Cottonwood Bed & Breakfast House Bandung

Di Bandung ada banyak sekali tempat-tempat lucu yang bisa dikunjungi. Entah itu cafe atau penginapan. Salah satunya Cottonwood Bed & Breakfast House. Penginapan yang mengusung interior gaya victorian ini jadi salah satu incaran saya saat mau berlibur di Bandung bulan lalu. Lihat websitenya, bikin mupeng bok, tempatnya lucu banget! 😀

Seminggu sebelum berangkat, saya booking kamar di Cottonwood via websitenya. Di Cottonwood ini cuma ada 9 kamar dengan tema berbeda. Awalnya saya ngincar yang Mulberry Tree atau Popple Tree. Kedua kamar itu didominasi warna biru dan merah. Lucu aja gitu lihatnya, instagram-able banget. Apalagi yang Mulberry Tree, temanya british-british gitu. Ah, gemes!

Sayangnya, kedua tipe kamar itu ternyata memang tipe kamar favorite di Cottonwood dan dua-duanya udah full booked di tanggal kedatangan saya. Hiks, sedih deh. Tapi saya tetap mau nginap di sana, jadi ya udah saya pilih aja tipe kamar yang Walnut Tree. Kalo lihat dari fotonya sih, kamar Walnut Tree ini bertemakan Edgy Industrial gitu.

Kesan pertama saat saya dan Abang sampai di Cottonwood adalah “feels like home”. Gimana nggak, penginapan ini dulunya adalah rumah penduduk. Letaknya juga di dalam kompleks perumahan. Cottonwood Bed & Breakfast House terdiri dari 3 lantai dan 1 basement. Basement yang semula adalah tempat parkir disulap menjadi mini cafe yang dibuka untuk umum dan juga merupakan tempat breakfast untuk tamu penginapan. Di lantai pertama ada receptionist, gallery dan souvenir shop, serta beberapa kamar tamu. Kamar lainnya (termasuk kamar saya) terletak di lantai 2 dan lantai 3 yang merupakan attic room hanya boleh dimasukin oleh owner Cottonwood.

Ada yang unik dari penginapan ini saat kita check in. Jadi, pengunjung akan diberikan semacam kotak pensil yang didalamnya berisikan voucher sarapan untuk 2 orang, remote AC, remote TV, dan kunci kamar. Semuanya harus dikembalikan lagi saat check in. Kalo ada remote yang hilang, kita harus membayar ganti rugi.

DSC09499

Saat sampai di kamar, kalo biasanya hotel-hotel pada umumnya memberikan sandal hotel for free bagi pengunjungnya, tapi tidak dengan Cottonwood. Awalnya saya udah kegirangan ya ngelihat sandal hotelnya yang lucu banget. Sandalnya model sandal kamar yang empuk gitu, trus disimpan di dalam tas yang juga lucu. Eh tapi pas baca keterangannya, ternyata sandal hotel itu tidak untuk dibawa pulang, melainkan harus dikembalikan lagi ke tempatnya. Kalo berminat bawa pulang sandalnya, bisa dibeli di receptionist seharga Rp30.000 per sandal. Saya pastinya beli dong, lumayan buat kenang-kenangan hehehe.

DSC09503Nah, gimana dengan kamarnya?

Wow, beneran homey dan tematik banget kamarnya. Kamar saya kan bertema Edgy Industrial ya. Nah, berbagai furniture di dalam kamar, mulai dari tempat tidur, meja lampu, lampu tidur, dan rak, semuanya bertemakan Edgy Industrial. Trus yang saya suka, kalo lampu di atas tempat tidur dinyalakan dan lampu utama dimatikan, suasananya remang-remang syahdu gitu hihihi. Cocok bangetlah buat yang mau honeymoon, ihik! 😛

Oh ya, kalo berminat bawa pulang tempat tidur, rak, lampu, atau furniture lainnya, ada pricelistnya tuh di meja. Harganya mulai dari 50rb sampai belasan juta. 🙂

DSC09594

DSC09497 DSC09500Trus untuk sarapannya, masing-masing kamar diberikan voucher sarapan untuk 2 orang. Sarapannya di mini cafe yang terletak di basement. Model sarapan bukan ala ala buffet kayak di hotel berbintang, melainkan pilih langsung menu yang kita inginkan. Ada beragam pilihan menu makanannya, sedangkan untuk minuman bisa pilih hot cappuccino, hot tea, atau hot coffee. Untuk air putih bisa direfill setiap saat.

Trus kalo sarapannya gak cukup gimana?

Ya kalo masih laper, pesan lagi ajah. Namanya juga cafe ya, jadi mereka menyediakan pilihan menu lain yang bisa dipesan. Saya dan Abang yang perut karet dan tergiur dengan beragam menunya memutuskan untuk nambah pesan 1 menu lain, yaitu special mixed omelette. Menu gretongannya kita pilih macaroni panggang, bread & egg, hot tea, dan hot cappuccino.

DSC09558 DSC09555

DSC09556 DSC09541 DSC09540Yang saya suka menginap di Cottonwood ini karena harga kamarnya affordable (weekday sekitar 350an, weekend sekitar 400an), staffnya juga ramah banget dan helpful sekali. Trus model kamarnya yang homey banget buat kita berasa nginap di rumah sendiri. Selain itu, interior dan furniture yang lucu-lucu itu pastinya bikin kita betah banget berlama-lama di sana demi bisa mengeksplor semua sudut Cottonwood Bed & Breakfast House ini.

Mulai dari cafe sampai koridor kamar, semuanya lucu-lucu dan instagram-able banget. A very must visit place to stay di Bandung deh ini. Very recommended! 🙂

Well, daripada saya banyak ngoceh, mending lihat foto-fotonya aja yuk. Berikut ini foto-foto di mini cafenya Cottonwood Bed & Breakfast House.

DSC09516 DSC09514

DSC09507 DSC09508 DSC09513 DSC09544 DSC09547

Foto pengunjung beserta testimoninya

Di lantai 1 samping receptionist, ada sebuah ruangan yang dijadikan gallery dan souvenir shop. Berbagai pernak pernik lucu dan bahan craft bisa dibeli di sana. Saat saya intip harganya, masih wajar kok. 🙂

DSC09575 DSC09577 DSC09580 DSC09578

Di salah satu sudut koridor di lantai 1, disediakan sebuah papan untuk tempat testimonial para tamu. Cara pengisian testimonialnya pun unik. Jadi, sebelum pulang, kita akan dikasih postcard cottonwood ini untuk diisi dengan testimonial kita selama menginap di sana. Trus postcardnya bisa digantung di sini. 😉

DSC09574
DSC09586 DSC09603Saya puas puas puas banget nginap di Cottonwood. Minusnya sih cuma satu, lokasinya rada jauh dari pusat kota Bandung. Cottonwood memang terletak di dalam kompleks perumahan, di samping jalan tol Cibaduyut. Kalo mau ke sana kudu rental mobil/motor atau naik taksi. Tapi kalo udah nginap di sana, saya sih mending ngendon seharian di kamar dan malas mau keluar-keluar. 😛

Well, tempat ini bakal jadi tempat yang pengen saya kunjungi lagi kalo liburan di Bandung. Apalagi saya belum kesampaian nginap di kamar Mulberry Tree-nya. Ya kan? Hihihi. 😉

Kamu gimana? Tertarik nginap di sana? 😉

***

Cottonwood Bed & Breakfast House

Jln. Mustang B2-1A

Bandung

Advertisements

68 thoughts on “Cottonwood Bed & Breakfast House Bandung

    1. liamarta Post author

      Mbaaa dirimu muncul juga, aku lihat semua pernak perniknya terutama yang di souvenir shop langsung inget mba tyke. Kalo ke bandung cobain nginep di sana deh mbaa 😉

      Like

      Reply
    1. liamarta Post author

      Iya dalamnya lucu dan bagus banget deh mbaaa. Betah banget aku di sana, gak bosen2 merhatiin tiap detail furniture2 lucunya 😆

      Eh, rumah mbak Nia di mustang jg ya? Jaman kuliah aku beberapa kali main ke daerah sana, soalnya ada rumah temen kuliahku di situ juga 😀

      Like

      Reply
          1. nyapurnama

            iya, kalau dulu suka ada razia, kendaraannya kan harus pake stiker itu kan.. tapi kayaknya sekarang jarang banget liat ada razia.. lumayan kan motong jalan, daripada macet lewat pasteur… x)))

            Like

            Reply
        1. liamarta Post author

          Oh i see, temenku ada yang tinggal di Gunung Batu, pernah beberapa kali ke sana juga. Nanti kalo aku ke Bandung, aku kabarin ya mbak, biar bisa kopdaran 🙂

          Like

          Reply
  1. Efi

    Wiih cakep nih hotelnya. Aku yang urang Bandung baru ngeh 😀 Lah, sanda kamar 30 rebu segitu mah aku juga mau lah beli. Konsepnya hotel ini unik banget, ya. 🙂

    Like

    Reply
  2. mutia

    Duuuh…Bisa ngamuk kalo nggak nyobain. Interiornya “Saya” bangettt! Bisa jadi tumpuan nih, buat yang memendam rasa pengen interior rumah dirombak semua!

    Like

    Reply
  3. fikacu

    lokasi persisnya dimana sih mba?? keluarnya tol mana?? aku rencana mudik ke bandung libur tahun baru ini tapi liat cottonwood ko jd pengen nginep d situ.. asal mamaku ga ngamuk aja anaknya mudik ko nginep d rumahnya.. hahaha..

    Like

    Reply
    1. liamarta Post author

      Kalo dari arah Jakarta, pas masuk tol Bandung, di perempatan lampu merahnya, ambil ancang-ancang ke kiri (ke arah Maranatha), belok, trus langsung belok lagi di belokan pertamanya sebelah kiri. Nah masuk jalan itu (jalannya persis bersisian sama pintu tol), trus nanti ada plang jalannya, jalan Mustang. Kalo gak salah, jalan kedua di sebelah kanan. Dari situ tinggal lurus aja. Cottonwoodnya ada di sebelah kiri, di hook 🙂

      Hahaha sekali2 gitu mah, nginep di hotel yang lucu2 hihihi

      Like

      Reply
    1. liamarta Post author

      Deket pintu tol mbak, kalo dari arah flyover, di perempatan tol-surya sumantri, belok kanan (arah marnath) trus langsung belok kiri. Jalannya bersisian dengan pintu tol 😀

      Like

      Reply
  4. Pingback: Tour de Hotel | My Life, My Story

  5. Pingback: Staycation di Cottonwood Bed & Breakfast | Males Mandi

  6. Cuna

    Hi mba,
    Salam kenal, saya dengan Cuna dari Cottonwood Bed & Breakfast House Bandung.
    Wah…senang sekali baca disini ternyata semua antusias yaa =)

    Terima kasih banyak lohhh buat kunjungannya di hunian kami yang sederhana ini.
    Salam hangat buat para sahabat di blog Liandamarta.com =)

    Like

    Reply
    1. liandamarta.com Post author

      Halo Cuna, salam kenal kembali 🙂
      Iyaaa semuanya antusias banget karena desain Cottonwood Bed & Breakfast yang lucu dan fotogenic hihihi. Saya dan suami pun senang banget bisa merasakan nginap di sana. 🙂

      Like

      Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s