Tentang Hantaran dan Souvenir Pernikahan

Ketika mempersiapkan pernikahan beberapa waktu lalu, salah satu momen yang ditunggu-tunggu adalah saat belanja belenji untuk hantaran. Ya namanya pun cewe ya, pasti hobinya belanja. 😆

Nah, bicara soal hantaran, sebenarnya apa aja sih yang harus disiapkan untuk hantaran itu? Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari keluarga dan simbah gugel, isi hantaran itu ya semua keperluan perempuan dari atas sampai bawah. Mulai dari pakaian dalam, pakaian sehari-hari, tas, sepatu, peralatan mandi, peralatan make up, dan lain-lain.

Berhubung saya kepengen semua bernuansa angka 7, jadi untuk hantaran kali ini pun dipaskan jumlahnya sebanyak 7 kotak. Apa aja isinya? Silahkan diintip 🙂

HantaranYang kotak dengan angka 7 itu maharnya, seperangkat alat sholat dan emas murni 7 gram. Ada 1 hantaran yaitu cake yang ga sempat kefoto karena udah keburu abis diserbu. 😆 Sisanya ya ada peralatan mandi + peralatan makeup, baju tidur (awalnya mau pakaian dalam, tapi kok saya malu ya kalo underwear dipajang-pajang begitu hehehe), mukena dan sajadah, tas dan sepatu, pakaian untuk ngantor, dan uang sebagai simbolis.

Untuk packaging, kemarin dipinjemin kotak hantaran sama temennya mama. Lumayan lah ya, menghemat budget beli kotak hantaran. 😆 Walaupun awalnya saya kebayang packaging hantarannya bentuk sangkar burung gitu. Pasti cute banget deh. Tapi gak keburu cari-cari sangkar burungnya, hehehe. Oh ya, yang ngehias-hias hantarannya itu adalah keluarga Abang. 🙂

Pernikahan saya ini bisa dibilang banyak yang dibikin sendiri (sebisanya), salah satunya adalah souvenir. Gak ingin souvenir yang ‘biasa’, saya pun cari-cari info souvenir murah meriah tapi tetap bagus dan tentunya bermanfaat. Eh trus mama ngusulin bikin bros aja. Jadilah, itu semua souvenir adalah bros bikinan mama dan tante saya. Saya bantuin masukin ke kotaknya aja dan ngedesain kartu ucapannya. Harapannya bisa bermanfaat dan bisa dipakai ya, jadi souvenir gak kebuang gitu aja. Kalo yang gak pake jilbab juga bisa kok disematin di rambut atau di bando, waktu itu kakak sepupu saya nyobain dan lucu juga jadinya. 🙂

SouvenirSaya paling suka yang model pom-pom hihihi

Lama proses pembuatan semua souvenir ini kurang lebih 3-4 bulan. Jadi sekitar 1000an souvenir. Buatnya gampil banget kok, terutama yang pom-pom itu. Jahitnya cuma jahit telujur aja, trus tinggal dilem pake lem tembak. Nanti kapan-kapan saya bikin deh ya tutorialnya (kalo inget dan kalo niat hahaha).

Untuk tamu-tamu yang datang di awal, ada juga disediakan coklat foto saya dan Abang (seperti gambar di bawah). Memang gak dibuat banyak, jadi gak semua tamu bisa dapat. 🙂 Coklat ini yang buat adalah adik ipar saya dan crew L’Cheese Factory. Silakan kalo ada yang mau pesan. Hihihi, jadi promosi. 😛

IMG_9006Selain bros dan coklat, saya juga nyediain spot untuk photo booth yang hasilnya bisa langsung jadi saat itu juga. Photo booth ini dari TNT Production yang juga di hari H bertugas sebagai WO saya. Mereka memang nyediain jasa photo booth dengan aneka properti yang lucu-lucu. Mau request photo gallery sebagai background photo boothnya juga bisa. Kalo saya kemarin memang request yang simple tapi banyakin propertinya. Alhamdulillah banyak yang suka dan banyak yang jadi manfaatin momen foto-foto seru di photo booth itu. 🙂

IMG_8599 KejoraOh ya, jasa photo booth gini ada yang dihitung berdasarkan jam, ada juga yang berdasarkan jumlah fotonya. Saran saya sih, kalo mau ambil yang per jam aja. Kalo ambil yang per jam, biasanya jumlah fotonya unlimited kok. Jadi, aman gak perlu khawatir ada yang ga kebagian foto. Karena di acara nikahan gini kan sulit diprediksi yaaa berapa orang total tamu yang datangnya. 🙂

Kalo kamu suka souvenir pernikahan yang seperti apa? 🙂

***

Info Vendor

Souvenir (Bros) : handmade

Photobooth : TNT Production (Tria 085216741634)

Coklat Foto : L’Cheese Factory (076122791)

Advertisements

26 thoughts on “Tentang Hantaran dan Souvenir Pernikahan

  1. tinsyam

    nah ku suka bingung emang penting ya suvenir pernikahan? udah cukup itu fotobooth jadi suvenirnya loh.. suka yang kaya gini.. kebanyak suvenir malah jadi pajangan dan dibuang saja.. pernah dapat suvenir coklat tapi enak banget, sebiji gitu tapi berkesan..

    Like

    Reply
    1. liamarta Post author

      Aku juga awalnya pengen photobooth itu aja mba jadi souvenir, tapi ya namanya acara keluarga besar jg kan, pada bilang kalo itu belum cukup hehe. Makanya nambah souvenir murah meriah, bros bikinan sendiri itu. Btw, aku baca di komen postingan ini, banyak juga ternyata yang pernah/ngasih souvenirnya coklat ya mba. Aku ga kepikiran itu hehehe.

      Like

      Reply
  2. Messa

    Brosnya keren Lia. Kreatif 😀 Aku juga suka suvenir yg bisa digunakan supaya jgn terbuang. Pernah dapat bingkai foto dari bahan daur ulang, sampe sekarang masih dipakai 😀

    Like

    Reply
    1. liamarta Post author

      Hihihi mama yang bikin, Mba Messa. 😀 Iya mba, aku kalo bingkai foto juga masih nyimpen. Yang seringnya gak kesimpen itu kalo dikasih sendok garpu kecil (aku ga tau ini utk apa), atau pajangan2 lainnya. Kalo gantungan kunci, frame, gantungan kulkas gitu masih kepake banget sama aku 😀

      Like

      Reply
  3. NisadanChicco

    Paling seru emang pas belanja2 buat “hantaran” aji mumpung juga kaann bisa pilih sesuka hati hehehe

    Kalau souvenir nikahanku dulu gantungan kunci dari perak asli Jogja.berbentuk wayang dibelakangnya diukir nama NisadanChicco. Dapatnya juga pas ada pameran Inacraft di jakarta jadi harganya dapat murah 😃

    Like

    Reply
    1. liamarta Post author

      Hahaha iyaaa, bisa pilih2 sesuka hatiiiii. 😀
      Lucu pasti tuh mba gantungan kuncinya. Gantungan kunci juga salah satu souvenir pernikahan yang kepake banget ya mba 🙂

      Like

      Reply
    1. liamarta Post author

      Aku belum pernah deh mba dapat souvenir coklat. Eh aku baru inget, ada 1 lagi souvenir yang kemarin dikasih di nikahan aku, ada cokelat pake foto aku sm abang, tapi stoknya ga banyak jadi ga semua tamu dapet hihihi

      Like

      Reply
    1. liamarta Post author

      Iya mas Dani, kalo foto jadi orang pulang dr nikahan bawa sesuatu yang bs dipajang. Lihat temen2 kantor pasang foto mereka di photobooth itu, aku jadi seneng sendiri hehehe

      Like

      Reply
      1. Anonymous

        Mba maaf saya baru baca posting ini. Saya dapet ide dari adik saya buat foto kya sovenir mba itu

        Boleh bagi2 strategi engga buat jelasin k keluarga 😊

        Like

        Reply
        1. liandamarta.com Post author

          Halo, Mas. Kalo strategi ke keluarga hmm apa ya. Coba ajak aja keluarga datang ke acara nikahan yang menggunakan photobooth sebagai souvenir, biar ada referensi dan keluarga dapat gambaran. Pelan-pelan coba dikasih penjelasan bahwa souvenir berupa foto seperti itu akan lebih kepake karena pasti dipajang di rumah/kantor 😊

          Like

          Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s