Ngeteh, Ngemil dan Ngobrol Bareng MPR RI

Jika ada yang bilang tinggal di Jakarta itu akan mendapatkan banyak peluang dan kesempatan besar dalam berbagai hal, saya akan menganggukkan kepala tanda setuju.

Saya dari dulu gak pernah kepikiran lho kalo akan bertemu dengan para pejabat pemerintahan di Indonesia. Lah, ketemu pejabat pemerintahan di daerah aja kadang susah ya kan. Gimana saya bisa kepikiran mau ketemu sama pejabat pemerintahan di level nasional. πŸ˜€

Tapi ternyata, hidup di Jakarta memang memungkinkan kita bertemu dengan berbagai kesempatan spesial dan peluang bertemu dengan lebih banyak lagi orang-orang hebat di Indonesia. Nah, salah satunya saat saya menghadiri event Netizen Jakarta Ngobrol bareng MPR RI, hari Kamis (11/8) lalu di Senayan City.

Ketemu pejabat pemerintahan kok di mall? Awalnya sempat mikir gitu hehehe. Tapi ternyata venue pertemuan di Podium Senayan City ini berupa semacam meeting hall gitu. JadiΒ suasananya tetap formal, meskipun sedang berada di dalam mall. πŸ™‚

Kok saya bisa ikutan event ngobrol bareng MPR RI ini?

Kesempatan ini saya dapatkan dari mba Mira Sahid, founder Kumpulan Emak Blogger (KEB), komunitas blogger untuk perempuan-perempuan Indonesia yang sedang saya ikuti saat ini. Kebetulan saya gabung jadi pengurus KEB dan saat itu mba Mira menawarkan apakah mau ikut acara ini atau nggak. Setelah dapat izin dari Abang, saya pun langsung meluncur ke lokasi acara. πŸ˜‰

Trus ngobrolin apa aja sama MPR RI?

To be honest ya, awalnya saya sempat khawatir juga nanti obrolannya gak akan nyambung. Secara saya orangnya gak gitu ngikutin perkembangan politik di Indonesia kan. Jadi manalah ngerti kalo diajak ngobrol soal politik.

Eh tapi ternyata obrolannya gak berat-berat amat kok, Kakk.. Ya intinya sih semacam sosialisasi agenda MPR RI dan beberapa hal terutama terkait misi kerja MPR RI. Masih bisalah saya ikutin pembahasannya. Apalagi sambil ngeteh dan ngemil-ngemil lucu. πŸ˜›

Yang menjadi narasumber di event Netizen Ngobrol bareng MPR RI ini adalah Sekretaris Jenderal MPR RI, bapak Ma’ruf Cahyono. Beliau menyampaikan bahwa di bulan Agustus ini ada tiga agenda besar MPR RI, yaitu penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR yang baru saja selesai dilakukan tadi pagi tanggal 16 Agustus 2016, kemudian ada peringatan Hari Konstitusi pada tanggal 18 Agustus 2016, dan peringatan HUT MPR pada tanggal 29 Agustus 2016 mendatang.

Wah, saya baru tau nih kalo ternyata MPR RI ulang tahunnya tanggal 29 Agustus. πŸ™‚

DSC00151

Sekjen MPR RI, bapak Ma’ruf Cahyono

Sidang Tahunan MPR yang diadakan pagi tadi memang merupakan bagian dari peraturan Tata Tertib MPR. Akuntabilitas lembaga negara disampaikan kepada masyarakat dalam forum sidang tahunan. Sidang ini dilaksanakan pagi tadi mulai pukul 09.00 sampai pukul 10.30 dan diisi dengan pidato Presiden Joko Widodo.

Untuk peringatan Hari Konstitusi yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2016 mendatang, selain pidato presiden juga akan ada final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar. Finalis dari lomba cerdas cermat ini datang dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Sedangkan untuk memperingati HUT MPR RI, rencananya akan ada kegiatan MPR Berdzikir. Ternyata tahun ini adalah tahun pertama peringatan HUT MPR RI. Dalam kesempatan tersebutΒ juga, rencananya akan dilakukan sosialisasi kembali terkait Empat Pilar kebangsaan.

Dalam upaya sosialisasi Empat Pilar ini, MPR juga mencetuskan sebuah gerakan yang bernama “Ini Baru Indonesia“. Gerakan Ini Baru Indonesia ini adalah bentuk kegiatan sosialisasi yang harapannya bisa dipahami oleh semua pihak. Sehingga nantinya masyarakat Indonesia bisa menjadikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sebagai budaya dan diaplikasikan ke dalam perilaku di kehidupan sehari-hari.

Menjelang acara berakhir, ketua MPR RI, bapak Zulkifli Hasan yang kebetulan sedang berada di lokasi yang sama, turut datang ke venue Ngobrol bareng MPR RI ini. Di kesempatan tersebut, beliau menyapaΒ semua tamu undangan yang hadir, yang terdiri dari netizen dan korlip dari beberapa media.

DSC00160

Ketua MPR RI, bapak Zulkifli Hasan

Di pertemuan tersebut, pak Zulkifli Hasan juga berharap bisa lebih sering lagi merangkul netizen dan media di event-event yang diadakan oleh MPR RI. Biar gimana pun, saat ini blogger dan netizen menjadi salah satu penyebar informasi yang cukup otimal. Karena itu, pak Zul dan juga team dari MPR RI sangat berharap, blogger dan netizen bisa membantu mensosialisasikan program dan kinerja MPR RI dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat luas.

Menghadiri acara ini membuka mata saya terhadap lembaga pemerintahan. Bahwa ternyata satu per satu lembaga pemerintahan yang ada di Indonesia mulai berbenah untuk terus jadi lebih baik. Yang paling utama sih dalam hal komunikasi ke masyarakat ya. Makanya saya salut banget bahwa MPR sebagai salah satu lembaga pemerintahan tertinggi di Indonesia ikut melibatkan blogger dan netizen dalam event-event seperti ini.

FYI, event Ngobrol bareng MPR RI ini awalnya justru diadakan di luar Jakarta lho. Tepatnya di Jogja dan Solo. Semoga ke depannya bisa diadakan di kota-kota lainnya ya. Agar lebih meluas lagi pesan yang inginΒ disampaikan kepada masyarakat. πŸ™‚

Advertisements

6 thoughts on “Ngeteh, Ngemil dan Ngobrol Bareng MPR RI

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s