Menikmati Pertunjukan Papermoon Puppet Theatre di Jakarta

Halo, jadi seperti yang saya ceritakan di sini, bahwa setiap hari Senin saya akan share tentang Cerita Akhir Pekan atau apa-apa aja yang saya lakukan bersama suami di akhir pekan yang lalu. Tapi belum apa-apa, minggu lalu udah absen nulisnya gara-gara saya sakit dan gak bisa buka laptop sama sekali. Jadilah kita lanjutkan di minggu ini ya.

Ngapain aja saya dan suami di akhir pekan kemarin? Sebenarnya gak ada yang seru sih. Tapi saya mau cerita soal Papermoon Puppet Theatre aja deh. Kebetulan hari Sabtu lalu jalan-jalan ke Edwin’s Gallery di Kemang. Di sana sedang ada pertunjukan Papermoon Puppet Theatre sejak tanggal 5 Oktober lalu.

Yang udah nonton Ada Apa dengan Cinta 2 pasti tau dong tentang Papermoon Puppet Theatre ini? Yes, di film AADC2 ada salah satu scene di mana Rangga dan Cinta sedang menikmati pertunjukan Papermoon Puppet. Di scene tersebut, pertunjukan yang dimainkan oleh Papermoon Puppet judulnya Secangkir Kopi dari Playa. Pertunjukan ini jugalah yang dibawakan oleh Papermoon Puppet dalam shownya di Jakarta, atau tepatnya di Edwin’s Gallery Kemang.

Apakah saya nonton pertunjukannya? Inginnya sih gitu, tapi sayangnya saya kurang beruntung karena kehabisan tiket.

Baru ngecek infonyaΒ seminggu sebelum pertunjukan dimulai dan ternyata tiketnya udah sold out semua. Padahal pihak penyelenggara sampai menambahkan jadwal pertunjukan lho. Tapi tetap saja sold out. Memang banyak banget yang penasaran dengan Papermoon Puppet Theatre ini. Terlebih sejak mereka hadir ambil bagian di AADC2.

Jadinya, hari Sabtu lalu saya dan suami iseng aja jalan-jalan ke Edwin’s Gallery Kemang karena kabarnya di sana juga ada exhibitionnya gitu. FYI, semua show dan exhibition ini adalah program fundraising dari Papermoon Puppet Theatre untuk event Pesta Boneka di Jogjakarta tanggal 2-4 Desember 2016 mendatang.

Exhibitionnya gratis dan dibuka untuk umum sampai tanggal 16 Oktober 2016 mendatang. Ada banyak pernak pernik tentang Papermoon Puppet yang dijual di sana. Mulai dari t-shirt sampai lukisan. Saya sebenarnya naksir sama lukisan ini sih. Tapi gak beli karena bingung juga di rumah mau ditaruh di mana. πŸ˜€

Secangkir Kopi dari Playa. @papermoonpuppet

A post shared by Lianda Marta | liandamarta.com (@liamarta) on

Anyway, seminggu sebelumnya, yaitu di tanggal 30 September 2016 lalu, saya dan suami juga datang ke @america Pacific Place karena di sana sedang ada sesi sharing dari Papermoon Puppet Theatre. Mba Ria dan suaminya, mas Iwan Effendi, berbagi cerita saat menjalani residensi selama 2 bulan di USA. Di sana, mereka bersama mahasiswa dari University of New Hampshire melahirkan sebuah karya yang diberi namaΒ Semata Kaki.

Sejak melihat sekilas pertunjukan Papermoon Puppet Theatre di film AADC2 udah membuat saya penasaran dengan kesenian ini. Berharap banget ingin nonton langsung pertunjukannya. Tapi belum kesampaian sekarang karena kehabisan tiket saat ingin menonton pertunjukan Secangkir Kopi dari Playa di Edwin’s Gallery Kemang.

Saat hadir di @america itu, kami beruntung karena berkesempatan untuk melihat secara langsungΒ pertunjukan Semata Kaki yang diproduksi di USA tersebut. Meski hanya sebentar tapi udah berhasil bikin saya menahan nafas saking kerennya.

dsc01486

Fix-lah, saya ngefans banget sama Papermoon Puppet Theatre!

Pertunjukan ini menggabungkan dua seni, seni teater dan seni boneka. Tanpa dialog, tanpa narasi cerita, tapi berhasil menyampaikan pesan dari cerita tersebut dengan sangat baik. Belum lagi permainan sound yang keren banget dan bikin semakin hanyut dalam cerita yang ditampilkan di atasΒ stage. Sungguh Papermoon Puppet Theatre ini keren sekali!Β πŸ™‚

Anyway, dua orang jenius yang ada dibalik Papermoon Puppet ini adalah mba Ria dan mas Iwan itu. Dua orang suami istri yang punya kecintaan terhadap dunia seni. Mba Ria, lulusan sospol mencintai dunia teater, sedangkan suaminya mas Iwan lulusan seni rupa adalah orang dibalik semua desain boneka Papermoon Puppet. Kolaborasi yang apik! πŸ™‚

dsc01475

dsc01506

Oh ya, Papermoon Puppet Theatre ini gak punya pertunjukan reguler di Jogjakarta. Jadi kalo mau lihat pertunjukan mereka mungkin bisa cek-cek infonya dulu di Instagram @papermoonpuppet ya. Yang saya tau sih, mereka sedang mempersiapkan Pesta Boneka di bulan Desember mendatang. Saya dan suami sudah berencana akan ke sana. Yuklah, siapa tau kita bisa bertemu. πŸ™‚

Ada yang sudah pernah menonton langsung Papermoon Puppet Theatre? Silahkan dishare ceritanya di sini. πŸ™‚

Advertisements

23 thoughts on “Menikmati Pertunjukan Papermoon Puppet Theatre di Jakarta

  1. Ira

    aku termasuk yang penasaran sama pertunjukan mereka Lia. Bahkan jauh sebelum AADC2. Sayang waktu mampir ke Bandung, aku telat tahu ada pertunjukan mereka 😦
    semoga berkesempatan buat nonton langsung pertunjukan mereka

    Like

    Reply
  2. z. imama

    Lho mbak ini acaranya Papermoon Puppetnya udah bubar ya? Waduh aduh telat banget tahu infonya hahaha… padahal kepengin nonton. Suka kalau ada variasi hiburan yang bukan sekedar keliling mal gini. Semoga kapan-kapan bisa nonton deh X’))))

    Like

    Reply
  3. Ria

    Aku penasaran banget pengen liat perform nya mereka Li, jauh sebelum booming AADC 2 udah kesengsem ….

    Pesta Boneka ya Des nanti, pengen dateng deh #agendakan

    Like

    Reply
  4. iyoskusuma

    Papermoon! Pernah nonton pertunjukan mereka di Bentara Budaya Jakarta! Konsep pertunjukan boneka (atau wayang boneka ya?) yang unik banget buat saya, Mba. Iya, tanpa dialog. Nonton ini bikin hanyut terbawa alur cerita. Agak-agak spooky, entah di mana. Tapi, unik dan mengesankan banget!

    Like

    Reply
  5. Pingback: Pacaran Keliling Jogjakarta | liandamarta.com

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s