Review : Life Traveler, a travelogue by Windy Ariestanty

IMG_5819

Kadang, kita menemukan rumah justru di tempat yang jauh dari rumah itu sendiri. Menemukan teman, sahabat, saudara. Mungkin juga cinta. Mereka-mereka yang memberikan rumah itu untuk kita, apapun bentuknya. Tapi yang paling menyenangkan dalam sebuah perjalanan adalah menemukan diri kita sendiri : sebuah rumah yang sesungguhnya. Yang membuat kita tak akan merasa asing meski berada di tempat asing sekalipun.. because travelers never think that they are foreigners. -Windy Ariestanty, Life Traveler

***

Novel ini adalah satu dari sekian banyak novel tentang travelling yang memberikan informasi mengenai tempat-tempat yang wajib dikunjungi bila kita berlibur ke suatu kota/negara. Di buku ini, Windy menuturkan tentang pengalamannya ketika mendatangi beberapa tempat, mulai dari Ha Noi, Paris, Belanda, dan juga Ciwidey, Jawa Barat. Yang disampaikan Windy di novel ini, tidak melulu tentang tips-tips berlibur dan tempat-tempat yang bisa dikunjungi. Windy juga menceritakan tentang apa yang ia amati selama melakukan perjalanan. Ia berbagi hal-hal baru yang ia dengar, ia lihat, dan ia amati selama mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Sebelum saya membeli buku ini, saya terlebih dahulu membaca kicauan Windy di akun twitternya (@windyariestanty). Ia banyak menuturkan hal-hal sederhana namun bermakna yang ia temui ketika sedang melakukan suatu perjalanan. Kicauan tersebut dirangkum dalam hashtag #lifetraveler. Kemudian, saya membaca novel bertema perjalanan yang ditulis Windy bersama penulis-penulis lainnya (Adhitya Mulya, Raditya Dika, Trinity, dkk), “The Journeys”. Di buku tersebut ada sepenggal kalimat pembuka Windy yang selalu saya ingat : hal menarik dari melakukan perjalanan adalah menemukan.

Ya, saya setuju dengan pernyataan tersebut. Ada banyak hal yang bisa kita temukan ketika melakukan perjalanan. Banyak cerita, banyak pengalaman. Di buku ini, Windy menuturkan semuanya dengan sangat baik. Tips-tips sederhana untuk para backpacker juga dituturkan dengan sangat jelas dan ringkas di sini. Mulai dari cara berkemas yang baik, tempat yang wajib dikunjungi di Vietnam dan Paris, bagaimana cara ‘melebur’ dengan warga setempat di Vietnam, dan bahkan cara tax refund di Paris!

Menurut saya, buku ini (selain buku tentang travelling lainnya), bisa menjadi salah satu referensi Anda ketika akan melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri. Selamat menikmati! 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Review : Life Traveler, a travelogue by Windy Ariestanty

  1. Pingback: Having Fun With The Liebster Award | My Life, My Story

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s