Resep : Sup Ikan dan Calamari ala Chef LM

Sedikit berbagi mengenai masakan saya hari Sabtu lalu ya. Walaupun wujudnya jauh dari kata menarik, tapi percayalah, rasanya nampol pisan. Paling gak bikin si Abang yang siang itu berkunjung ke rumah untuk icip-icip, dan si kicik sepupu saya nambah makannya. Hahahaha.

Here they are..

image_zpse4030507

Sup Ikan

Resepnya saya contek dari sini, dengan sedikit modifikasi ala saya sendiri. πŸ˜›

Bahan :

  • 3 ekor ikan bawal putih, dipotong tiga bagian
  • Serai, jahe, lengkuas (ukurannya saya ngasal aja), dimemarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 5 buah cabai, dipotong-potong
  • 5 siung bawang merah, diiris tipis
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • Daun bawang, diiris tipis
  • Jeruk nipis
  • 2 buah wortel, dipotong sesuai selera
  • 1 buah tomat merah, dipotong-potong
  • Air, garam, merica bubuk, dan bumbu penyedap sesuai selera

Cara membuatnya :

  • Ikan bawal putih yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi tiga bagian, lalu diberi perasan air jeruk nipis dan garam. Didiamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Didihkan air, masukkan serai, jahe, lengkuas dan daun jeruk.
  • Setelah air mendidih, masukkan wortel, bawang putih, bawang merah, daun bawang. Diamkan sampai wortel melunak, lalu masukkan ikan dan tomat. Tambahkan garam, merica bubuk dan bumbu penyedap sesuai selera.
  • Tunggu sampai ikan matang dan sup ikan siap disajikan.

Verdict : ikannya rada hancur, sepertinya karena kelamaan masaknya dan saya salah step ketika mau menambahkan garam, merica bubuk dan bumbu penyedap trus pas diaduk-aduk ya ikannya jadi hancur -___- lalu airnya agak kebanyakan yah, padahal isi di dalamnya (wortel dan ikannya) cuma seicrit. πŸ˜†

Soal rasa, hmm menurut saya sih enak yaaa. Menurut Abang, juga enak hihihi, deyse sampai nambah loh makannya. Marilah kita tunggu Ybs komen di sini yah terkait rasa sop ikan saya ini sebagai bukti nyata kalo rasanya endeuss bangets. πŸ˜‰

Next time mau coba lagi ah dan harus berhasil bikin sop ikan yang tampilannya ciamik! πŸ˜€

Calamari

Ini sih resep yang paling gampang yah *sombong* πŸ˜› Kalo mau mudahnya sih beli aja tepung bumbu siap saji yang dijual di pasaran, hehehehe.

Bahan :

  • Cumi yang sudah dibersihkan, dipotong-potong
  • Tepung terigu
  • 1 butir telur
  • Garam, merica dan bumbu penyedap sesuai selera
  • Minyak goreng

Cara membuatnya :

  • Campur tepung terigu, merica dan bumbu penyedap. Aduk sampai rata.
  • Kocok telur, tambahkan sedikit garam.
  • Celupkan cumi ke dalam telur lalu balurkan dengan tepung terigu.
  • Goreng sampai warnanya kuning kecoklatan

Verdict : goreng calamarinya kurang kering, jadi kurang krenyes-krenyes gitu. Tapi teteuppp, soal rasa sih masih top markotop lah yaaa. Tinggal belajar mempercantik penampilan masakan nih hihihi. :mrgreen:

Advertisements

9 thoughts on “Resep : Sup Ikan dan Calamari ala Chef LM

    1. liamarta Post author

      Hihihi, ini pengalaman pertamaku ngesup ikan mbak, sebelumnya paling cuma ngesup daging/ayam ajaa. Tapi ya syukurlah rasanya “aman” cuma bentukannya aja yang aneh hehehehe πŸ˜†

      Like

      Reply

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s