Tour de Hotel : Bandung

Udah pada tau kan yah waktu saya dan Abang pergi hanimun bulan November lalu, kita berdua nginepnya nomaden dari satu hotel ke hotel lainnya? Ceritanya ‘tour de hotel’ gitu deh. 😛

Nah, ini summary hotel-hotel kami selama menginap seminggu di Bandung. Silahkan dicek dan ricek, siapa tau ada yang butuh info hotel atau penginapan di Bandung. 🙂

1. IBIS STYLE BRAGA

Hari pertama sampai di Bandung, ada mertua dan adik ipar saya juga ikutan nginap. Karena ramean kita cari kamar yang agak gedean. Abis jalan-jalan makan siang di Dusun Bambu, saya coba browsing cari hotel yang nyaman. Dari hasil browsing itu, saya dapat info kalo ada hotel baru groupnya Ibis di Braga.

Namanya Ibis Styles.

Ibis Style ini desainnya colorful banget. Bikin segar mata hehe. Asiknya lagi, di Ibis Style ini ternyata ada family room-nya. Muat untuk 4 orang. Sebenarnya sih 4 orang yang dimaksud itu 2 dewasa, 2 anak-anak. Tapi, daripada ambil 2 kamar yang standar, kita putuskan ambil family room itu aja biar tidurnya gabung di 1 kamar.

DSC09446 DSC09447

Kamar di tipe family room ini gede banget. Terdiri dari 2 ruangan gitu. Ruangan pertama isinya tempat tidur ukuran king, kamar mandi, lemari, ada tv. Trus ruangan satunya lagi isinya 2 tempat tidur single dengan printilan lucu yang cocok untuk anak-anak. Kalo mau nambah extra bed pun masih bisa, muat 3-4 extra bed. Asik ya, kalo pergi liburan bareng keluarga besar, bisa numpuk di satu kamar aja. 😀

Overall, hotel ini kece banget sih. Furniturenya colorful. Bahkan kemasan teh, kopi, gula, creamer-nya aja warna warni. Lokasinya juga di tengah kota, deket kalo mau kemana-mana. Breakfast menunya juga lumayan banyak pilihan dan enak-enak. Mertua aja sampai kepikiran mau ke sana lagi dan bawa cucu-cucunya hihihi. 😉

Note : rate Family Room weekday (17 Nov 14)  Rp 700.000

2. COTTONWOOD BED & BREAKFAST HOUSE

Hari kedua di Bandung, saya dan Abang pindah ke Cottonwood Bed & Breakfast. Saya udah booking kamar di sana sejak seminggu sebelum berangkat. Kalo mau nginap di Cottonwood, better booking jauh-jauh hari. Soalnya guest house ini lagi hits banget. Kalo gak dibook dulu, yang ada malah gak dapat kamar karena full booked. 😀

Review Cottonwood Bed & Breakfast House ini bisa dilihat di sini.

Note : rate Walnut Tree weekday (18 Nov 14) : Rp 395.000

3. DAGO HIGHLAND

Awalnya kan saya pengennya nginap di Padma Hotel, tapi karena ratenya yang rada mahal itu, saya gak jadi booking. Trus cek-cek di salah satu website travel agent, eh ketemu sama Dago Highland ini. Langsung tertarik nginap di sana karena kayaknya view hotelnya keren. Ada infinity pool-nya juga. Dan harga gak terlalu mahal.

Setelah dipikir-pikir, lumayanlah ya, gak kesampaian nginap di Padma, ya udah nginap di Dago Highland aja. 😀

Dari Cottonwood, kami naik taksi menuju Dago Highland. Sepanjang jalan terkaget-kaget aja dong karena jalanannya maha dahsyat. Tanjakannya curam banget. Saya sama Abang yang berencana rental motor agak ciut juga nyalinya pas ngelihat tanjakan itu. Tapi dasar bermental nekat, ya tetap aja naik motor ngelewatin tanjakan itu. Saat mau pindah ke Padma keesokan harinya, lumayan effort juga turun di turunan itu, naik motor Scoopy sewaan dengan bawa koper, ransel, dan tentengan. 😆

Overall, hotelnya lumayan. Tapi berhubung kami datang saat weekday atau tepatnya hari Rabu, yang nginap di sana cuma 2 pasangan doang (termasuk saya dan Abang). Karena sepi, jadinya terkesan spooky. Apalagi saya dan Abang dapat kamar di pojokan yang lumayan jauh dari lobby. Jadilah saya malam-malam mewek karena ketakutan teu puguh. Padahal gak ada kejadian yang aneh juga sih saat kami nginap di sana. 😆

View depan kamar kurang kece sih, soalnya posisi kamar agak rendah. Kurang kelihatan view kota Bandungnya. Yang kelihatan malah atap-atap rumah penduduk sekitar. 😀

DSC09604 DSC09606

Oh ya, infinity pool yang diincar-incar sejak awal, gak jadi kami cicipin karena airnya kotor, banyak sampah. Mungkin karena lagi sepi ya, jadinya gak dibersihkan sama petugasnya. Koridor dekat kamar juga rada kotor penuh daun-daun kering.

Menurut saya, hotel ini agak kurang maintenance sih. Furniture di kamar dan kamar mandi juga masih jadul banget. Trus gak kinclong. Mungkin karena lokasinya yang rada jauh kali ya, jadi gak banyak wisatawan yang nginap di sana.

Note : rate Superior Room weekday (19 Nov 14) : Rp 449.000

4. PADMA HOTEL BANDUNG

Nah, ini nih highlight dari rangkaian tour de hotel saya dan Abang. Padma Hotel Bandung. Setelah tidur gak tenang karena ketakutan di Dago Highland, akhirnya saya dan Abang bisa ngerasain nginap di hotel ternama di Bandung dan merasakan service serta fasilitasnya yang maksimalllll. 🙂

Meskipun nginap di hotel ini a lil bit pricey, tapi ada pengalaman tersendiri yang kami rasakan dan pastinya tidak akan terlupakan. So, worth to try lah ya. 🙂

Review mengenai Padma Hotel Bandung bisa dibaca di sini.

Note : rate Premier Room weekday (20 Nov 14) after disc Credit Card 50% : Rp 1.750.000

5. IMAH SENIMAN

Awalnya saya dan Abang dibookingkan teman saya 1 kamar di Imah Seniman untuk hari Kamis. Alias malam Jum’at. Tapi karena rencana nginap di Padma muncul di tengah-tengah perjalanan kami, jadilah saya reschedule jadwal menginap di Imah Seniman jadi hari Jum’at. Dan saya bersyukur melakukan reschedule itu. 😆

Soalnya Imah Seniman ini juga tipikal hotel atau penginapan yang ramai dikunjungi saat akhir pekan. Nginap malam Sabtu aja gak begitu rame pengunjungnya. Apalagi kalo malam Jum’at. Pasti lebih sepi dan tentunya lebih spooky. 😆

Review Imah Seniman bisa dibaca di sini.

Note : rate Junior Room weekend (21 Nov 14) : Rp 750.000

6. CLEO GUEST HOUSE

Di hari terakhir, adik saya yang kuliah di Depok datang ke Bandung nyusulin saya. Kami memang berencana mengunjungi Pasar Seni ITB. Nah, karena adik saya ini datang dan ikut nginap bareng saya, saya harus cari penginapan yang kamarnya rada gede biar bisa nambah extra bed.

Saat browsing, saya nemu salah satu guest house di daerah Sukajadi. Tepatnya di Jln. Cemara. Namanya Cleo Guest House.

Ratenya sangat affordable. Lokasi strategis. Trus ada family room yang isinya 3 tempat tidur. Pas banget kan buat kami bertiga. Kamarnya juga luas banget. Tapi sayangnya kamar mandinya kicik. 😀

Nginap di Cleo Guest House, tiap pagi dapat sarapan gratis yang diantarkan ke kamar. Ada nasi goreng atau mie goreng. Bisa dipesan sesuai selera. Plus teh manis hangat. Lumayan banget buat yang mau liburan hemat di Bandung nih. 🙂

Note : rate Family Room weekend (22 Nov 14) : Rp 450.000

***

Dari 6 hotel itu, kalo saya boleh kasih ranking berdasarkan tingkat kenyamanan, ini urutannya :

1. Padma Hotel Bandung
  2. Cottonwood Bed & Breakfast House
  3. Ibis Styles Braga
  4. Imah Seniman
  5. Cleo Guest House
  6. Dago Highland

Sedangkan untuk ranking berdasarkan harga yang paling murah (dilihat juga dari perbandingan weekday dan weekend), ini urutannya :

1. Cleo Guest House
  2. Cottonwood Bed & Breakfast House
  3. Dago Highland
  4. Ibis Styles Braga
  5. Imah Seniman
  6. Padma Hotel Bandung

Semoga informasi ini bermanfaat ya buat yang mau liburan ke Bandung. 🙂

55 thoughts on “Tour de Hotel : Bandung

1. nengwie

Hehe… itu beneran pindah tidur saja itu ke Jogja bukan jalan-jalan … ternyata batre badannya drop banget, jd lemes dan ngantuuuk terus itu..jalan sebentar muter naek beca, balik hotel, tiduur… Kasian momih yg diajak pergi waktu itu 😦

1. oppie83

mayan nih review nya abis kalo ke bandung pasti nginep nya di hotel yg itu itu lagiiii .. BOSEN…Padma emang bagus sih ya, tp cottonwood lucu bangeeet 🙂

2. bukanbocahbiasa

Aku kalo k Bandung duluuuu nginepnya d holiday ini/Santika/papandayan. Zaman itu, kayaknya belum da cottonwood dll yg kece Abis ini. Pengiiiin deh, suatu saat k Bdg dan menapaktilasi jejak neng Lia.

1. bukanbocahbiasa

Itu udah luamaaa banget mba. Tahun 2006-an gitu deh

Dan, zaman segitu sosmed belum ngehits hahaha, jadi aku ga simpen poto2nya sama sekali, hiks.
        Terakhir, ke Bdg thn 2013 nginep di rumah adek ipar, deket ponpesnya Aa’ Gym 🙂 Gratis siy *pecinta gratisan*

3. rahmiaziza

Aih senangnya keliling hotel, aku juga suka mak, ngajak duo bocah liburan trus nginap di hotel. Yang pertama kayaknya seru tuh yang ada family roomnya, pas buat saya sekeluarga hehe

4. Aninda

Seruuu.. Sayang banget ya Dago Highland itu padahal kayanya pemandangannya bagus tapi kok kurang maintenance gitu..
    Padma mahal banget tapinya yaaa.. Cuman pernah lewat doang. Hihihi..

5. yantist

Makasiiiih, Mak. Bisa jadi panduan kalau mau ke Bandung. Tapi kurang harganya, Mak. Sebagai pertimbangan utama milih hotel. Hehhee… maunya yg nyaman, keren tapi murah. Hihihi…

6. HM Zwan

paling suka yg padma saya,yg terakhir saya baca kemarin,yg makanannya banyak hehehe…kurang satu mbak,cantuman hargaaa,buat info gitu,karena reviewnya udah detail,kurang satu aja harga hehehe

7. nh18

Ini harus di catat …
    ada beberapa hotel yang saya belum pernah menginap disana …
    terima kasih atas reviewnya yaaa

dan terima kasih telah berkenan datang ke blog saya …

salam (kenal) saya
    (10/1 : 6)

8. Pingback: Bukan Honeymoon Biasa | My Life, My Story

9. dianonasis

padma emang asyik… ada kolam renang bersuhu hangat lagi. anak2 saya juga demen mandi di sana..:)

tulisan ini informatif banget.. saya jadi naksir nyobain yang ibis style braga sama cottonwood..

makasih sharingnya mbak..:)

1. liandamarta.com Post author

Iya mba, suasananya Padma bikin gak pengen keluar2 hotel. Hahaha.

Sama-sama mba. Seneng kalo postingannya dirasa bermanfaat. Cottonwood highly recommended tuh buat yang demen desain interior yang lucu2 😉