Warna Warni Kerajinan Rotan di Rattan Handmade Pekanbaru

Selama kurang lebih 1,5 tahun meninggalkan Pekanbaru, saya melihat kota ini semakin berkembang. Salah satu yang paling mencolok adalah UKM-nya. Sepertinya masyarakat Pekanbaru sedang berlomba-lomba untuk menciptakan produk lokal yang bisa mengangkat kota ini agar semakin dikenal di mana-mana.

Salah satu UKM itu adalahΒ Rattan Handmade.

Saya pertama kali mengenal Rattan Handmade dari media sosial. Beberapa teman pernah share tentang kerajinan rotan yang satu ini di akun media sosial mereka.

Kesan pertama saya: ih keren ya, ada kerajinan rotan keren gini di Pekanbaru.

Kerajinan rotan memang menjadi salah satu yang khas dari Pekanbaru. Jika teman-teman ke Pekanbaru dan pernah menyusuri jalan Yos Sudarso yang menuju ke Rumbai, Chevron, Duri, dan sekitarnya, pasti deh teman-teman akan familiar dengan pemandangan pengrajin rotan di kanan dan kiri jalan.

Itu dulu pemandangan sehari-hari saya banget waktu masih ngantor di daerah Rumbai. Tiap pergi dan pulang kerja, saya sering banget lihat si pengrajin rotan ini.

Keren-keren sih, tapi modelnya masih terlalu jadul kalo menurut saya, karena ya gitu-gitu aja. Bagi sebagian orang mungkin suka ya dengan kesan vintage yang diberikan dari kerajinan rotan tersebut. Tapi agak kurang cocok dengan selera pribadi saya.

Lalu kemudian hadirlahΒ Rattan Handmade. Yang ternyata adalah milik teman seangkatan saya di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Namanya Tia Juwita. Saya aslinya gak gitu kenal sama Tia. Karena dulu saya ‘cuma numpang’ Ujian Nasional aja di Smansa Pekanbaru, jadi rada kurang gaul. πŸ˜†

Tia memulai bisnis Rattan Handmade sejak beberapa tahun lalu. Berawal dari kegelisahannya melihat model kerajinan rotan yang itu-itu aja, Tia pun berinisiatif mengemas kerajinan rotan ini dengan desain yang kekinian.

Dengan menggandeng pengrajin rotan yang berada di sekitar rumahnya, Tia pun memulai bisnis ini secara online melalui media sosial. Ternyata respon pasar bagus sekali. Karena memang kerajinan rotan yang dijual oleh Rattan Handmade, sangat cocok dengan desain interior rumah-rumah kekinian: shabby chic. πŸ™‚

Akhirnya, di bulan Mei 2017 lalu, Tia pun membuka toko offline pertama Rattan Handmade di jalan Yos Sudarso Pekanbaru.

DSC07048

Rattan Handmade Pekanbaru

Saat saya pulang ke Pekanbaru awal November lalu, saya penasaran banget ingin mampir ke Rattan Handmade. Tapi kan waktu itu belum tau ya posisi persisnya si Rattan Handmade ini di mana.

Sesampainya di Pekanbaru, saya seperti biasa langsung ziarah ke makam Abang. Lalu sorenya, bersama Mama mertua dan kakak ipar, kami pergi menjemput keponakan saya yang sekolah di Rumbai.

Di perjalanan menuju Rumbai itulah, saya melewati Rattan Handmade. Ternyata sangat gampang dikenali kok meskipun di sepanjang jalan Yos Sudarso ada banyak pengrajin rotan lainnya. Karena Rattan Handmade satu-satunya yang tampil ‘mencolok’ dengan kerajinan rotan yang berwarna-warni dan juga satu-satunya yang punya plang toko. πŸ™‚

Btw, ada kerajinan rotan apa aja nih yang dijual di Rattan Handmade?

Banyak banget, kak! Dijamin kalo datang langsung ke tokonya pasti kalap ingin beli ini itu. Saya kalo gak mikir gimana bawanya ke Batam kayaknya akan lepas kontrol juga nih. Karena berbagai produknya cantik-cantik banget. Gemas! ❀

DSC07045

DSC07051

Kerajinan rotan yang dijual di Rattan Handmade ini sangat beragam. Mulai dari tudung saji, kap lampu, storage dengan aneka bentuk dan warna yang lucu-lucu (ada yang bentuk sepatu dan strawberry, asli lucu banget hahaha), lemari, sampai satu set kursi dan meja makan.

Harganya juga sangat bervariasi. Mulai dari 25ribu rupiah sampai di atas 2 jutaan. Tergantung dari besar kecilnya barang dan tingkat kesulitan saat proses pembuatan.

Asiknya lagi, di Rattan Handmade kita bisa custom model dan warna kerajinan rotan yang ingin dipesan. Kali aja ada yang punya referensi model atau ingin menyesuaikan ukuran dengan luas rumah, bawa aja gambarnya ke Rattan Handmade. Insya Allah akan dibuatkan oleh para pengrajin di sana.

Bagi yang tinggal di luar kota Pekanbaru, juga bisa beli kerajinan rotan dari Rattan Handmade. Karena mereka menerima layanan pengiriman ke luar kota. Silakan dicek aja akun Instagram mereka di @rattan_handmade untuk lihat katalog produknya. πŸ™‚

Nah yang tinggal di Pekanbaru, coba datang langsung ke Gallery Rattan Handmade deh. Asik banget buat manjain mata melihat produknya yang cantik-cantik. Jangan lupa siapin dompet. Dan… siap-siap kalap, ya! πŸ˜›


Rattan Handmade
Jln. Yos Sudarso – Pekanbaru, Riau
WhatsApp :Β 0852 6588 8157
Instagram : @rattan_handmade

Advertisements

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s