Wisata Belanja di Chatuchak Bangkok

Salah satu yang paling saya rindukan dari Bangkok selain wisata kulinernya adalah belanja berbagai barang lucu dengan harga murah meriah! 😀

Di Bangkok, ada banyak sekali spot wisata belanja yang bisa dikunjungi. Ada yang buka dari pagi sampai sore, atau yang buka dari malam sampai dini hari seperti Ratchada Night Market.

Salah satu pasar wisata terkenal di Bangkok adalah Chatuchak. Dan pasar ini tentu saja masuk dalam tujuan utama saya saat jalan-jalan ke Bangkok bulan April tahun lalu.

Iya, jalan-jalannya udah setahun lalu. Tapi tulisannya baru ditulis sekarang. :)))

Oke, satu hal yang saya sadari ketika pertama kali datang ke Chatuchak adalah… chatuchak ini luas sekali, gengs! Luas level yang seharian ngider juga kayaknya gak akan cukup waktunya.

Apalagi barang-barang yang dijual semuanya lucu dan unik. Jadi gak mungkin banget ke Chatuchak gak akan mampir ke toko-tokonya. Dan kalo udah berhenti di satu toko pasti deh akan lama.

Sebelumnya saya mau cerita dulu deh. Jadi ketika itu, agenda saya dan teman-teman pergi ke Chatuchak ini cuma pagi sampai siang. Setelah itu kami mau melanjutkan perjalanan ke Wat Arun dan menikmati malam terakhir di Bangkok di Asiatique.

Tapi ternyata gak puas ngiderin Chatuchak cuma beberapa jam aja. Akhirnya keesokan paginya, sebelum pulang ke Singapore, kami kembali ke Chatuchak untuk membeli beberapa barang yang sehari sebelumnya udah dilirik tapi gak sempat dieksekusi.

Oh ya, saya dan teman-teman sampai di Chatuchak dengan mengandalkan Uber. Kalo ditanya apa public transportation menuju ke sana, jujur saya kurang tau sih.

Tapi kalo lihat di Google Maps, MRT station terdekat adalah Chatuchak Park dan Kamphaeng Phet. Sedangkan untuk stasiun BTS (skytrain) terdekat adalah Mo Chit. Saya gak bisa share detail infonya soal ini, karena memang selama di Bangkok saya lebih banyak menggunakan Uber/Grab daripada MRT atau BTS ini.

Lalu, saya belanja apa aja di Chatuchak?

To be honest, saya bukan tipikal perempuan yang hobi belanja baju atau sepatu. Kalo gak benar-benar nemu yang lucu dan sesuai selera, biasanya saya cuma lihat-lihat aja trus ya udah deh skip gak beli sama sekali.

Tapi saya gak akan bisa nahan diri kalo lihat printilan-printilan yang lucu. Dan di Chatuchak ada banyak banget aneka printilan yang lucu dan super gemes! Kalo gak inget-inget duit yang makin menipis, mungkin saya akan kalap borong semuanya. 😆

Chatuchak ini kurang lebih mirip Pasar Seni di Kuala Lumpur, bedanya di Chatuchak ada banyak sekali industri kreatif yang buka lapak. Karena itu produk yang dijual di satu toko bisa beda banget dengan toko lainnya. Kalo pun bentuknya sama, style dan keunikannya pasti berbeda.

Yang senang belanja produk fashion juga pasti akan kalap sih. Karena aneka produk fashion tersedia di sini. Dan sama, semuanya lucu-lucu banget! 😀

Asli sih, kalo mau ke Chatuchak atau tepatnya ke Bangkok, harus siapin duit lebih. Godaan belanjanya luar biasa besar sekali, gengs! Apalagi kurs mata uang Bangkok kan gak terlalu tinggi ya. Tahun lalu saya tukar 1 baht gak sampai 400 rupiah. Jadi memang belanja ini itu di Bangkok tuh terasa sekali murahnya.

Kalo lagi asik belanja trus merasa lapar dan haus, jangan khawatir karena di Chatuchak juga ada cafe dan restaurant dengan menu-menu khas Thailand. Beberapa di antaranya, adalah nasi bebek dan Khao Soi Noodles yang saya cicipi saat berkunjung ke sana.

Jadi udah deh gak perlu khawatir kehabisan energi kalo lagi ngider di Chatuchak. Kalo ‘batere mulai lowbat’ tinggal diisi ulang dengan aneka jajanan yang ada di sana.

Untuk menutup tulisan ini, saya mau share beberapa tips belanja di Chatuchak berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga bermanfaat ya!

1. Pastikan bawa uang yang banyak kalo memang niat mau belanja. Ini jadi tips pertama karenaaaa saya nyesel gak bawa uang banyak pas ke sana hahaha. Beneran deh, saya jadi mikir kalo jalan-jalan ke Bangkok itu memang harus bawa banyak uang. Karena godaan belanja dan jajan ini itunya besar sekaliii.
  2. Siapkan uang cash. Tidak semua toko di Chatuchak menyediakan EDC, dan agak sulit mencari ATM di sini karena areanya luas sekali. Jadi lebih baik prepare uang cash yang banyak supaya lebih enak belanjanya dan gak mikirin cari-cari ATM lagi.
  3. Waspada dengan barang bawaan. Serapi apapun Chatuchak, tetap aja yang namanya masuk pasar itu kita harus ekstra hati-hati dan waspada dengan barang-barang berharga yang dibawa.
  4. Bandingkan harga di satu toko dengan toko lain. Sebelum mengeksekusi barang di satu toko, sebaiknya cek dulu ke toko lain. Karena bisa aja di toko lain harganya jauh lebih murah. Sebagai contoh, passport case di satu toko harganya 100 baht, tapi di toko lain bisa 90 baht. Jadi memang harus survey dulu sih, at least ke beberapa toko yang ada di sekitarnya.
  5. Keluarkan jurus tawar menawar. Ini belum saya coba sendiri sih, karena saya gak bisa nawar hahaha. Tapi kalo pengalaman beberapa teman, jurus ini bisa banget digunakan kalo lagi belanja di Chatuchak.

Okay, itu aja sih ‘oleh-oleh’ saya dari Chatuchak. Kalo ada rezeki, pengen banget bisa jalan-jalan ke Bangkok dan mampir ke Chatuchak lagi.

Kalian ada yang udah pernah ke Chatuchak? Share dong pengalamannya di kolom komentar. Atau kali aja ada yang punya tambahan tips untuk belanja di Chatuchak, silakan dishare yaa. 🙂

24 thoughts on “Wisata Belanja di Chatuchak Bangkok

1. Ira

chatucak tuh emang suka bikin kalap. tai terakhir aku ke sana di Bulan Maret barang-barangnnya mulai mahal. untuk fashion lebih milih muter-muter di Pratunam deh, begitupun beli cemilan dan thai tea udah paling bahagia di Big C.
    tapi kalo mau nyari piring atau gelas keramik-kayu gitu chatucak emang murah

1. liandamarta.com Post author

Aku belum pernah ke Pratunam nih teh Ira. Kemarin cuma compare dengan Asiatique, hahaha Asiatique mahal-mahal banget yaaa.. next time kalo ada rezeki ke Bangkok aku mau coba ke Pratunam deh.

1. Ira

Asiatique lumayan bersaing sih ama chatucak kalo mau nyari gantungan kunci, tas kayak gitu Lia. Tapi kalau mau nyari baju-baju pratunam juara deh. buat makanan mending belil di Big C praatunam karena sering banyak promo

2. didut

Aku kurang suka belanja, selama seminggu di Bangkok kebanyakan cari makan hahahaha
    Di hari terakhir baru belanja buat oleh-oleh itupun cepat-cepat aja.

3. fika

Aku sejak ada grab dan uber jadi manja banget pake transportasi ini sewaktu di Bangkok hehehe karena terkadang jika dihitung pas travelingnya rame-rame harganya akan sama 😀 Chatuchak juga selalu jadi wishlist wajib di Bangkok

4. Maya

Penasaran banget sama Chatuchak ini, kalo ke bangkok pasti bakal disempati kesana. Tapi kapan ke Bangkoknya itu lah yg jd masalah. Ujung2nya ke singapore mulu karena dapet tiket murahnya selalu kesana hahahah

1. liandamarta.com Post author

Hai, Mbak. Maaf baru balas. Mohon maaf saya kurang tau pasti perbedaan harganya gimana, karena di Ratchada saya hanya kulineran aja. Gak belanja-belanja. Dan untuk Chatuchak buka atau tidak di weekday saya juga kurang tau karena kebetulan pengalaman ke sana pas weekend, Mbak. 😊