IMG_5914

Resep : Rainbow Cake

IMG_5914Iseng-iseng di hari terakhir liburan di rumah, saya mencoba resep Rainbow Cake yang saya dapat dari Femina, dengan sedikit modifikasi dari saya sendiri. Walaupun ada beberapa lapis yang gagal karena ‘bantet’, tapi untuk rasa (insya Allah) masih aman kok hehehe :p

Untuk semua yang penasaran, berikut akan saya berikan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan beserta proses pembuatan Rainbow Cake ala saya yang alakadarnya ini. Check it out!

Bahan Cake (untuk 1 lapis) :

  • 75 gr tepung terigu protein rendah
  • 65 gr gula pasir
  • 75 gr butter (lelehkan)
  • 4 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur (kocok hingga kaku)
  • 1 sachet vanilla bubuk
  • Pewarna makanan
  • Simple syrup (air dan gula sesuai dimasak hingga gula larut)

Bahan Filing dan Frosting :

  • 1 bungkus whipped cream bubuk (atau bisa juga menggunakan whipped cair)
  • Air dingin (sesuai takaran whipped cream)
  • Cream cheese (lupa takarannya, dikira-kirain aja)
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Yoghurt cair sesuai selera
  • Gula warna untuk hiasan

Cara Membuat :

  1. Kocok kuning telur + gula pasir + vanilla bubuk dengan menggunakan mixer hingga berubah warna menjadi putih dan gula larut. Kemudian masukkan pewarna makanan secukupnya. Aduk hingga rata. Tambahkan melted butter. Aduk kembali hingga semuanya tercampur rata.
  2. Dengan menggunakan spatula, masukkan putih telur yang telah dikocok hingga kaku. Kocok perlahan. Kemudian masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata secara perlahan.
  3. Siapkan oven dengan suhu 180-200°C, oles loyang dengan mentega dan tambahkan sedikit tepung (agar adonan tidak lengket). Masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 30-35 menit.
  4. Lakukan hal yang sama untuk warna lainnya. Atau cara lainnya, bikin adonan sebanyak 4x lipat dari takaran bahan, bagi menjadi 4 lapis (sesuai selera, biasanya Rainbow Cake dibuat dalam 5 atau 6 lapis), dan berikan warna pada adonan yang sudah dibagi-bagi tersebut.
  5. Cara membuat filing dan frosting, campur semua bahan dan kocok dengan menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Jika cake sudah dingin, susun cake bertingkat, sebelum diberi filing, percikkan simple syrup dengan menggunakan kuas, agar cake tetap lembab. Oleskan filing di setiap lapisan. Pada bagian atas (cover), oles sisa filing hingga menutupi keseluruhan bagian cake. Taburkan gula warna atau beri hiasan sesuai selera.
  7. Dinginkan di kulkas sekitar 1-2 jam. Setelah itu, Rainbow Cake siap untuk disantap ;)

rainbowcake

Demikian hasil iseng-iseng saya membuat Rainbow Cake. Selamat mencoba! :)
About these ads

14 thoughts on “Resep : Rainbow Cake

  1. Kocok kuning telur + gula pasir + vanilla bubuk dengan menggunakan mixer hingga berubah warna menjadi putih dan gula larut. Kemudian masukkan pewarna makanan secukupnya. Aduk hingga rata. Tambahkan melted butter. Aduk kembali hingga semuanya tercampur rata.

    langsung masukkin wrna nya ya mbk ?
    terus utk wrna yg lain , kocok adonan baru lg ya ?

    Like

    • iya, itu langsung dimasukin warna setelah campuran kuning telur, gula pasir, dan vanilla bubuk merata. untuk warna lainnya, kalo mau cara yang lebih cepat bikin adonan nya sekalian banyak aja. trus nanti dibagi ke empat/lima (sesuai selera mau berapa lapis) wadah, baru deh dimasukin warnanya ke masing-masing wadah tersebut.. ;)

      Like

    • kamu lokasinya dimana? :)
      kalo di Pekanbaru, bisa order ke L’Cheese Factory di Jln. Durian no. 28, Pekanbaru
      bisa add pin bb nya di 29582788 atau follow twitternya @LCheeseFactory :)

      Like

  2. Thanks for resepnya mba Lia, saya mo nanya nih…bisa ngga ya setiap bolunya kita kasih premix/esen sesuai warnanya,mis; warna merah dg premix strawberry, warna kuning dg premix avocado, warna hijau dg esen pandan, warna biru dg premix avocado.

    Like

  3. Mba,klo aku buat sekaligus untuk adonan nya klo aku panggangnya satu2,apakah adonan yg blm aku panggang itu bisa bantat krn terlalu lama didiamkan makasih

    Like

Say Something in Here..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s