Bermain dan Bergembira Bersama di “One Day Fun Doing Fun Reunite Series”

Setelah sekian lama ingin ikut berpartisipasi di kegiatan One Day Fun Doing Fun (ODFDF) yang diinisiasi oleh adik kelas saya di SMA, Isnia, akhirnyaaa hari Minggu (13/8) lalu saya kesampaian untuk ikutan juga. Yeay!

Saya pertama kali tau kegiatan ini dari linimasanya Isnia. Konsepnya sederhana, mengajak adik-adik untuk bermain, berbagi, dan bersilaturahmi selama satu hari. Yang paling penting sih happy-happy. πŸ™‚

Beberapa kali kegiatan ODFDF diadakan, selalu saja gak cocok dengan jadwal saya. Sampai akhirnya saya liat di Instagram bahwa akan ada ODFDF Reunite Series di Batam, saya pun segera mendaftarkan diri.

Kenapa namanya ODFDF Reunite Series? Karena ini adalah kali kedua kegiatan ini diadakan di kota Batam, setelah yang pertama diadakan di bulan Mei tahun 2015 lalu.

Bertempat di Kebun Jambu Marina, ada sekitar 40 orang adik-adik dari 2 panti asuhan di Tanjung Riau yang ikut terlibat dalam kegiatan ini. Selain ada adik-adik, juga ada kakak-kakak pendamping yang akan ikutan bermain dan bergembira bersama mereka.

DSC05683

“Ada yang perlu disiapkan atau dibawa gak untuk besok?” tanya saya kepada Steffi, salah satu panitia. Berhubung belum pernah ikutan ODFDF, jadi saya sempat kepikiran nih mesti bawa apa atau mesti nyiapin apa untuk hari H.

“Gak ada Kak, bawa tenaga aja.” Begitu jawaban dari Steffi. Oke, baiklah.

Minggu pagi saya sampai ke lokasi. Adik-adik sudah berkumpul dan kegiatan sudah dimulai dengan membagikan name tag. Lalu dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Total ada 5 kelompok dengan masing-masing 1 kakak pendamping di tiap kelompok.

Kakak pendamping punya janji yang mesti ditepati nih. Yaitu harus mendampingi dan menjaga adik-adiknya sepanjang acara, termasuk jika si adik ingin ke kamar kecil. Trus kakak-kakaknya juga ndak boleh main gadget sepanjang acara berlangsung. Jika melanggar? Siap-siap aja kena hukuman dari adik-adiknya. :)))

Karena itu maafkan kalo postingan ini fotonya sedikit, karena saya ndak bisa ngeluarin kamera buat foto-foto nih. Nanti kalo foto-foto dari panitia udah dishare, saya update lagi di sini ya. πŸ™‚

***

Di ODFDF ngapain aja? Seperti yang saya bilang di atas, intinya sih bermain, bersilaturahmi dan bergembira bersama. πŸ™‚

Ada 3 permainan yang kami mainkan di kegiatan kali ini. Dimulai dari permainan panjang-panjangan, yaitu masing-masing kelompok diminta untuk membuat formasi sepanjang mungkin. Boleh menggunakan atribut apapun yang ada di badan, selain name tag.

“Kak, aku buka jilbabku ya, biar kelompok kita semakin panjang.” kata salah satu adik di kelompok saya.

“Eh, jangan dong. Masa’ jilbabnya dibuka. Pake sendal aja atau peci kamu nih (menunjuk ke adik yang laki-laki). Jangan jilbab yaaa..”

Kelompok saya memang semangat banget nih mau menang. Meski sayangnya di permainan pertama ini kami masih belum beruntung. :’))

Lanjut ke permainan kedua, yaitu meniup balon. Masing-masing kelompok diberikan balon tiup (generasi 90an pasti dulu sering deh nih main balon ginian), lalu masing-masing anggota kelompok diminta untuk meniup balon dan membuat balon sebesar-besarnya.

Adik-adik di kelompok saya udah mulai cemas nih ketika melihat kelompok lain bikin balon yang besar, sementara balon kelompok kami mulai menciut. Saya berusaha menenangkan mereka dan bilang bahwa ini cuma permainan. Yang penting kan seru-seruannya.

Karena balon kami menciut dan bentuknya kayak ulat, saya bilang aja ini balon ulat keket. Trus pas pengumuman pemenang, eh panitianya milih kelompok kami sebagai pemenang ketiga karena bentuk balon yang paling unik. :)))

DSC05687

Permainan ketiga adalah lomba makan. Setiap kelompok membuat formasi duduk memanjang dengan kakak pendamping di bagian paling belakang. Lalu masing-masing anggota kelompok diberi 2 snack.

Permainan ini dimulai dari yang duduk paling belakang, which is si kakak pendamping, untuk menghabiskan snack yang diberikan. Jika sudah habis, tepuk pundak adik yang duduk di depannya dan si adik itu melanjutkan makan snack yang dia punya. Begitu seterusnya sampai selesai. Yang kelompoknya duluan selesai makan, itulah yang menang.

Again, adik-adik di kelompok saya mah kompetitif amat. Setelah gagal jadi pemenang, mereka sempat rungsing sendiri. Kembali saya harus mengingatkan kepada mereka bahwa ini hanya permainan, kalah dan menang itu biasa. Yang penting perut kenyang abis makan snack. :)))

***

Selain tiga permainan yang kami mainkan bersama-sama, di kegiatan ODFDF Reunite Series ini adik-adik juga mendapat penjelasan mengenai Kebun Jambu dari Pakde pengelola Kebun Jambu Marina. Lalu ada pula dongeng dari Kak Elis yang bercerita tentang kebersihan mulut dan badan.

Ada satu momen yang paling saya ingat selama sesi penjelasan tentang Kebun Jambu dan sesi mendongeng ini, tentang seorang anak perempuan berusia 5 tahun bernama Erna. Anak ini tadinya bukan di kelompok saya, dia dari kelompok sebelah yang tiba-tiba pindah duduk ke dekat saya. Saat ditanya, katanya mau gabung di kelompok Kak Lia.

Kenapa saya ingat banget sama Erna? Karena hampir di setengah acara, dia tidur di pangkuan saya. Sampai kaki saya kesemutan. Hari itu badannya memang agak hangat sih, lagi kurang enak badan sepertinya. Jadi agak sedikit ‘manja’, ingin rebahan dan ingin ada terus di dekat saya. Gemes! ❀

Di akhir kegiatan, kami berdoa bersama-sama. Untuk kebaikan dan kesejahteraan adik-adik serta kakak-kakak yang hadir.

Lalu sebelum pulang, adik-adik diberi bingkisan berupa jus jambu dari Kebun Jambu Marina dan aneka cemilan. Dan tentu saja, kami tidak lupa untuk berfoto bersama. πŸ™‚

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.33.11 PM

Kegiatan ini tidak hanya bikin happy adik-adiknya saja, tetapi juga kakak-kakaknya. Khususnya saya, yang merasa energinya seperti dicharge setelah mengikuti kegiatan ini.

Meski lelah (apalagi sehari sebelumnya saya abis ngider keliling Singapore dan lanjut packing sampai jam 2 pagi), tapi rasa lelah itu terbayarkan saat bermain bersama mereka. Bahagia itu menular, gaes. Itu yang saya rasakan ketika melihat adik-adik ini bahagia diajak bermain bersama.

“Kapan kita jumpa lagi, Kak?” salah satu adik di kelompok saya bertanya tentang ini sebelum kami berpisah. Trus saya merasa ‘nyess’ di hati. Saya hanya bisa menjawab, semoga rezeki saya terus dilancarkan agar nantinya saya bisa sering mengunjungi mereka dan berbagi kebahagiaan bersama. πŸ™‚

Teman-teman yang penasaran dengan kegiatan ini, silakan follow @onedayfundoingfun di Instagram. Siapa tau kegiatan selanjutnya diadakan di kota kamu. Percayalah, berpartisipasi di kegiatan seperti ini selain bikin happy juga bisa bikin nagih! πŸ˜‰

***

The best feeling of HAPPINESS is
when you are happy because you’ve made somebody else happy

Advertisements

12 thoughts on “Bermain dan Bergembira Bersama di “One Day Fun Doing Fun Reunite Series”

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s