juni 2016 di kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

2. Pacu Jalur (Kuantan Singingi, 24-28 Agustus 2016)

Pacu Jalur adalah sebuah event perlombaan mendayung perahu di tepian sungai Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Event ini telah bertahan selama lebih dari seabad.

Awalnya pacu jalur ini dibuat untuk merayakan ulang tahun Ratu Wilhelmina di zaman penjajahan Belanda. Setelah masa penjajahan berakhir, pacu jalur ini masih tetap berlangsung sampai saat ini untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

6

Tahun ini, event Pacu Jalur ini akan diadakan pada tanggal 24-28 Agustus 2016 di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

3. Tour de Siak (Siak Sri Indrapura, 21-25 September 2016)

Event pariwisata selanjutnya di tahun 2016 ini adalah Tour de Siak, yaitu perlombaan balap sepeda yang juga telah melibatkan pebalap nasional dan mancanegara. Di event ini, para peserta akan bersepeda mengelilingi kota istana Siak Sri Indrapura.

Di tahun ini, event Tour de Siak akan diadakan pada tanggal 21-25 September 2016 mendatang.

4. Gema Muharram (Indragiri Hilir, 1-2 Oktober 2016)

Gema Muharram adalah salah satu event wisata religi yang ada di Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Dalam event ini, akan diadakan beberapa kegiatan dan hiburan bernuansa islam seperti istiqotsah, musik qasidah, pembacaan shawalat Nariyah, syair, dsb.

Gema Muharram ini akan diadakan di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau pada tanggal 1-2 Oktober 2016 mendatang.

5. Bekudo Bono (Pelalawan, 4-6 November 2016)

Event Bekudo Bono adalah salah satu event yang sudah cukup terkenal terutama di kalangan peselancar dunia. Event ini cukup menarik, karena jika biasanya peselancar berselancar di gelombang laut, maka di event Bekudo Bono ini para peselancar akan berselancar di gelombang sungai. Tepatnya di pertemuan dua gelombang dari Selat Malaka dan Sungai Kampar.

Bono Pelalawan 2

Pertemuan dua gelombang tersebut merupakan sebuah peristiwa alam yang terjadi di Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau dan oleh masyarakat setempat dikenal dengan sebutan Bono. Dulunya, gelombang ini ditakuti oleh masyarakat sekitar muara sungai Kampar karena berbalut legenda 7 hantu. Namun sekarang, ombak Bono yang tingginya bisa mencapai 6 meter ini justru dicari oleh peselancar dari seluruh penjuru dunia.

Keunikan berselancar di gelombang sungai ini konon hanya ada 2 di dunia: di Kuala Kampar Riau dan di Sungai Amazon. Karena keunikannya itulah, ombak Bono saat ini cukup dikenal di kalangan surfer mancanegara.

Bono Pelalawan 3

Tahun ini, event pariwisata Festival Bekudo Bono akan diadakan di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, pada tanggal 4-6 November 2016 mendatang.

6. Riau Marathon (Pekanbaru, 11 Desember 2016)

Riau Marathon adalah event race lari mengelilingi kota Pekanbaru. Sambil berlari, para peserta Riau Marathon ini bisa menyaksikan landmark-landmark yang menjadi ciri khas ibukota Provinsi Riau ini. Rencananya, event Riau Marathon ini akan diadakan pada tanggal 11 Desember 2016 mendatang di kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

***

Gimana? Menarik kan ya event-event pariwisata yang ada di Provinsi Riau? Saya aja penasaran ingin datang langsung melihat keenam event tersebut. Terutama event Bekudo Bono yang jadi salah satu event unggulan pemerintah Provinsi Riau. Udah sejak 2 tahun lalu pengen melihat festival Bekudo Bono tapi belum kesampaian. 😀

Yang penasaran dengan event-event pariwisata tersebut, saya cuma bisa bilang satu hal ini: Ayo ke Riau! 😉


All photos credit to Bayu Amde Winata – lensawisata.com

Advertisements

26 thoughts on “Kalender Event Pariwisata Provinsi Riau Tahun 2016

  1. fanny fristhika nila

    udh lama bgt dari terakhir aku ke riau.. pas masih SD dulu.. jd bisa dibilang udh lupa semuanya :D.. menarik nih event2nya.. aku trutama pgn bgt bisa ngeliat yg bekudo bono.. bukan berarti jago selancar, tapi penasaran aja seperti apa sungai yg bertemu dengan selat :).. biasa kan ngeliat ombak itu ya di pantai, bukan sungai gini ^o^

    Like

    Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s