Ngulik Ilmu Blogging dan Vlogging di #kopdarbloggerJNE

Hari Jum’at kemarin, saya bersama rekan-rekan Blogger Kepri ngabuburit bareng sambil nambah ilmu di event Blogger Gathering JNE “Unpack Creative Content”. Di event tersebut, hadir pula Pungky Prayitno dan Haykal Kamil, yang berbagi ilmu dan cerita tentang pengalaman keduanya di dunia blogging dan vlogging.

Event ini adalah rangkaian event yang digelar JNE selama bulan Ramadan. Diadakan di 4 kota di Indonesia. Dan Batam menjadi kota ketiga.

Acaranya seru sekali. Selain menjadi ajang silaturahmi dan buka puasa bareng, ada banyak insight yang bisa diambil dari apa yang dishare oleh Pungky dan Haykal. Saya share juga di blog ini ya. Semoga bermanfaat untuk yang kemarin gak bisa hadir di kegiatan ini. 🙂

Anyway, adakah yang belum kenal dengan Pungky dan Haykal?

Pungky Prayitno adalah seorang blogger heits di Indonesia. Beberapa tulisannya sering viral di social media. Ia memulai perjalanan ngeblognya dari tahun 2008. Berawal dari Multiply, lalu pindah ke blog Friendster, dan sekarang ‘menetap’ di Blogspot. Saat ini, Pungky aktif mengelola 3 blog: pungkyprayitno.com, sujiwo.com, dan surgakecil.com

Sedangkan Haykal Kamil, saya yakin pasti banyak yang kenal dengan pria satu ini kan? Yes, Haykal sebelumnya lebih banyak dikenal di layar kaca lewat sinetron dan FTV. Ia juga adik dari salah seorang artis terkenal di Indonesia, yaitu Zaskia Mecca. Saat ini, Haykal sedang fokus menggeluti dunia vlogging dan menjadi seorang content creator.

DSC05130

Yang menjadi PR besar ketika menggeluti suatu bidang adalah konsistensi. Setuju gak? Ih saya sih setuju banget.

Tapi jika sudah punya passion dan kecintaan di bidang yang digeluti tersebut, pasti akan selalu ketemu caranya agar tetap rutin membuat konten-konten yang menarik. Dari konten yang menarik di blog, vlog, dan media sosial lainnya itu juga, kita bisa mendapat banyak manfaat dan bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan lho.

Kok bisa? Gimana caranya?

Ya bisa. Melalui Google AdSense, endorsement, dan juga undangan off-air.

Yang paling penting adalah fokus create konten-konten menarik dan bermanfaat. Lalu munculkan ciri khas kita ke dalam tulisan atau pun video yang dibuat. Dan bisa juga melakukan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi) dari blogger atau youtuber favorite.

Kita bisa saja memasukkan beberapa niche di dalam blog atau vlog yang dibuat. Seperti Pungky dan Haykal yang tidak fokus ke niche tertentu. Pungky malah mengakui di blog pribadinya itu ada pembahasan mulai dari beauty sampai ke otomotif lho! Tapi perlu diingat, meskipun niche campur aduk, tetap harus ada benang merah yang bisa ditarik dari tulisan/video yang satu dengan tulisan/video yang lain.

Personal branding itu juga penting banget, gaes! Saya juga setuju banget sama hal ini. Agar apa? Agar orang ingat sama kita. Agar tulisan atau video yang kita buat mudah dikenali.

Personal branding ini bisa dimunculkan dalam banyak hal. Misal dari nada tulisan, gaya bahasa, dan juga foto-foto yang digunakan.

Pungky bahkan punya style tersendiri untuk foto-foto yang digunakan. Biasanya yang fotoin sih suaminya karena background suami Pungky memang seorang fotografer. Tapi jika Pungky lagi pergi traveling tanpa suami, Pungky biasanya minta tolong orang lain untuk fotoin dengan catatan orang tersebut hanya tinggal tekan shutter aja. Jadi settingan kamera udah disesuaikan dengan stylenya Pungky.

Personal branding ini juga yang jadi pegangan Pungky sebelum mengambil penawaran kerjasama atau endorsement. Jika dirasa tidak sesuai dengan karakternya, ya tidak diambil.

Dalam menjalin kerjasama dengan brand, yang paling perlu dilakukan adalah menjaga hubungan baik dengan brand tersebut. Sebisa mungkin jangan ambil penawaran kerjasama dari brand kompetitor dalam waktu yang berdekatan. Hargai brand terutama saat kerjasama tersebut berlangsung.

Menjaga privacy keluarga di blog, vlog dan social media juga penting banget. Pungky sendiri berkomitmen untuk tidak menampilkan wajah suami dan anaknya di postingan blog dan media sosialnya. Ia juga tidak akan menampilkan foto bagian dalam dan rumahnya. Sama halnya dengan Haykal Kamil, sebelum menampilkan sosok sang istri di dalam vlognya, jika sang istri tidak mengizinkan.

Anyway, saya udah lama banget nih ingin bikin video blog. Setiap kali pergi traveling, saya selalu rekam video. Tapi ujung-ujungnya video-video tersebut hanya tersimpan di memory handphone/kamera. Gak diapa-apain lagi. Makanya kemarin berasa ‘ketampar’ banget waktu Haykal bilang: hal terpenting dalam ngevlog itu ya mulai dari sekarang. :)))

No excuse lah untuk urusan vlogging ini. Gak harus nunggu punya kamera keren. Jaman sekarang mah dengan smartphone juga udah bisa rekam-rekam dan edit video. Haykal sendiri dulu pertama kali mulai ngevlog pake kamera handphone pacarnya (sekarang istri). Jadi ya gak boleh ada alasan apa-apa lagi. Just do it!

Ah, banyak sekali ilmu, cerita dan rahasia dapur yang dishare Pungky dan Haykal di event #kopdarbloggerJNE kemarin. Yang pastinya siap untuk segera diaplikasikan. Blogger Kepri juga ramai sekali yang datang. Dan pastinya, selalu heboh! :))

Untuk Pungky dan Haykal, terima kasih ya sudah berbagi ilmu dan cerita. Akhirnya saya bisa ketemuan juga nih sama Pungky. Selama ini hanya sering baca blognya dan lihat postingan instagramnya aja. Hehehe.

Terima kasih juga untuk JNE karena sudah mengadakan event ini. Semoga lebih rutin lagi bikin event-event untuk blogger. Dan selalu menjadi ekspedisi pengiriman yang memberikan layanan terbaik bagi customernya. 🙂

DSC05177

 

Advertisements

12 thoughts on “Ngulik Ilmu Blogging dan Vlogging di #kopdarbloggerJNE

  1. alrisblog

    Memang sangat sulit untuk konsistensi dan fokus. Saya udah berbulan tidak update, 😦

    Sesekali perlu mengikuti event seperti ini, supaya semangat tetap terjaga.

    Like

    Reply
  2. gheasafferina

    Wah seru banget ya JNE ngadain acara semacam ini. Sekarang emang udah banyak banget orang yang bergerak ke arah dunia blog dan vlog. Terimakasih sharingnya kak, jadi serasa ikut dapat ilmunya meski ga ikutan hehe

    Like

    Reply
  3. Arfin

    Yang terpenting konsistensi dalam membuat konten 🙂

    dan yang pasti juga kita passion ,,dengan passion pasti dapeti ide ide yang tak terkira ..

    Like

    Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s