Tentang Blogger Kepri

Salah satu yang saya lakukan pertama kali ketika mendapat kepastian bahwa saya akan ikut orang tua tinggal di Batam adalah mencari komunitas dan gerakan sosial yang aktif di kota ini. Pencarian ini pada akhirnya mempertemukan saya dengan Blogger Kepri.

Jujur aja sebelumnya saya belum pernah mendengar tentang Blogger Kepri. Tapi sejak awal saya sudah menjadi pembaca blog beberapa blogger yang berdomisili di Batam. Beberapa di antaranya blog Mas Danan dan (alm) Mas Iqbal Rois, yang udah lama banget nangkring di list following wordpress reader saya.

Pertama kali tau tentang Blogger Kepri justru saat saya mencari informasi mengenai komunitas blogger di Batam. Dari hasil googling, saya sempat dapat info tentang komunitas Blogger Batam. Namun sayangnya, saat saya ngecek di akun twitter dan facebook page nya, komunitas ini sepertinya sudah tidak aktif lagi.

Setelah itu saya pun coba cari-cari info di Facebook, sampai akhirnya nemuin facebook page Blogger Kepri. Dari sana langsung mantap untuk bergabung jadi member. Tapi sebelum daftar jadi member, saya sempat cek-cek websitenya juga. Sayangnya kurang update euy. 😦

Long story short, akhirnya saya pun gabung di group facebook Blogger Kepri dan gak lama kemudian request join ke group whatsappnya. Dari sana mulai deh kenalan sama member Blogger Kepri lainnya dan blogwalking ke blog mereka masing-masing.

Pertemuan pertama saya dengan member Blogger Kepri adalah saat menghadiri undangan icip-icip paket lunch Mbok Ganjen di MBK Resto Sahid Batam Center Hotel. Di sana saya bertemu Mas Danan, Choty, Roy, Mas Akut, Jike, Mba Menix dan beberapa member lainnya. First impression di kopdar perdana ini menyenangkan, tapi sayanya masih canggung karena merasa anak baru sementara yang lain udah pada ikrib. πŸ˜†

blogger kepri

Photo credit to Choty (www.piknikcantik.com)

Selama kurang lebih 7 bulan bergabung di komunitas ini dan beberapa kali ikut hadir di berbagai undangan acara, membuat saya jadi punya teman dan rutinitas baru di Batam. Ya maklum aja ya, udah 10 tahun ninggalin Batam, saya harus membuka ruang untuk pertemanan baru. Juga merasa perlu untuk mencari kesibukan baru di kota ini.

Alhamdulillah semakin ke sini saya semakin merasa nyaman berada di komunitas ini. Udah gak pake canggung lagi tiap kali hadir di acara-acara blogger. Mulai merasa seru juga tiap kali ngumpul, apalagi kalo udah boomerang-an. :)))

Anyway, kali aja ada yang masih bertanya-tanya, kenapa sih saya segitu niatnya gabung di komunitas Blogger Kepri?

Berikut ini saya share beberapa alasan saya. Tidak khusus untuk komunitas Blogger Kepri aja sih sebenarnya, tetapi juga ini menjadi alasan saya ketika memutuskan bergabung di komunitas dan social movement lainnya.

1. Networking

Gak bisa dipungkiri sih, bergabung di komunitas adalah salah satu cara terbaik untuk membangun jejaring. Dan seperti yang saya bilang di atas, setelah 10 tahun meninggalkan kota Batam, saya merasa perlu untuk memulai pertemanan baru dengan orang-orang baru. Agar circle pergaulan saya gak stuck di situ-situ aja.

2. Knowledges

Bergabung di komunitas juga bisa nambah pengetahuan lho. Selain dari workshop atau kelas-kelas kecil yang diadakan, juga dari obrolan antar member secara online maupun offline. Karena masing-masing member pastinya punya pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda.

Sejak bergabung di Blogger Kepri, saya sendiri udah banyak banget dapat insight dari obrolan atau diskusi yang terjadi di group whatsapp. Makanya saya pasti meluangkan waktu untuk baca seluruh percakapan di group (meski seringnya udah terlewat jauh dan tiba-tiba udah ratusan aja notifnya hehe), karena saya yakin sih pasti ada aja hal baru yang saya dapatkan dari obrolan/diskusi tersebut.

3. Challenges

Ada yang udah baca tulisan saya di blog tentang keberhasilan saya melawan diri sendiri ini? Tulisan itu ingin saya dedikasikan untuk Blogger Kepri. Karena di masa-masa mood saya ngedrop seperti sekarang, tanpa disadari teman-teman di Blogger Kepri punya peranan besar lho.

Kalo gak karena obrolan di group whatsapp Blogger Kepri yang semangat banget bahas tentang kirim artikel ke koran dan submit video di NET CJ, mungkin saya gak akan pernah menantang diri saya untuk melakukan hal itu juga. Jiwa kompetitif saya langsung muncul setiap kali lihat teman-teman Blogger Kepri yang rajin dan produktif sekaliii. ❀

4. Chances

Saya juga meyakini bahwa dengan bergabung di komunitas, berbagai peluang dan kesempatan baru akan terbuka lebar. Dan ini udah saya buktikan sendiri sih. Bisa hadir di acara-acara blogger, ketemu berbagai sosok inspiratif, bisa monetize blog dan social media, sampai dapat kesempatan sharing dan berbagi cerita di depan banyak orang. Semua kesempatan itu mungkin gak akan pernah saya dapatkan kalo saya gak bergabung di berbagai komunitas. πŸ™‚

5. Growing Together

Ada sebuah pepatah yang bilang gini “If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go with others“. Dengan bergabung di komunitas, kita bisa tumbuh dan berkembang bersama. Saling support dan motivate each other. Akan lebih baik jika kita menjalani segala sesuatunya dengan orang-orang yang punya visi dan value yang sama, bukan? Daripada berjalan sendirian. πŸ™‚

***

Hari ini, Blogger Kepri genap memasuki tahun kedua. Meski masih muda belia, tapi komunitas yang satu ini punya semangat membara untuk terus bergerak dan berkarya.

Harapan saya semoga Blogger Kepri selalu menjadi rumah yang nyaman bagi semua membernya. Semoga menjadi tempat terbaik bagi setiap orang yang ingin menambah ilmu, membangun jejaring, dan mengembangkan diri, terutama yang berkaitan dengan dunia blogging. Dan juga semoga bisa selalu menebar manfaat untuk orang lain, khususnya untuk masyarakat Kepri. πŸ™‚

Selamat ulang tahun, Blogger Kepri! ❀

blogger kepri 2

Photo credit to Kak Dian Radiata (www.adventurose.com)

Advertisements

6 thoughts on “Tentang Blogger Kepri

  1. shiq4

    Wah asyik klo punya komunitas sendiri. Saya dari dulu pingin gabung komunitas. Di mojokerto dulu ada komunitasnya, tapi setelah mencari tahu, ternyata sudah nggak aktif lagi. Jadi syedih deh….hiks.

    Like

    Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s